Fungsi Air Vent Valve pada prinsipnya untuk mengeluarkan udara dari dalam instalasi pipa. sehingga dalam instalasi tersebut benar-benar hanya air (fluida) yang dialirkan. untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak ulasan secara lengkap pada artikel ini.

Fungsi Air Vent Valve

Air vent valve merupakan sebuah perangkat yang dipasang pada titik tertinggi pada instalasi pipa air. penempatan air vent valve dicari yang mudah untuk maintenance. biasanya pemasangan air vent ini di akhir instalasi pipa, karena instalasi pipa dibuat dari bawah terlebih dahulu. kenapa air vent valve harus ada dalam setiap instalasi hydrant atau sprinkler?

Fungsi Air Vent Valve untuk Instalasi Fire Hydrant dan Sprinkler

  • Untuk melindungi bahan pipa dan sistem dari korosi karena udara (oksigen).
  • Untuk mencegah percikan air tidak normal di hydrant valve karena adanya udara.
  • Untuk mencegah kebisingan akibat masuknya udara ke dalam sistem pasokan air.
  • Untuk start awal halus dan mencegah aliran yang tidak stabil dalam instalasi pipa hydrant.

 

pemasangan air vent valve dilakukan dengan cara pengelasan, dan sistem drat. sebelum air vent dibutuhkan ball valve untuk mempermudah penggantian jika ada maintenance atau kerusakan. biasanya ukuran air vent valve yang dipasang pada instalasi fire hydrant adalah 1 inchi. material pembuat air vent valve adalah perunggu atau stainless steel untuk aplikasi air panas dan dingin. lalu bagaimana bisa udara masuk ke dalam jaringan pipa? hal ini bisa terjadi karena suatu ketika terjadi kekosongan air pada reservoir, sehingga pompa yang seharusnya menghisap air secara penuh tidak melakukan hal tersebut dengan baik dan bercampur dengan udara.

PT Patigeni Mitra Sejati melayani instalasi fire hydrant dan sprinkler sesuai standart NFPA dan SNI. dengan dukungan tim professional yang berpengalaman lebih dari 15 tahun di dunia fire fighting. kami telah melakukan instalasi pemadam kebakaran di berbagai instansi dan perusahaan. dengan jaminan kualitas produk dan pekerjaan, kami berikan garansi penuh selama 1 tahun setelah serah terima pekerjaan. segera hubungi tim marketing kami di nomor 024-76400888 / sales@patigeni.com