Fungsi Priming Tank Sistem Hydrant

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Fungsi Priming TankKebutuhan akan perlindungan bangunan dari bahaya ancaman kebakaran merupakan suatu kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi oleh penanggung jawab gedung demi menjamin keamanan dan keselamatan penghuni gedung dari ancaman bahaya kebakaran. Langkah-langkah untuk memenuhi kebutuhan perlindungan dari ancaman bahaya kebakaran tersebut dapat dilakukan dengan melengkapi bangunan dengan alat-alat pemadam yang diletakkan pada titik-titik yang mudah untuk dijangkau, strategis, aman, dan juga dengan melengkapi bangunan dengan melaksanakan konstruksi perangkat sistem proteksi bencana kebakaran.

Dalam dunia fire safety, telah banyak jenis varian dari sistem proteksi bencana kebakaran yang dipasarkan, di mana masing-masing ragamnya menawarkan nilai fungsi yang memiliki keunggulan masing-masing. Sistem fire hydrant hadir menjadi salah satu perangkat sistem proteksi bencana kebakaran yang menjadi favorit bagi kebutuhan proteksi bangunan akan ancaman bahaya kebakaran. Fire hydrant system ini dibangun dari beberapa komponen atau sub-sub sistem. Sub sitem tersebut antara lain meliputi fire hydrant pillar, tangki waterous atau tangki-tangki penyimpan pasokan persediaan air, rumah pompa atau pump house, jaringan instalasi pipa air, hingga fire hydrant box yang berisikan perlengkapan-perlengkapan dan aksesoris pemadam kebakaran yang dapat dilepas dan dipasang, seperti hose reel atau selang pemadam kebakaran, nozzle, ataupun vavle.

Fungsi Priming Tank Sistem Hydrant

Pada fire hydrant system, terdapat beberapa jenis tangki penyimpan persediaan pasokan air yang masing-masing jenisnya memiliki fungsi yang berbeda-beda dengan porsi yang tepat. Jenis-jenis tangki penyimpan persediaan pasokan air tersebut di antaranya adalah static water tank, terrace tank, dan juga priming tank. Untuk jenis tangki yang pertama, static water tank merupakan tangki utama yang dibangun baik di bawah tanah ataupun dibangun sebagai tangki penyimpan persediaan air di atas permukaan tanah. Static water tank ini dibangun dengan fungsi sebagai penampung pasokan air yang nantinya akan dibutuhkan dalam melawan kobaran api kebakaran.

Sementara itu, terrace tank merupakan tangki yang didesain dengan material plastik (tangki plastik), ataupun dari baja (tangki baja) yang ditempatkan di teras dari bangunan gedung. Fungsi dari terrace tank ini sama halnya dengan fungsi static water tank, yaitu sebagai penyimpan persediaan pasokan air yang nantinya akan digunakan sebagai media sebagai pemadam kobaran api kebakaran. Sedangkan priming tank yang menjadi tangki air terakhir ini memiliki fungsi yang tak kalah pentingnya. Fungsi priming tank sebagai tangki waterouse pada fire hydrant system adalah untuk menjaga atau melindungi casing dari fire pump atau pompa kebakaran serta menjaga fungsi performa fire pump agar tidak rusak apabila terjadi kasus negative suction pada komponen fire pump. Tangki pemancing atau priming tank ini sendiri didirikan atau dibangun di atas atau di dalam pump house atau rumah pompa atau dapat pula didirikan di atas fire pump atau pompa pemadam kebakaran.

Tak hanya itu, fungsi priming tank yang lainnya adalah untuk memastikan pipa hisap pada sistem fire hydrant dapat secara otomatis mempertahankan muatan air meskipun terjadi kebocoran yang serius. Pada kasus seperti ini, perangkat priming tank tidak diperkenankan lebih dari 450 1 dengan diameter pipa priming yang tidak lebih dari 50 mm. Selain dua fungsi di atas, priming tank juga berfungsi sebagai tangki pemancing yang berguna untuk mengeluarkan muatan udara palsu yang memasuki sistem fire pump demi mencegah masalah seperti kegagalan pengaktifan fire pump. Pada umumnya, priming tank ini menjadi komponen pendukung performa dari diesel pump atau pompa diesel yang sering mengalami kesulitan untuk hidup akibat udara palsu yang masuk sehingga membuat diesel pump kesulitan dalam mengaktifkan tekanan dari bahan bakar.

Iskandar adalah pemilik website patigeni.com Bisnis perencanaan, kontraktor dan perawatan sistem kebakaran di Indonesia

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Distributor Alat Pemadam Kebakaran Jakarta

Alat pemadam kebakaran adalah alat yang digunakan untuk memadamkan kebakaran saat awal…
Baca Selengkapnya

Tempat Isi Ulang Tabung Pemadam Kebakaran di Jakarta

Tempat isi ulang tabung pemadam kebakaran di Jakarta Raya bisa Anda lakukan…
Baca Selengkapnya

Fire Alarm Hong Chang Jakarta

Fire Alarm Hong Chang Jakarta Hong Chang merupakan salah satu merek fire alarm…
Baca Selengkapnya