Fire Alarm di KantorSalah satu cara yang paling penting untuk memastikan sistem alarm kebakaran Anda akan terus bekerja untuk melindungi bangunan dan penghuni di kantor Anda adalah dengan memastikan detektor terletak di lokasi yang tepat. Instalasi alarm kebakaran di tempat yang tepat akan meningkatkan tingkat perlindungan terhadap semua jenis kebakaran, dan mengurangi kemungkinan kesalahan alarm. Fire alarm harus dipasang sedemikian rupa agar dapat memberikan perlindungan maksimal untuk seluruh bangunan Anda. Daerah –daerah yang sebaiknya diinstal perangkat pemadam kebakaran antara lain:
• Setiap sekat individu / kubik kantor
• daerah Storage (penyimpanan barang)
• basements
• Loteng
• saluran HVAC

Peletakan Fire Alarm di Kantor untuk keselamatan Penghuni

Saat memasang alarm kebakaran, cobalah untuk memastikan bahwa lokasi alarm dan perangkat dekat dengan pusat langit-langit. Jika hal ini tidak mungkin, pasanglah alarm kebakaran sepanjang dinding, sekitar empat inci dari langit-langit. lalu Dimana alarm kebakaran sebaiknya tidak dipasang? sebaiknya alarm kebakaran tidak dipasang atau diinstal di daerah berdebu khususnya jika alarm ini dirancang dan diinstal dengan detektor asap. detektor asap mendeteksi partikulat-partikulat di udara. oleh sebab itu, takutnya terjadi kesalahan alarm apabila diletakkan di daerah berdebu. Namun alarm tetap harus dipasang di dareah berdebu maka sebaiknya pendeteksi yang digunakan adalah detektor panas atau cahaya. Sama seperti daerah berdebu, di daerah basah atau lembab pun sebaiknya tidak menggunakan alarm kebakaran yang diinstal dengan detektor asap karena potensi uap air akan tinggi dan mengganggu sistem akibat terjadinya kesalahan alarm.

Daerah atau ruangan merokok atau dekat dengan asbak pun sebaiknya tidak menginstal alarm kebakaran yang diinstal dengan detektor debu karena asap rokok yang berupa partikulat dan sangat mirip dengan asap kebakaran akan terdeteksi oleh detektor sehingga akan mengaktifkan alarm. hal ini tentu sangat berbahaya karena akan menimbulkan kepanikan dan tindakan pemadaman. Untuk daerah atau ruangan seperti ini dianjurkan untuk menggunakan detektor panas. Dekat ventilasi udara – Anda harus menghindari untuk menginstal alarm kebakaran di dekat ventilasi udara dengan alasan yang sama dengan daerah berdebu. Ventilasi merupakan kisi tempat keluar masuknya udara, udara mengandung partikulat debu yang dapat mengaktifkan sinyal alarm palsu

Di lingkungan yang terlalu panas atau dingin (temperatur ekstrim) – alarm kebakaran cenderung memiliki komponen internal yang rentan terhadap suhu ekstrim, jadi pastikan Anda tidak menginstal perangkat di daerah-daerah di luar jangkauan kondisi operasinya. silahkan baca datasheet dari vendor pembuat perangkat alarm terlebih dahulu untuk memastikan alat tersebut dapat bekerja pada suhu di tempat pemasangannya.