JW Lounge Kebakaran, Percikan Api Tak bisa ditangani?

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

JW Lounge KebakaranInsiden Kebakaran terjadi di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng (5/7). Sekitar pukul 05.50 terlihat setelah JW Lounge kebakaran pegawai berlari keluar berhamburan menyelamatkan diri. Menurut saksi mata yang juga petugas keamanan (Aviation Security) ruang tunggu terminal keberangkatan luar negeri ini, percikan api mula-mula datang dari oven pemanggang. Oven ini terhubung langsung dengan listrik ketika mengeluarkan percikan api. Tidak lama kemudian, terdengar suara ledakan yang diduga datang dari oven akibat korsleting listrik.

JW Sky Lounge sendiri adalah salah satu dari 40 Executive Lounge di Indonesia. JW Lounge merupakan karya perushaaan PT. Sarana Prima Budaya Raga yang setidaknya memiliki JW Lounge seperti ini juga di Medan, Denpasan dan Jambi. Dengan predika Executive Lounge, JW Lounge tentu memiliki standar-standar khusus baik dari segi kenyamanan maupun keamanan. Salah satu segi kemanan yang yang paling disoroti adalah Fire Security System  yang berfungsi memproteksi ruangan apabila sewaktu-waktu terjadi kebakaran.

JW Lounge Kebakaran , APAR tak bisa atasi

Pada kasus yang menimpa JW lounge kebakaran pada minggu (5/7) pagi kemarin menurut petugas AVSEC , sempat mengatakan Alat Pemadam Api Otomatis tak berfungsi. Namun ketika kembali dikonfirmasi, ia menuturkan dalih bahwa APAR tak mungkin bisa memadamkan api yang terjadi saat itu. Menurut kronologi, percikan api mulanya kecil saja pada oven yang biasa digunakan untuk cooking . Dengan kronologi sesuai keterangan sebelumnya, dapat dikatakan bahwa minimal ada 2 kemungkinan yang terjadi. Pertama adalah kesigapan petugas yang kurang baik dalam menangani munculnya potensi kebakaran. Kedua adalah gagalnya sistem pemadam api yang berada di JW Lounge.

Dalam artikel kali ini, patigeni mencoba mengulas kemungkinan yang kedua dengan dugaan Fire Security gagal beroperasi tanpa maksud menduga dan mengaitkan dengan kasus JW Lounge kebakaran. Jika APAR kosong kemungkinan karena tidak memenuhi pengecekan rutin APAR atau kebocoran tabung APAR yang tidak terdeketsi. Jika Fire Alarm tidak berfungsi kemungkinan karena detektor yang digunakan tidak menerima sinyal dengan baik. Detektor sendiri memiliki 4 jenis. Ada yang sifatnya peka terhadap rangsang suhu atau lebih dikenal dengan Heat Detector, ada juga Smoke Detector yang peka terhadap rangsang Asap, Flame Detector yang mengidentifikasi keberadaan api dengan menggunakan perangkat optik dan ada juga Beam Detector yang mendeteksi ruangan dengan infra merah. Apabila detector tidak dapat bekerja dengan normal, maka detektor tidak dapat menirim sinyal ke panel. Alhasil, alarm kebakaran tidak berbunyi sehingga petugas keamanan tidak mengetahui adanya titik api secara cepat. Sementara jika sebuah ruangan dilengkapi dengan Alat Pemadam Api Otomatis , apabila terjadi kenaikan suhu, kepala sprinkler akan berfungsi sebagai detektor suhu. Apabila suhu abnormal, maka kepala sprinkler akan pecah dan tabung segera mengeluarkan gas dengan harapan langsung memenuhi ruangan.

Prinsip kerja alat-alat tersebut sebenarnya sangat lebih dari cukup apabila memenuhi standar. Singkat cerita, apabila alat tersebut gagal menjalankan fungsinya berarti alat tersebut belum memenuhi standar baik kualitas maupun standar perawatan. Lalu bagaimana dengan insiden yang menghanguskan JW Lounge? apakah human error? ataukah Fire Security yang tak standar? Kita tunggu saja penyelidikan pihak berwenang. Intinya, Semoga otoritas bandara di seluruh Indonesia kini semakin memperhatikan sistem keamanan khususnya mengenai antisipasi kebakaran.

Iskandar adalah pemilik website patigeni.com Bisnis perencanaan, kontraktor dan perawatan sistem kebakaran di Indonesia

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Fire Suppression System untuk Restoran

Fire suppression system untuk restoran (restaurant fire suppression) adalah sebuah sistem kebakaran…
Baca Selengkapnya

Pompa Hydrant Elektrik Jakarta

Pompa Hydrant Elektrik Jakarta Pompa Hydrant adalah perangkat yang sangat penting dalam…
Baca Selengkapnya

Cek Penawaran Menarik Isi Ulang APAR Glodok di Sini!

Isi ulang APAR Glodok dan sekitarnya sekarang sudah tidak perlu bingung untuk…
Baca Selengkapnya