Apa saja standarisasi Fire Alarm untuk Bangunan yang harus dipenuhi?

fire alarm untuk bangunanApakah kalian pernah memberi perhatian khusus kepada Fire Alarm untuk Bangunan? Jika kalian seperti pengguna lainnya, maka jawabannya adalah tidak, kecuali jika telah terjadi sesuatu di bangunanmu yang mengharuskan melakukan peningkatan (upgrade) atau penggantian sistem. Kejadian yang terjadi secara tidak sengaja tersebut mengharuskan supplier untuk melakukan inspeksi terhadap keselamatan alarm. Oleh sebab itu, sebelum kejadian yang tak diinginkan terjadi, sebaiknya alarm api diinspeksi apakah perlu dilakukan peningkatan atau penggantian. Permasalahan yang menjadi pertanyaan umum bagi pengguna adalah code requirements, pilihan, hingga ke biaya.

Apa syarat fire alarm untuk bangunan yang harus dipenuhi?

Syarat-syarat yang dibutuhkan untuk membangun sistem alarm di bangunan adalah tergantung dari jenis bangunan yang dimiliki, jika memiliki sistem sprinkler otomatis secara keseluruhan maka ada tambahan alat pada sistem dan jika bangunan yang dimiliki memiliki ketinggian sekitar 22.86 meter dari tanah.

Sebelum memasang sistem alarm api, ada baiknya untuk mengetahui eksistensi kontraktor di bidang ini terlebih mengenai sertifikat kontraktor. Kontraktor yang memiliki sertifikat National Fire Protection Association (NFPA) dalam sistem alarm api memiliki nilai plus lalu mintalah fotokopi dari sertifikat tersebut. Tanyakan berapa lama kontraktor menangani masalah alarm api dan bagaimana para teknisi yang bekerja. Hal ini akan memberikan masukan kepada Anda terhadap kinerja selama menyelesaikan instalasi dan kemampuanya untuk mem-follow up setelah instalasi. Jika memungkinkan, kunjungi bangunan yang telah diinstalkan oleh kontraktor tersebut sebagai referensi. Tanyakan pada pelanggan kontraktor tersebut bagaimana sistem alarm api yang diinstalkan dan apa masalah yang pernah terjadi dan tanyakan pula bagaimana kontraktor menangani masalah tersebut.

Setiap kontraktor fire alarm memiliki penawaran harga yang berbeda-beda hal ini dikarenakan pengalaman masing-masing kontraktor dan kesepakatan. lebih jauh, satu kontraktor mungkin menyediakan sistem yang memuaskan dengan penawaran yang minimum dan yang lainnya menyediakan perangkat yang baik dibawah nilai minimum untuk memenuhi kebutuhan. Sistem dengan permintaan yang minimum lebih rendah biaya dibandingkan dengan sistem yang menyediakan perangakt tambahan. Konsultan yang independen dapat meninjau ulang dan merekomendasikan perangkat apa saja yang dibutuhkan

Bagaimana jika fire alarm untuk bangunan sudah terpasang?

Jika dalam bangunan sudah memiliki sistem fire alarm lama, maka ada dua pilihan yang dapat dilakukan. Yang pertama adalah membawanya ke kontraktor untuk di servis, dijual ke supplier atau bawa ke konsultan untuk didiskusikan mengenai tindak lanjut terhadap barang yang telah ada, apakah diperlukan sistem baru dan mengganti sistem lama. Penggantian sistem baru kadangkala tidak dibutuhkan, banyak bagian-bagian dari alarm api yang dapat digunakan lagi. Ketika memutuskan mengganti, mengupgrade atau menggunakan kembali, faktor yang sangat penting untuk diperhatikan adalah umur dari sistem lama, umur optimum dari sistem ini sekitar 10-15 tahun, tentu jika lebih tak apa namun perlu diperhatikan biaya maintanance dan perbaikan. Detektor asap harus diganti setelah 10 tahun. Selain itu, biaya merupakan perhatian yang sangat penting ketika meng-upgrade sistem alarm dan mengganti sistem alarm. Namun secara umum ada perbedaan syarat antara penggantian dan upgrade Ketika mengganti sistem alarm maka kode lokal pada bangunan lama mungkin akan mengikuti penggantian perangkat tanpa harus mengubah beberapa operasioan dan fungsional. Penggantian yang sederhana mungkin menjadi pilihan yang tepat selama perangakt sistem alarm yang lama dapat dijangkau namun kekurangannya adalah kemungkinan akan terjadi perubahan kode pada bangunan. Hal ini dapat menyebabkan biaya tambahan untuk energi tambahan atau perangkat lain.