10Sistem alarm kebakaran merupakan salah satu jenis sistem perlindungan dari bencana kebakaran. kebakaran dapat berdampak pada kerugian aset, citra perusahaan dan nyawa orang-orang disekitar. Oleh sebab itu, sangatlah penting bagi pemilik alat untuk melakukan inspeksi terhadap sistem yang telah dirancang, apabila mengalami kerusakan maka harus ditangani sesegera mungkin. Ketika memperbaiki fire alarm, kontraktor membaginya menjadi tiga bagian antara lain di sisi detektor, modul kontrol dan main control.

Perbaikan Fire Alarm System Tahap 1

Perbaikan pada zona pertama yaitu di sisi detektor  dilakukan dengan cara mengecek panas atau asap pada sisi detektor dengan menggunakan multi tester. Jika alat tidak terdeteksi pada saat diberikan panas atau asap maka dapat disimpulkan detektor dalam keadaan tidak baik atau tidak berfungsi.

Perbaikan Fire Alarm System Tahap 2

Perbaikan pada zona kedua adalah pada modul kontrol dengan melakukan inspeksi pada jalur input dan output. Jalur ini terkoneksi ke terminal input modul. Dalam satu modul terdapat 2 input zona detektor. Jika kebakaran terdetekis, input modul yang terkoneksi dengan kabel memberikan sinyal yang kemudian akan diteruskan ke Main Control Fire Alarm. Selanjutnya data akan diproses dan dikirimkan kembali ke modul input output ( I/O ) untuk kemudian merespon input perintah dari Main Control FireAlarm sebagai aktifasi alarm. Modul controller merupakan modul yang menerima input digital berupa input 1 dan 0 dari sinyal detektor. Angka 1 menandakan bahwa status modul aktif dan angka 0 menandakan status modul pasif atau tidak ada sinyak detektor. Detektor akan memberikan sinyal dengan angka 1 ke terminal modul yang secara otomatis akan dikonversi menjadi perintah pada alarm. perbaikan modul ini sangat tergantung pada software atau driver komunikasi yang bisa dimonitor lewat Main Control Fire Alarm.

Perbaikan Fire Alarm System Tahap 3

Sejak perkembangan teknologi yang marak terjadi akhir-akhir periode ini, sistem lama telah diubah menjadi sistem teknologi digital yang berbasis pada komputer. Ada banyak sekali merek baru yang berupa teknologi alarm di pasaran. Teknologi ini menawarkan berbagai jenis produk teknologi komputer pengendali fire alarm. controller lama dengan lampu indikator di panel sudah tidak banyak dilirik oleh pelanggan. Inspeksi atau pengecekan terhadap alat sangat penting dilakukan secara rutin agar sistem selalu dalam keadaan dan dapat berfungsi dengan baik. Perbaikan yang tak kala penting adalah  Main Control Fire Alarm. Sesungguhnya MCFA merupakan otak operasi pengolahan data input detektor dan meneruskan ke terminal output modul. Perbaikan MCFA juga tidak sesederhana yang dibayangkan. Anda perlu menguasai teknologi dasar pengolahan data digital dan analog.