Memilih Fire Alarm Konvensional atau Addressable

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Fire Alarm Konvensional Atau Addressable
Memilih Fire Alarm Konvensional atau Addressable

Salah satu perangkat keamanan kebakaran yang paling penting adalah fire alarm yang terpasang dengan baik di sebuah gedung. Fire Alarm bertujuan sebagai detektor yang memberi tanda apabila terjadi kebakaran sehingga dengan cepat dapat ditanggulangi. Jenis alarm paling umum yang digunakan dalam dunia bisnis adalah jenis sistem alarm konvesional atau addressable alarm systems. Memilih Fire Alarm Konvensional atau Addressable memang tidak mudah, harus dipertimbangkan berbagai kelebihan dan kekurangan agar perangkat tersebut bisa berfungsi dengan baik sesuai dengan rencana awal. Kedua jenis perangkat alarm di atas dihubungkan ke panel kontrol utama. Pada addressable alarm systems, dapat dilihat persis perangkat mana yang telah aktif sedangkan pada sistem konvensional tidak dapat spesifik seperti itu. Hal ini menjadi perbedaan utama antara kedua jenis alarm tersebut.

Fire Alarm Konvensional atau Addressable, Mana Yang Lebih Baik ?

Keunggulan dari addressable systems dibandingkan dengan sistem konvensional adalah setiap perangkat yang dihubungkan ke addressable alarm systems memiliki alamat sendiri yang unik. Ketika api terdeteksi, alamat perangkat akan muncul pada panel kontrol utama. Hal ini dapat dinyatakan secara pasti perangkat mana yang telah diaktifkan sehingga memudahkan kita untuk menemukan lokasi terjadinya kebakaran secara tepat dan memadamkannya dengan segera ke lokasi.

Sedangkan alarm konvensional, tidak dapat menentukan secara tepat lokasi terjadinya kebakaran seperti halnya addressable alarm systems. Namun dengan membagi bangunan menjadi beberapa zona, kita dapat menentukan secara umum dimana letak terjadinya kebakaran. Misalnya, jika terdapat bangunan dua lantai, kita dapat membedakan menjadi zona 1 dan zona 2. Jika terjadi kebakaran di zona 1 maka secara umum alarm konvesional akan menandakan bahwa letak api ada di lantai pertama. sampai disini, sudah bisa memutuskan akan memilih Fire Alarm Konvensional atau Addressable?.

Addressable alarm systems menghubungkan perangkat menggunakan loop dimana satu kabel akan menghubungkan semua perangkat pada panel kontrol. Kedua ujung loop kawat terhubung ke panel kontrol. Pada alarm konvensional, masing-masing perangakat akan dihubungkan ke panel kontrol melalui kabelnya. Salah satu ujung kawat akan menyentuh perangkat, dan satu lagi menyentuh panel kontrol.

Harga Fire Alarm Konvensional atau Addressable Mana Yang Lebih Murah ?

Biaya pembelian kontrol panel konvensional lebih murah namun lebih mahal dalam tahap instalasi. Hal ini dikarenakan masing-masing perangkat harus dihubungkan dengan kabelnya masing-masing artinya kebutuhan kabel masing-masing perangkat tinggi. Tentu saja hal ini berbeda dengan addressable systems yang hanya dihubungkan dengan satu kabel untuk beberapa perangkat membentuk loop. Hal ini dimaksudkan bahwa sistem koinvesional membutuhkan banyak kabel dan pegawai selama fase instalasi kabel. Selain itu, addressable systems juga memiliki fasilitas lain yang dapat membantu menghemat uang. Misalnya, addressable panel systems yang memantau aliran udara melalui detektor asap untuk mencegah terjadinya kesalahan alarm.

Addressable panel systems juga lebih dapat diandalkan dibandingkan dengan jenis konvesional. Hal ini dikarenakan keunggulan dari sistem loop yang terdapat pada pada addressable systems, modul lingkaran isolasi ini menguntungkan karena jika salah satu perangkat terputus maka sirkuit lingkaran yang ada tidak non aktif secara otomatis. Perangkat yang non aktif hanya pada perangkat yang terputus. Hal ini berbeda dengan sistem konvesional dimana jika kawat salah satu perangkat terputus maka akan menonaktifkan seluruh perangkat yang ada

Berdasarkan penjelasan Fire Alarm Konvensional atau Addressable diatas, maka secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa secara fungsional, unit alarm kebakaran addressable systems lebih unggul dibandingkan sistem konvensional karena biaya instalasi cukup murah dan hemat waktu ketika mendeteksi api sehingga penanggulangan cepat dilakukan. Sistemnya berbentuk loop sehingga tidak membutuhkan banyak kabel dan tidak tergantung pada perangkat lain yang nonaktif. Namun dari segi harga pembelian, sistem konvensional lebih murah, jika kebutuhan fungsional kecil dan ruang yang dibutuhkan tidak besar maka sistem konvesional lebih disarankan.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Tempat Isi Ulang Tabung Pemadam Kebakaran di Jakarta

Tempat isi ulang tabung pemadam kebakaran di Jakarta Raya bisa Anda lakukan…
Baca Selengkapnya

Fire Alarm Hong Chang Jakarta

Fire Alarm Hong Chang Jakarta Hong Chang merupakan salah satu merek fire alarm…
Baca Selengkapnya
peraturan pompa diesel pemadam kebakaran menurut sni dan nfpa

Peraturan Pompa Diesel Pemadam Kebakaran

Peraturan Pompa Diesel Pemadam Kebakaran Pompa diesel pemadam bisa disebut juga pompa…
Baca Selengkapnya