Fungsi Pendeteksi Asap

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Fungsi Pendeteksi Asap

Fungsi Pendeteksi Asap

Suatu bangunan akan aman dan terhindar dari ancaman kebakaran adalah salah satunya karena kehati-hatian pengguna gedung dalam menggunakan dan adanya dukungan dari alat proteksi kebakaran. Alat proteksi kebakaran yang bekerja dengan baik dan sesuai dengan standart penggunaan tentunya akan meningkatkan proteksi pada bangunan Anda.

Saat ini juga banyak sekali kasus-kasus kebakaran yang terjadi pada rumah atau gedung besar yang tidak bisa diselamatkan akibat tidak adanya atau tidak berfungsinya alat proteksi kebakaran. Dalam rangka proteksi kebakaran di rumah atau gedung Anda sebaiknya gunakan pendeteksi asap. Pada artikel ini kita akan mengenal tentang masing-masing fungsi pendeteksi asap untuk gedung Anda.

Fungsi Pendeteksi Asap Pada Gedung

Pendeteksi kebakaran adalah suatu peralatan proteksikebakaran yang berfungsi memberikan deteksi dan peringatan kepada pengguna dari bahaya kebakaran sejak dini dengan mendeteksi asap yang ditimbulkan, sehingga kebakaran yang terjadi tidak akan cepat berkembang dan api pun dapat segera ditangani untuk dilakukan pemadaman.

Alat pendeteksi asap sendiri terdiri dari beberapa macam dengan berbagai macam kegunaan. Fungsi pendeteksi asap dapat ditunjukkan dari beberapa macam detektor asap berikut ini.

  1. Detektor Asap Fotolistrik. Fungsi dari detektor asap fotolistrik adalah untuk mendeteksi terjadinya asap besar di rumah Anda. Alat ini sangat efektif untuk mendeteksi asap besar atau kebakaran membara karena bekerja terhadap penginderaan cahaya dan kepekatan asap. Alat ini kan menghidupkan alarm jika bias cahaya yang terdapat pada sistem mulai memudar akibat dari kepulan asap pekat yang menutupi cahaya. Biasanya api yang dideteksi bisa bersumber dari rokok atau sumber lainnya yang menyerang benda mudah terbakar. Jenis detektor ini sangat cocok jika digunakan di rumah-rumah atau kantor.
  1. Detektor Asap Ionisasi. Detektor asap Ionisas adalah jenis detektor asap yang sangat peka dengan asap kecil. Sehingga akan sangat efektif jia diletakkan pada tempat yang jarang terkena asap atau timbul pembakaran seperti kamar, ruang kerja dan ruang keluarga. Detektor inonisasi ini sangat eka sekali terhadap kebakaran yang menimbulkan asap kecil seperti kebakran kertas atau ebakaran lainnya. Maka tidak ocok jika diletakkan pada dapur atau tempat yang sering menimbulkan kebakaran kecil tersebut. Namun kerja alat ini sangat akurat dan tidak terpengaruh oleh kotoran yang berada di lingkungan karena hanya benar-benar akan terpengaruh oleh asap dari pembakaran.
  1. Detektor Asap Rokok. Fungsi dari detektor asap rokok adalah untuk menjangkau dan mendeteksi asap rokok jika terdapat pengguna rokok pada daerah yang dilarang untuk merokok. Detektor ini sangat efektif karena dapat mendeteksi rokok baik itu dalam jumah banyak atau sedikit dan meskipun memiliki jarak jauh sekalipun.  Penggunaan detektor asap rokok ini sangat cocok untuk rumah, atau lokasi yang dilarang merokok.

Berdasarkan uraian tentang macam-macam fungsi pendeteksi asap tersebut, tentunya akan memberikan pemahaman tentang alat apa yang cocok digunakan untuk rumah atau tempat kerja Anda. Pemilihan alat proteksi kebaran yang sesuai tentu sangat penting sebab jika salah penggunaan mungkin saja alat tidak dapat bekerja dengan optimal.

Dengan ini tentunya akan menyebabkan proteksi kebakaran di rumah atau kantor Anda tidak terpenuhi sehingga pemanfaatan alat akan menjadi sia-sia dan terbilang masih belum aman. Kemudin, jika Anda masih ragu dalam penggunaan alat dan alat apa yang cocok dengan kebutuhan Anda sebaiknya konsultasikan kepada konsultan atau orang yang lebih menerti tentang peralatan kebakaran maka fungsi pendeteksi asap di rumah Anda pun akan lebih sesuai.

Iskandar adalah pemilik website patigeni.com Bisnis perencanaan, kontraktor dan perawatan sistem kebakaran di Indonesia

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya