Checklist Pompa Hydrant

Memiliki instalasi fire hydrant memang memberikan banyak manfaat, terutama untuk proteksi kebakaran di area dan aset milik Anda. Namun, untuk memastikan fire hydrant dapat bekerja secara maksimal, Anda wajib melakukan pengecekan dan juga maintenance secara berkala.

Banyak komponen yang menyusun fire hydrant seperti hydrant pillar, nozzle, valve, fire hose atau selang, siamese connection, dan tentunya pompa hydrant atau fire pump. Setiap komponen tersebut harus lah diperiksa dan di-maintenance secara berkala supaya saat fire hydrant dapat bekerja dengan baik.

Salah satu komponen yang wajib dicek adalah pompa hydrant. Fire pump atau pompa hydrant memiliki peran vital dalam instalasi fire hydrant, yaitu mengalirkan air bertekanan ke seluruh instalasi fire hydrant. Lalu, bagaimana cara pengecekannya? Yuk pelajari cheklist pompa hydrant di bawah ini!

Checklist Pompa Hydrant Terlengkap

Dalam melakukan pengecekan pompa hydrant kita harus mengikuti cheklist yang ada. Hal ini supaya semua komponen dalam pompa hydrant tidak ada yang luput dari pengecekan.

Inspeksi pompa hydrant sebaiknya dilakukan seminggu sekali dengan mengaktifkan pompa hydrant atau fire pump sekitar 10 menit. Selain itu, lakukan pengecekan dengan mengikuti langkah di bawah ini:

Checklist Pompa Hydrant Terlengkap

  • Cek kopling pada sistem perpipaan
  • Periksa katup sirkulasi untuk mecegah overheating pada pompa hydrant
  • Lakukan pengecekan pada tamper dan aliran switch
  • Tes tekanan dan laju aliran dari pompa keluar.

Setelah, pengecekan di atas dilakukan dan tidak ada gangguan maka pompa dalam kondisi baik dan siap digunakan untuk mensupport aliran air dalam sistem fire hydrant. Namun, jika ada gangguan atau kerusakan sebaiknya segera lakukan servis atau penggantian komponen.

Aplikasi Pengecekan Pompa Hydrant

Semakin majunya jaman, kini sistem fire hydrant dapat dicek hanya melalui aplikasi yang ada di smartphone Anda. Kini ada aplikasi Welmo aplikasi pengecekan hydrant pertama di Indonesia.

Dengan aplikasi Welmo Anda dapat memonitor fire hydrant Anda via digital. Contohnya, jika ada pompa yang aktif maka akan muncul notifikasi pada smartphone milik Anda. Jadi, Anda tidak akan kesulitan mengecek pompa yang aktif tanpa sepengetahuan Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mengetahui level air pada groundtank hydrant milik Anda via smartphone. Welmo juga akan memberikan notifikasi jika level air pada groundtank ada di bawah level yang semestinya. Aplikasi Welmo juga dapat mendeteksi kebocoran pada sistem fire hydrant, jadi kerusakan dapat dideteksi secara dini!

Checklist Pompa Hydrant Pakai Aplikasi Android

Kini Anda dapat melakukan pengecekan fire hydrant secara realtime dimana pun dengan aplikasi Welmo. Ingin merasakan pengalaman baru melakukan pengecekan hydrant? Segera coba Welmo di sini!

Cek juga video cara kerja aplikasi Welmo di sini.

checklist pompa hydrant, checklist pompa hydrant, checklist pompa hydrant, checklist pompa hydrant