Kapal Terbakar di Semarang, Ketahui Fakta dan Solusinya!

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Kapal terbakar terjadi di daerah Semarang Utara. Kebakaran ini menjadi salah satu dari sederetan kasus kebakaran di daerah Semarang di awal tahun 2019.

Lalu apa yang menjadi penyebab terbakarnya kapal ini? Yuk, simak kronologinya di bawah ini!

 

Fakta-Fakta Kapal Terbakar di Semarang

Kapal Terbakar - KM Riolota

Sumber : Instagram – Damkarsemarang

Pada hari Kamis (03/01/2019) terjadi kapal terbakar di daerah Semarang Utara. Kejadian berlangsung pada pukul 10.50 WIB.

Kebakaran ini terjadi di dek KM Riolita pintu 1. Tepatnya di Jl.Dewi no.1, Kel.Bandarharjo, Kec.Semarang Utara.

Saat ini kondisi api telah berhasil dipadamkan. Petugas pemadam kebakaran mengerahkan 4 unit armada dengan 24 personel untuk melakukan proses pemadaman kapal terbakar ini.

Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Penyebab kapal terbakar ini diduga akibat adanya korsleting listrik.

 

Antisipasi untuk Menghindari Terjadinya Kapal Terbakar

Kapal Terbakar - APAR

Kapal tebakar tidak bisa disepelekan begitu saja. Karena, ruangan pada kapal umumnya berisi benda-benda elektrikal dan cairan mudah terbakar. Hal tersebut tentunya akan menyebabkan kebakaran skala besar bila tak segera diatasi.

Maka dari itu ada baiknya sebuah kapal memiliki sistem proteksi kebakaran. Salah satunya dengan fire alarm. Fire alarm akan mendeteksi dan menotifikasi bila terjadi kebakaran pada suatu ruangan di dalam kapal.

Lalu, untuk memadamkan api, diperlukan APAR dengan media tertentu. Untuk mengetahui media APAR mana yang tepat, ada baiknya bila kita menilik klasifikasi kelas kebakaran dahulu.

Jika melihat dari klasifikasi kelas kebakaran, maka dapat dipastikan kapal terbakar merupakan kebakaran kelas B dan C. Yakni kelas B yaitu kebakaran akibat benda cair mudah terbakar, dan kebakaran kelas C yakni akibat benda elektrikal.

Media APAR yang tepat digunakan untuk antisipasi kapal terbakar adalah media HFC-227. Media HFC-227  merupakan senyawa kimia (hydrochlorofluorocarbon) turunan dari 1,1-dichloro-1-fluoroethane.

Terdapat banyak keunggulan dari media HFC-227. Mulai dari kemampuannya untuk kebakaran kelas A, B, dan C, tidak bersifat konduktor, serta merupakan clean agent yang tidak meninggalkan residu.

Maka dari itu, sediakan APAR HFC-227 ini untuk mengatasi kebakaran pada kapal dengan cepat. Namun bila api terlanjur membesar, segera hubungi DAMKAR di 113 atau 1131.

 

Proteksi Kapal Terbakar dengan APAR Berkualitas Terbaik

Kapal Terbakar - Distributor HFC-227

Ingin memproteksi kapal tapi bingung dimana mendapatkan APAR terbaik? Wah, tak perlu bingung. Patigeni adalah solusi terbaik untuk APAR dan produk fire system lainnya.

Patigeni merupakan kontraktor sekaligus distributor alat pemadam kebakaran. Tentunya harga yang produk yang dijual cenderung lebih terjangkau.

Tak hanya itu, Patigeni juga menyediakan aplikasi Firecek. Dimana aplikasi tersebut dapat memudahkan kamu untuk mengontrol dan memonitor kelayakan APAR yang Anda miliki.

Ayo, tunggu apalagi? Hubungi Patigeni sekarang juga untuk mendapatkan penawaran terbaik!

Kapal Terbakar - Antisipasi Kapal Terbakar

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts
Jual Hydrant Box - Hydrant Box Tipe A B C

Jual Hydrant Box Kualitas Terbaik

Anda sedang mencari tempat jual hydrant box yang menjual segala tipe? Jangan…
Baca Selengkapnya
Alat Pemadam Api Bali Berkualitas Tersedia di Sini

Alat Pemadam Api Bali Berkualitas Tersedia di Sini!

Alat pemadam api Bali bisa Anda peroleh di Patigeni! Kami sebagai supplier…
Baca Selengkapnya
Kebakaran Gedung Kemenkumham - Fire Fighting

Kebakaran Gedung Kemenkumham, Ruang Server Terbakar

Kebakaran gedung Kemenkumham terjadi pada Selasa (08/01/2019). Kejadian ini menambah daftar kebakaran…
Baca Selengkapnya