Edukasi Fire Safety Pada Anak, kenapa penting?
Edukasi Fire Safety Pada Anak

Edukasi Fire Safety Pada Anak sejak dini merupakan hal yang perlu kita lakukan agar pengetahuan tentang kebakaran dapat diterima dengan baik. Hal kecil ini sangat bermanfaat dan memberikan dampak baik bagi keluarga maupun orang-orang di sekitar kita. Mengapa kita perlu memberikan edukasi mengenai kebakaran pada anak? Karena anak-anak masih dalam usia emas untuk mudah menerima pengetahuan baru. Kesempatan ini harus kita manfaatkan untuk memberikan pengetahuan yang baik dan bermanfaat bagi anak sebagai bekal ilmu mengenai kehidupan sehari-hari.

Edukasi Fire Safety Pada Anak untuk bekal ilmu sehari-hari

Pada artikel ini, kami akan membagikan beberapa tips bagaimana cara yang efektif dan menarik dalam memberikan edukasi fire safety kepada anak.

1. Berikan informasi bahwa dengan adanya smoke detector pada sebuah bangunan dapat menurunkan resiko kematian akibat kebakaran sekitar 50%. Oleh karena itu diperlukan adanya instalasi fire alarm yang masih berfungsi secara baik untuk keefektifan pencegahan resiko akibat kebakaran.
2. Ajari anak-anak untuk tidak bermain dengan api maupun korek. Biasakan untuk menjauhkan korek api atau benda-benda yang dapat menimbulkan api dari jangkauan anak-anak.
3. Buatlah latihan atau simulasi kebakaran di rumah dengan semua anggota keluarga. Contohnya dengan simulasi menyelamatkan diri dari kebakaran dengan mempersiapkan dua jalan keluar pada setiap ruangan. Hitung dengan stopwatch, berapa lama waktu yang dibutuhkan keluarga Anda untuk dapat keluar dari bangunan. Anak-anak pasti akan menyukai kegiatan ini.
4. Anak-anak harus tahu bagaimana merespon alarm yang menyala. Ajari mereka untuk dapat menyelamatkan diri dengan cara segera keluar dari bangunan. Anak yang telah diajari cara penyelamatan diri dari kebakaran sejak dini memiliki peluang yang lebih besar untuk selamat dari resiko kebakaran.
5. Berhati-hati saat berada di dapur. Kurangi kegiatan yang dapat mengalihkan kegiatan memasak dan jangan meninggalkan peralatan dapur yang masih menyala tanpa pengawasan.
6. Jangan lupa untuk mematikan lilin saat akan tidur.

Demikian beberapa tips yang dapat kita ajarkan kepada anak-anak kita sejak dini. Dengan meningkatkan kepedulian kita terhadap bahaya kebakaran, dan sabar serta telilti dalam penyampaian edukasi kebakaran kepada anak, semoga dapat menghindarkan kita dan orang-orang di sekitar kita dari bahaya kebakaran.