Sistem Fire Alarm Konvensional

Memasang fire alarm merupakan langkah awal yang tepat untuk mencegah terjadinya kerusakan aset berharga Anda akibat bencana kebakaran. Parahnya kita terkadang menyepelekan hal tersebut.

Ada 2 jenis sistem fire alarm, sistem fire alarm full addressable dan sistem fire alarm konvensional. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa itu sistem fire alarm konvensional? dan Bagaimana prinsip kerjanya?

Pengertian sistem fire alarm konvensional

Sistem fire alarm konvensional merupakan alat antisipasi kebakaran yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat mendeteksi adanya kebakaran melalui detektor-detektor yang terpasang.

sistem fire alarm konvensionalDetektor akan menerima picuan berupa kepekatan asap maupun suhu panas yang naik secara signifikan. Lalu detektor akan mengirimkan sinyal ke control panel, dan control panel akan membunyikan alarm.

Sistem fire alarm ini cocok digunakan untuk gedung-gedung yang tidak memiliki ruang yang kompleks. Karena sistem fire alarm jenis ini memiliki rangkaian yang sederhana dan simple. Itu sebabnya alarm jenis ini cocok digunakan untuk sekolahan, minimarket, gudang dan sebagainya.

Bagaimana cara kerja sistem fire alarm tersebut?

Detektor kebakaran akan dipasang di beberapa ruang, sesuai dengan kebutuhan ruangan. Lebih jelasnya konsultasikan pemasangan fire alarm sebelum Anda memasangnya. Detektor akan dihubungkan ke control panel dengan kabel.

Jika detektor dipicu dengan asap maupun suhu ruangan yang naik secara tiba-tiba, maka detektor akan mendeteksi bahaya tersebut dan akan mengirimkan informasi ke control panel.

sistem fire alarm konvensional

Control panel akan menginformasikan zona mana di dalam gedung yang telah terjadi kebakaran. Kita bisa mengatur tiap zona. Misal zona 1 diatur untuk tempat parkir, zona 2 untuk loby, zona 3 untuk kantin dan seterusnya.

Tips memilih fire alarm yang baik dan benar

Sebelum kalian memutuskan untuk memilih jenis apa yang akan kalian pasang pada gedung kalian, sebaiknya kalian melakukan konsultasi pemasangan fire alarm kepada ahlinya. Ya, kami menerima konsultasi untuk pemasangan fire alarm.

Perusahaan kami sudah menerapkan standart NFPA (National Fire Protection Association) dan SNI (Standart Nasional Indonesia) sebagai acuan dalam melakukan instalasi sistem proteksi kebaran.

Teknisi kami yang professional akan membantu menganalisa kebutuhan gedung Anda untuk instalasi fire alarm. Kami sudah melayani beberapa perusahaan di seluruh wilayah Indonesia. Kami akan memberikan pelayanan terbaik kami untuk membantu melindungi aset berharga Anda.

Hubungi kami di (021) 50252288 untuk wilayah Jakarta. Untuk wilayah semarang bisa hubungi kami di (024) 76400888. Untuk informasi lebih jelas, bisa datang dan konsultasi langsung ke kantor kami yang tertera pada menu contact us pada situs ini.