Pengertian Hydrant dan Cara Kerja Sistemnya

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Pengertian hydrant dalam sebuah sistem proteksi kebakaran harus Anda ketahui sebagai pengguna maupun calon pengguna sistem ini. Hal tersebut merupakan upaya agar pengadaan sistem proteksi kebakaran tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.

Anda penasaran bagaiman pengertian tentang hydrant itu sesungguhnya? Yuk, simak pengertian dan cara kerja hydrant dalam artikel berikut!

 

Pengertian Sistem Hydrant

Pengertian Hydrant - Apa itu Hydrant

Pengertian hydrant dalam dunia fire fighting adalah sistem proteksi kebakaran yang menggunakan air bertekanan sebagai medianya dalam memadamkan api. Sistem ini menggunakan sistem manual, yakni proses pemadaman apinya dilakukan oleh manusia dan tidak otomatis.

Meskipun begitu, beberapa komponennya ada yang bisa disetting secara otomatis maupun manual. Seperti komponen hydrant pump yang bisa diatur tekanannya pada control panel.

Lalu apa yang membuat sistem fire hydrant lebih unggul dari sistem proteksi kebakaran lainnya? Sistem Hydrant ini dapat mengatasi kebakaran skala besar dan lebih bekerja secara maksimal dibanding sistem proteksi kebakaran lainnya.

Umumnya sistem ini digunakan oleh bangunan-bangunan yang memiliki aset. Yakni seperti, perusahaan, mall, sekolah, dan lainnya.

Pengertian Hydrant: Cara Kerja Sistem

Pengertian Hydrant - Cara KErja Hydrant

Setelah mengetahui pengertian hydrant, sekarang kita akan membahas bagaimana cara kerja sistem fire fighting ini. Hal ini tentunya bisa menjadi pertimbangan Anda jika ingin menginstalasi sistem proteksi kebakaran ini.

Cara kerja sistem ini tidak lain adalah bergantung pada media air dan sistem jaringannya yang didukung oleh komponen-komponen yang baik. Maka dari itu keseluruh komponen harus dipastikan dapat bekerja dengan baik sesuai dengan perannya masing-masing.

Sebuah sistem hydrant harus memiliki tandon air (reservoir) yang merupakan tempat penyimpanan pasokan air yang dapat memadamkan api selama 30 menit. Air dari reservoir ini nantinya akan dialirkan menuju jaringan output, yakni hydrant pillar.

Lalu bagaimana cara memasok air dari tandon menuju hydrant pillar? Di sinilah kita mengenal hydrant pump, yakni pompa yang akan mengalirkan media menuju jaringan hydrant.

Dalam sistem hydrant terdapat tiga jenis pompa yang berkerja secara bersamaan, yakni jockey, electric, dan diesel pump. Ketiganya memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Bila electric dan diesel pump berfungsi mendistribusikan air dari reservoir menuju jaringan hydrant, maka jockey pump bertujuan untuk mengatur stabilitas tekanan air yang dikeluarkan. Hal tersebut betujuan agar tekanan air tidak akan merusak jaringan hydrant.

Setelah air sampai ke hydrant pillar, petugas pemadam kebakaran bisa menggapai aksesoris dalam hydrant box. Biasanya box ini letaknya tidak jauh dari hydrant pillar.

Pada hydrant box berisi aksesoris seperti fire hose, valve, hose rack, dan nozzle. Aksesoris tersebutlah yang akan mendukung bekerja hydrant pillar untuk mengalirkan air menuju lokasi kebakaran.

 

Nah, itu dia pengertian hydrant dan cara kerjanya. Tentunya informasi tentang pengertian dan cara kerja hydrant di atas dapat mengedukasi Anda sebagai pengguna atau calon pengguna sistem proteksi kebakaran ini.

Hal tersebut bertujuan agar nantinya Anda bisa memaksimalkan fungsi hydrant ketika terjadi kebakaran. Jangan lupa, percayakan Patigeni untuk instalasi sistem proteksi kebakaran pada gedung Anda!

Pengertian Hydrant - Hydrant Pillar

 

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts
Toko Hydrant Jakarta - Komponen Hydrant System

Toko Hydrant Jakarta : Terlengkap dan Terbaik

Anda sedang mencari toko hydrant Jakarta dengan kualitas terbaik? Wah, Anda datang…
Baca Selengkapnya

Mau Refill APAR? Cek Harga Isi Ulang APAR Jakarta di Sini!

Harga isi ulang APAR Jakarta berbagai media pemadam api bisa Anda dapatkan…
Baca Selengkapnya

Toko Alat Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan Paling Komplit

Toko alat pemadam kebakaran Jakarta Selatan yang terlengkap adalah Patigeni Jakarta. Kini…
Baca Selengkapnya