System Kebakaran FM 200System Kebakaran FM200 merupakan sistem terbaru untuk memadamkan kebakaran yang mengganti kedudukan gas halon. Gas Halon sudah tidak diizinkan untuk digunakan sebagai media pemadam kebakaran karena dapat berdampak pada kerusakan lapisan ozon di bumi. FM 200 dapat dikatan sebagai media pemadam  kebakaran yang ramah lingkungan karena telah lolos uji ODP (Ozone Depletion Potential) dan isu GWP (Global Warming Potential) serta merupakan produk dari dupont yang dikembangkan oleh  beberapa brand seperti kidde, fenwall, fike, dan Ansul. Keunggulan lain dari FM 200 adalah memadamkan kebakaran dengan sangat cepat, seperti yang diketahui dalam peristiwa kebakaran, waktu sangat berharga untuk menyelamatkan diri dan aset. Media ini pun aman digunakan dalam ruang tertutup untuk melindungi peralatan elektronik dan manusia, tidak seperti gas karbondioksida yang beracun dan tidak boleh digunakan dalam keadaan tertutup terlebih ada manusia di dalamnya. Karena keunggulannya, Banayk masyarakat yang tertari dan ingin mengenal FM 200 lebih jauh dengan pertanyan-pertanyaan dibawah ini.

Bagaimana System Kebakaran FM 200 bekerja?

System Kebakaran FM200 bekerja memadamkan kebakatan dengan cara kombinasi secara fisik maupun kimia. Konsentrasi dari gas FM-200 adalah 7%v/v. Konsentrasi tersebut merupakan konsentrasi optimal yang dibutuhkan untuk memadamkan kebakaran secara tepat dan efisien

Siapa yang menggunakan System Kebakaran FM 200?

Karena keunggulan yang dimiliki FM-200, walaupun terbilang masih baru namun media ini telah menarik hati banyak pelanggan. Pelanggan percaya, media ini merupakan pilihan yang tepat dan terpercya untuk memproteksi aset dan jiwa dalam bangunan tanpa menggunakan air. Media ini telah digunakan oleh 70 negara dan diketahui telah lebih dari 100.000 sistem yang terpasang. Alat ini sangat layak digunakan pada ruangan kontrol yang notabenenya banyak perangkat komputer.

FM-200 disimpan dalam bejana bertekanan pada keadaan liquid, hal ini dimaksudkan agar volume dari bejana tidak terlalu besar. Jika terjadi kebakaran, cairan akan mengalir melalui pipa kemudia menguap dan keluar dalam fase gas. volume gas yang keluar telah dihitung dan desain sebaik mungkin sehingga gas yang keluar efektif  untuk setiap daerah yang dilindungi.

Apakah System Kebakaran FM200 akan tersedia di masa depan?

FM-200 merupakan media yang ramah lingkungan dan telah diuji oleh lembaga-lembaga yang berkualitas. Hingga saat ini, tidak ada gerakan yang melarang penggunaan FM-200 tidak seperti gas Halon 1301 yang mendapat kecaman dari berbagai pihak karena dapat merusak ozon.  Salah satu tinjauan bahwa media ini aman bagi lingkungan adalah penggunaannya di Jerman, speerti yang diketahui Jerman merupakan negara yang terkenal dengan standar lingkungan yang paling keras.

FM 200 merupakan propelan inhaler pada dunia farmasi untuk obat-obatan asma. Berdasarkan pernyataan diatas diketahui bahwa media ini sangat aman untuk manusia. Selain itu, telah banyak dilakukan pengujian terhadap nilai keamanan dan toksitas dari agent FM-200. Media ini merupakan senyawa murni yang tidak mengandung bahan aditif.

Harganya tentu tak sebanding dengan aset yang dilindungi mengingat kemampuannya dalam memadamakna kebakaran sangat cepat dan efisien. Jika dibandingkan dengan aset yang dilindungi, tentu alat ini terbilang sangat murah. sistem ini tidak membutuhkan luas ruang penyimpanan yang besar. Umumny sistem kebakaran yang lain membutuhkan 7 kali luas ruang penyimpanan dibandingkan dengan sistem FM-200.

Sistem sprinkle termasuk sistem yang penting untuk memproteksi banguanna dari kebakaran. sistem ini dapat diandalkan jika petugas pemadam kebakaran belum datang. Namun, kelemahan dari alat ini adalah karena medianya air, alat ini tidak dapat digunakan pada kebakaran akibat listrik dan juga tidak dapat ditempatkan di ruangan elektronik karena air dapat merusak. Sebagai perbandingan, FM200 akan mendeteksi api pada awal mula terjadinya kebakaran, sehingga mempersingkat waktu downtime akibat kebakaran tersebut.

Seberapa sering saya harus memeriksa dan menguji System Kebakaran FM 200?

sesuai pada keterangan dokumen NFPA 2001, 4-1,1, sistem clean agent diperiksa rutin oleh pihak yang ahli di bidang kebakaran selama satu tahun sekali secara menyeluruh namun inspeksi berkalan dilakukan 6 bulan sekali mencakup kuantitas agent dan tekanan pada silinder.