Kawasan Industri Pulogadung Terbakar

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Kebakaran terjadi pada hari Senin (25/2) di Kawasan Industri Pulogadung. Si jago merah melahap sejumlah lapak plastik yang berada di kawasan tersebut. Lalu bagaimana fakta-fakta kebakaran tersebut? Simak informasi lengkapnya di bawah ini, yuk!

Fakta-Fakta Kebakaran Kawasan Industri Pulogadung

Kawasan Industri Pulogadung - Kebakaran Lapak Plastik

Kawasan industri memang memiliki potensi terjadinya kebakaran skala besar. Mengingat banyaknya pabrik dan lapak yang berisi benda mudah terbakar di kawasan tersebut.

Hal tersebutlah yang juga terjadi di Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur. Kebakaran menimpa lapak-lapak plastik dan mengakibatkan kebakaran yang cukup besar.

Tak hanya lapak plastik, kebakaran tersebut juga menyambar lapak yang berisi kayu jati mebel dan rongsokan. Menurut laporan, kejadian tersebut diketahui pada pukul 21.30 WIB.

Sekitar 16 unit mobil pemadam dikerahkan untuk memadamkan kebakaran tersebut. Luasnya area terbakar di Kawasan Industri Pulogadung tersebut mencapai satu hektar.

Kebakaran disinyalir bermula saat salah satu pemilik lapak membakar sampah. Api kemudian menyambar ke lapak-lapak di sekitarnya. Beruntungnya, tidak ada laporan mengenai korban jiwa pada insiden tersebut.

Solusi Kebakaran Kawasan Industri Pulogadung

Pada dasarnya, bangunan dan usaha wajib memiliki proteksi kebakaran. Tak terkecuali bagi lapak plastik yang berada di Kawasan Industri Pulogadung.

Lapak plastik memang bukanlah usaha yang besar. Namun, bukan berarti usaha ini tidak membutuhkan proteksi kebakaran.

Pasalnya, bila terjadi kebakaran, tak hanya membakar lapak yang dimiliki, namun juga berpotensi menyambar lapak lain dan mengakibatkan kebakaran skala besar. Lalu bagaimana solusi yang tepat agar kebakaran di Kawasan Industri Pulogadung tersebut tidak terjadi lagi?

Jika menilik klasifikasi kelas kebakaran, kebakaran ini masuk dalam kebakaran kelas A. Kebakaran kelas A merupakan kebakaran yang disebabkan oleh benda padat mudah terbakar seperti plastik, kayu, kertas, dan sebagainya.

Proteksi kebakaran yang disarankan untuk lapak plastik di Kawasan Industri Pulogadung adalah alat pemadam api Thermatic. Thermatic ini bekerja secara otomatis tanpa memerlukan operator sehingga menjadi keuntungan bagi pemilik lapak bila kebakaran terjadi pada malam hari dan tanpa adanya pengawasan di lokasi. Sehingga kebakaran dapat dipadamkan lebih dini sebelum kebakaran menyebar luas.

Kawasan Industri Pulogadung - Thermatic GuardAllUntuk medianya, dapat digunakan dry chemical powder. Dry chemical powder merupakan media yang tepat untuk mengatasi kebakaran kelas A dan C.

Cara kerja thermatic cukup sederhana dan efektif. Pada satu unit thermatic auto sprinkle, terdapat detektor berupa glass bulb yang berisi raksa. Jika suhu panas mencapai 68° celcius, air raksa akan memuai dan memecahkan glass bulb.

Saat glass bulb pecah, sprinkle akan bekerja dan media dry chemical powder akan keluar dari tabung thermatic dan menyirami seluruh area yang dapat dijangkau alat pemadam api ini. Lalu seberapa luas wilayah yang dapat dijangkau thermatic?

Untuk 1 kg media dry chemical powder, mampu mengatasi ruangan dengan luas 3,18 m³. Sementara pada satu unit thermatic berisi 5 kg dry chemical powder. Sehingga luas ruangan yang dapat dijangkau satu unit thermatic adalah 15,9 m³.

Lindungi Usaha Anda dengan Thermatic GuardAll

Kawasan Industri Pulogadung - Distributor Alat Pemadam Api Thermatic

Alat proteksi kebakaran memang tidaklah murah. Namun, tentunya biaya yang dikeluarkan untuk alat pemadam api tidak sebanding dengan kocek yang harus Anda rogoh lebih dalam bila kebakaran melahap seluruh aset yang dimiliki.

Namun, jangan khawatir. Anda dapat mendapatkan thermatic merk GuardAll dengan harga terjangkau di Patigeni. Patigeni merupakan kontraktor sekaligus distributor alat pemadam api.

Tentunya harga pemadam api yang kami tawarkan jauh lebih terjangaku dari harga pasaran. Meskipun harga terjangkau, jangan ragu dengan kualitas produk yang kami miliki.

Thermatic GuardAll merupakan alat pemadam api berkualitas dan ternama. Tiap-tiap produk GuardAll diproduksi dengan kualitas terbaik dan dapat memaksimalkan proteksi kebakaran Anda.

Tak hanya harga terjangkau dan kualitas yang baik, jika membeli APAR di Patigeni, Anda akan mendapatkan akses untuk masuk ke aplikasi Firecek. Aplikasi ini akan membantu Anda dalam mengontrol kelayakan dan masa berlaku APAR yang dimiliki.

Tunggu apalagi? Yuk, segera hubungi Patigeni di menu contact us dan percayakan proteksi kebakaran Anda pada kami!

Kawasan Industri Pulogadung - Kebakaran di Kawasan Industri Pulogadung

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts
Harga Jockey Pump Versa - Versa Pump

Harga Jockey Pump Versa

Harga jockey pump Versa memang cenderung lebih tinggi dibanding jockey pump lainnya,…
Baca Selengkapnya
Pelabuhan Muara Angke - Kebakaran Kapal

Pelabuhan Muara Angke Terbakar

Kebakaran kapal terjadi di Pelabuhan Muara Angke, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara. Kejadian…
Baca Selengkapnya
Harga Jockey Pump Grundfos - Distributor Jockey Pump

Harga Jockey Pump Grundfos

Harga jockey pump Grundfos memang tidaklah murah. Namun, kiranya harga yang ditawarkan…
Baca Selengkapnya