Dimensi Hydrant Box

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Dimensi Hydrant Box

 Dimensi Hydrant Box

Selain menyediakan berbagai alat-alat pemadam api portable pada titik-titik strategis di dalam bangunan gedung, melengkapi bangunan dengan sistem proteksi bencana kebakaran juga sangat perlu dilakukan, mengingat risiko terjadinya bencana kebakaran bisa terjadi dalam waktu apa pun, sehingga sistem proteksi bencana kebakaran tersebut diperlukan sebagai upaya antisipatif yang juga mampu berperan dalam perlawanan dan pemadaman kobaran api kebakaran yang tak lagi mampu diatasi oleh alat-alat pemadam api jenis portable.

Seiring dengan meningkatnya ragam kebutuhan masyarakat akan sistem perlindungan bencana kebakaran, maka perusahaan-perusahaan produsen semakin berinovasi pula dalam melakukan desain dan pengembangan teknologi sistem perlindungan yang semakin mutakhir. Telah banyak hadir beragam sistem perlindungan bencana kebakaran yang dapat dipilih dan ditentukan dengan mengikuti jenis klasifikasi kebakaran dan tingkat kebutuhan perlindungan pada masing-masing bangunan.

Pentingnya Fire Hydrant

Salah satu ragam sistem perlindungan kebakaran yang sangat sering melengkapi bangunan adalah sistem fire hydrant. Sistem yang berperan utama seabagai sistem pemadam api kebakaran ini didesain dengan memanfaatkan media pemadam api berupa air. Sehingga, tak heran apabila kebanyakan gedung bertingkat selalu melakukan instalasi sistem fire hydrant, karena dengan memanfaatkan media air sebagai agen pemadam api, sistem fire hydrant dinilai mampu dan fleksibel untuk dijadikan solusi menghadapi berbagai jenis klasifikasi kelas kebakaran.

Selain itu, dengan media pemadam berupa air, maka biaya yang dihabiskan untuk instalasi penampungan akan cenderung lebih rendah mengingat media air ini lebih mudah untuk ditemukan dan dipasok dengan tak menghabiskan biaya terlalu tinggi jika dibandingkan dengan biaya penyediaan media pemadam jenis lainnya seperti bahan kimia kering, ataupun gas.

Keunggulan lain dari sistem fire hydrant juga ditemukan pada fleksibilitas sistem yang tersedia dalam model konstruksi untuk halaman atau luar gedung (outdoor) maupun konstruksi untuk di dalam gedung (indoor). Sistem fire hydrant ini dikonstruksi dengan terdirikan atas beberapa komponen terpisah yang masing-masing memiliki peran dan fungsi yang membentuk satu-kesatuan yang saling berkaitan.

Manfaat Hydrant Box

Fire hydrant box adalah salah satu komponen fire hydrant system yang sangat penting. Pada dasarnya, fungsi utama dari fire hydrant box ini adalah sebagai komponen penyimpanan berbagai fire equipment yang dibutuhkan dalam upaya perlawanan api kebakaran, seperti selang pemadam, nozzle, dan lain sebagainya.

Namun, fire hydrant box yang dibangun harus disesuaikan dengan model konstruksi apakah untuk indoor ataupun outdoor. Kedua model fire hydrant box tersebut memiliki perbedaan spesifikasi ukuran dimensi yang berbeda-beda sehingga daya tampung atau kuantitas fire equipment yang mampu ditampung oleh fire hydrant box indoor pun berbeda dengan yang mampu ditampung oleh fire hydrant box outdoor.

Komponen fire hydrant box indoor pada umumnya diproduksi dalam desain model A1, A2, serta B1. Sedangkan komponen fire hydrant box outdoor diproduksi dalam desain model C, di mana masing-masing model atau tipe tersebut memiliki ukuran dimensi hydrant box yang berbeda-beda pula.

Untuk fire hydrant box dengan tipe A1, memiliki ukuran dimensi 660 x 520 x 150 milimeter. Sedangkan fire hydrant box dengan tipe A2 memiliki ukuran dimensi yang lebih besar, yaitu 1.000 x 800 x 180 milimeter. Untuk fire hydrant box indoor, ukuran dimensi terbesar dimiliki oleh tipe B1, yaitu dengan dimensi berukuran 1.250 x 750 x 180 milimeter. Sementara untuk fire hydrant box outdoor dengan tipe C, memiliki ukuran dimensi 950 x 660 x 200 milimeter.

Ukuran dimensi hydrant box di atas, khususnya untuk model indoor, hendaknya dipilih dengan disesuaikan oleh tingkat kebutuhan perlindungan kebakaran yang bangunan Anda perlukan. Hubungi tim penjualan PT Patigeni Mitra Sejati untuk mendapatkan penawaran menarik dengan harga terbaik untuk kebutuhan fire hydrant box Anda.

 

 

 

Iskandar adalah pemilik website patigeni.com Bisnis perencanaan, kontraktor dan perawatan sistem kebakaran di Indonesia

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa instalasi fire suppression system Jakarta

Jasa instalasi fire suppression system Jakarta Fire suppression system merupakan rangkaian proteksi…
Baca Selengkapnya

Perbedaan utama dari jenis-jenis Fire Sprinkler

Perbedaan utama dari jenis-jenis Fire Sprinkler Saat ini tersedia banyak sekali jenis…
Baca Selengkapnya

Bagaimana Cara Kerja Kitchen Suppression Systems?

Menurut data dari NFPA, 57% kebakaran restoran yang terjadi di US penyebab…
Baca Selengkapnya