Kontraktor Fire Alarm Terpercaya yang sudah terbukti hasilnya
kontraktor fire alarmKebakaran merupakan bencana yang dapat mengakibatkan kerugian baik secara materi maupun non materi. Kebakaran dapat berdampak pada kerugian aset, bisnis dan citra perusahaan yang seolah-olah mengabaikan keselamatan orang banyak. Selain itu, kebakaran dapat berdampak pada kematian orang lain yang mungkin terjadi karena radiasi panas pada saat kebakaran, keracunan gas karbondioksida dan karbonmonoksida ataupun kehabisan oksigen karena oksigen teralihkan untuk terkoneksi dengan kebakaran. Untuk itu, sangat penting merancang instalasi sistem detektor kebakaran dalam suatu bangunan. Sistem deteksi ini bertujuan untuk mendeteksi adanya tanda-tanda kebakaran sehingga dapat segera diatasi dan tidak terjadi kebakaran yang lebih besar. Dalam dunia kebakaran, waktu merupakan hal yang sangat penting. Dalam hitungan detik pun kita dapat menyelamatkan beberapa aset dan nyawa orang lain.

Tugas kontraktor fire alarm adalah memastikan bahwa instalasi fire alarm di sebuah bangunan dapat berjalan dengan baik. kontraktor fire alarm bekerja berdasarkan rencana awal yang sudah ditentukan oleh konsultan sebelumnya. dari mulai denah bangunan, jalur instalasi, merk fire alarm dan sebagainya. rencana ini sering disebut RAB (rencana anggaran biaya). Fire alarm terdiri dari beberapa komponen yang terpasang seperti master control sebagai alat yang mengolah informasi. detektor / manual push button sebagai inputan alarm, dan alarm bell serta indicating lamp untuk output baik secara visual maupun suara.

Detektor yang di pasang Kontraktor Fire Alarm

Smoke detector

Detektor ini mendeteksi kebakaran dengan adanya asap yang dihasilkan dari kebakaran. pada dasarnya, dalam keadaan normal, detektor ini akan dialirkan oleh seberkas cahaya dan apabila ada asap yang masuk maka cahaya yang masuk pun akan terhambur dan terkoneksi dengan alarm. alarm akan aktif dan berbunyi menandakan bahwa ada potensi terjadinya kebakaran. maka dengan sigap penghuni gedung akan memadamkan api tersebut. Adapun beberapa jenis smoke detector yang beredar di pasaran antara lain:

Ionization Detectors

Detektor ini merupakan detektor yang paling ekonomis namun memiliki resiko yang tinggi. Prinsip kerja dari ion ini adalah adanya ionisasi udara yang mengandung oksigen dan nitrogen dengan bahan radioaktif berupa americium-24. Ruang ionisasi terdiri dari plate positif dan negatif yang akan dihantarkan tegangan oleh baterai. Americium akan melepaskan partikel alfa secara konstan sehingga mengalami tumbukan dengan atom-atom di udara menghasilkan reaski ionisasi pada oksigen dan nitrogen. Ketika asap masuk ke ruang ionisasi maka asap akan menghalangi terjadinya ionisasi dan memicu alarm kebakaran

Photoelectric Detectors

Detektor ini bekerja berdasarkan konsentrassi asap yang timbul. Penghamburan cahaya yang dihasilkan oleh detektor ini akan pudar dan memicu alarm kebakaran. alarm akab berbunyi jika bias cahaya dari sistem sangat pudar artinya asap yang menutupi cahaya sangat pekat.

Kontraktor Fire Alarm Konvensional dan Addressable

Sistem alarm yang ditawarkan dipasaran ada dua jenis yaitu  sistem alarm konvesional dan addressable alarm systems. addressable alarm systems memiliki keunggulan yaitu sistem ini dapat mengetahui perangkat mana yang aktif pada saat terjadi kebakaran. contohnya misal dalam suatu bangunan dengan banyak ruangan, hampir semua ruangan dipasang sistem detektor dan apabila ada alarm yang berbunyi maka sistem ini dapat mengetahui detektor di ruangan mana yang berbunyi sehingga tindakan pun cepat dilakukan. Kedua sistem alarm ini terkoneksi dengan kontrol panel. Berbeda dengan sistem alarm konvensional, kita harus membagi bangunan menjadi beberapa zona agar dapat menentukan letak dan posisi detektor yang berbunyi.

Misalnya, jika terdapat bangunan dua lantai, kita dapat membedakan menjadi zona 1 dan zona 2. Jika terjadi kebakaran di zona 1 maka secara umum alarm konvesional akan menandakan bahwa letak api ada di lantai pertama. Biaya pembelian alarm konvensional lebih murah dibandingkan dengan addressable alarm systems namun pada saat instalasi, addressable alarm systems. Jauh lebih murah dibandingkan alarm konvensional karena addressable alarm systems mengunakan sistem loop pada kabel sehingga lebih hemat pada pembelian kabel.

Sistem diatas baik sistem detektor maupun sistem alarm harus diinstal dengan baik dan benar agar dapat berfungsi sesuai dengan tujuannya. Oleh sebab itu, perlu untuk memilih kontraktor fire alarm yang tepat dan terpercaya sebagai partner keselamatan di bangunan Anda. Banyak perusahaan yang merekomendasikan patigeni sebagai kontraktor fire fighting karena memiliki tim yang profesional dan berpengalaman di bidang ini.