kebakaran spbu mt haryono jakarta selatan

Berita kebakaran, tidak ada henti-hentinya. Berita kebakaran kali ini datang dari Jakarta Selatan daerah Pancoran, tepatnya di MT Haryono pada hari selasa 1 Desember 2020. Kejadian ini menimpa salah satu SPBU atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar 31.12802.

Kebakaran terjadi bersumber dari kendaraan pengisian bahan bakar. Memang tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, korban hanya lecet-lecet pada bagian kaki, lantaran berusaha lari dan melompat untuk menyelamatkan diri.

berita kebakaran spbu mt haryono jakarta selatan

Dari kejadian ini, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan menerjunkan 2 unit mobil pemadam kebakaran untuk mengatasi kejadian tersebut.

Kebakaran SPBU MT Haryono Jakarta Selatan Simak Kronologinya

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan menjelaskan kronologi dari kejadian kebakaran yang menimpa spbu MT Haryono tersebut.

Kejadian bermula ketika SPBU sedang melakukan pengisian BBM pada pukul 09:00 WIB. Namun proses pengisian tersebut sempat tertunda lantaran adanya pemaddaman listrik bergilir. Pukul 11:00 Listrik mulai menyala, dan mobil mulai kembali mengisi bahan bakar.

kebakaran spbu mt haryono jakarta selatan

kebakaran spbu mt haryono jakarta selatan

Akan tetapi, pada alat pompa terjadi percikan api, hal tersebut langsung memicu terjadinya kebakaran. Asap hitam pekat langsung membumbung tinggi membuat orang yang berada di SPBU panik. Sebelum kejadian sempat terjadi ledakan. Pukul 12:00 WIB, api berhasil dipadamkan oleh petugas.

Perlindungan Terbaik Untuk SPBU

Dari kejadian tersebut, sebaiknya kita perlu waspada. Apalagi SPBU merupakan sumber yang dapat memicu api dengan mudah. Kejadian tersebut memang menimbulkan sebuah pengalaman traumatic yang dapat memicu rasa khawatir ketika kita sedang melakukan pengisian bahan bakar untuk kendaraan kita.

Oleh sebab itu, sebaiknya, untuk SPBU sendiri memiliki sistem proteksi kebakaran yang memadai dan harus selalu siap untuk digunakan. Salah satu proteksi yang dapat digunakan untuk SPBU yaitu APAB, atau Alat Pemadam Api Berat.

alat pemadam api berat terbaik

APAB ini prinsip kerjanya hampir sama seperti APAR, akan tetapi jangkauannya lebih luas lagi. (Baca : Alat Pemadam Api Berat). Tidak hanya itu, setiap kendaraan yang mengangkut bahan bakar, sebaiknya memiliki sistem proteksi kebakaran sendiri, yaitu GFTO atau alat pemadam kebakaran otomatis untuk kendaraan.

Dengan adanya sistem ini, maka gejala kebakaran yang terdeteksi oleh detector pada sebuah kendaraan akan dapat dipadamkan secara otomatis. Sehingga kebakaran tidak sempat terjadi, dan Aset pun dapat terlindungi dengan baik.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kebutuhan APAB dan GFTO untuk kendaraan Anda, silahkan konsultasikan dengan konsultan ahli kami melalui menu contact yang tersedia.