Fungsi Hydrant BoxHydrant box atau kotak hidran sangat dianjurkan tersedia di tempat umum seperti bioskop, pusat perbelanjaan, restaurant dan sekolah. Selain fasilitas umum, perusahaan swasta pun dianjurkan memiliki hydrant box sebagai bentuk kepedulian tehadap keselamatan kerja khususnya kebakaran. Hydrant box  dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis yaitu indoor hydrant box dan outdoor hydrant box. Sesuai dengan namanya maka perbedaan pada kedua kategori diatas adalah lokasi instalasi kotak hidran apabila indoor maka kotak hidran yang didesain, ditempatkan di dalam ruangan sebaliknya apabila outdoor maka kotak hidran yang didesain, ditempatkan di luar ruangan. Fungsi dari hydrant box adalah sebagai tempat penyimpanan alat-alat perlengkapan guna memadamkan kebakaran misalnya selang kebakaran, nozzle dan hydrant valve. Hal ini tentu akan memudahkan pemadam kebakaran untuk menemukan alat-alat yang dibutuhkan. Coba bayangkan jika tidak ada hydrant box maka alat-alat tersebut akan sulit ditemukan terlebih dalam keadaan darurat dan panik. Dalam kondisi kebakaran, waktu sangat berharga, kehilangan satu detik dapat mengakibatkan kerugian material yang sangat tinggi oleh sebab itu, fungsi lain dari adanya hydrant box adalah efisiensi terhadap waktu.

Fungsi Hydrant Box Secara Khusus

Fungsi Hydrant box adalah untuk menjaga umur alat-alat pemadam kebakaran agar tahan lama. Khususnya untuk outdoor hydrant box karena adanya pengaruh iklim dan cuaca. Alat-alat seperti nozzle dan hydrant valve umumnya terbuat dari baja, apabila terkena air hujan yang bersifat elektrolit maka lama kelamaan material akan teroksidasi oleh oksigen mengakibatkan korosi. Korosi sangat berbahaya karena dapat merusak material menyebabkan menurunnya fungsi pada alat. Cuaca yang panas pun dapat berakibat buruk pada selang kebakaran yang umumnya terbuat dari karet sintetis. Apabila peralatan ini dibiarkan berada di luar ruangan terus menerus maka dalam waktu sebulan perlu dilakukan penggantian alat. Oleh sebab itu, penggunaan dari hydrant box sangat membantu untuk melindungi alat-alat pemadam kebakaran dari cuaca yang ekstrem. Kesimpulannya, hydrant box berfungsi mengurangi pengeluaran untuk penggantian alat karena dapat memperpanjang umur alat-alat pemadam kebakaran

Fungsi hydrant box yang terkahir adalah sebagai hiasaan. Coba anda bayangkan apabila dalam ruangan tergeletak selang pemadam kebakaran yang panjang dan berbelit-belit? Tentu, hal itu sangat mengganggu kenyamanan mata Anda. Oleh sebab itu, hydrant box hadir agar ruangan Anda tetap terlihat indah dan rapi namun tetap menjaga perlindungan dari kebakaran.