RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Sekayu Musi Banyuasin telah mempercayakan PT Patigeni Mitra Sejati untuk mengerjakan instalasi sistem proteksi kebakaran di ruang server RSUD Sekayu. Sistem yang dipasang untuk memproteksi ruang server adalah fire suppression system.

RSUD Sekayu Musi Banyuasin merupakan sebuah rumah sakit umum tipe B yang sudah berdiri sejak tahun 1937. Kemudian untuk lokasi rumah sakit ini berada di daerah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. 

rsud sekayu kab musi banyuasin

Instalasi Fire Suppression System untuk Ruang Server di RSUD Sekayu Musi Banyuasin

Seperti yang kita tahu, bahwa ruang server merupakan salah satu tempat yang sangat vital dan wajib untuk dijaga. Baik dijaga dari pencurian/pembobolan, kerusakan, bahkan dari bahaya kebakaran.

Selain itu, ruang server merupakan tipikal ruangan yang jarang dikunjungi/dikontrol orang. Jikalau dilakukan pengontrolan pun, itu hanya melalui CCTV saja dan tidak tahu apa yang sedang terjadi pada kenyataannya.

Dimana terdapat ribuan atau bahkan jutaan data yang disimpan oleh pihak RSUD Sekayu di dalam server tersebut dan harus terlindungi dengan baik. Maka dari itu, RSUD Sekayu Sumatera Selatan telah mengambil keputusan yang sangat tepat, yaitu melakukan instalasi fire suppression system pada ruang server.

rsud sekayu banyuasin

Kenapa harus memakai sistem proteksi kebakaran suppression? Karena fire suppression system memiliki media bersifat clean agent, sehingga aman untuk semua jenis peralatan yang mengandung arus listrik. Seperti halnya ruang server yang memiliki peralatan dan perlengkapan mengandung arus listrik.

Nah, kemudian untuk media pemadam yang digunakan untuk memproteksi ruang server di RSUD Sekayu ini adalah media jenis Liquid Gas. Dimana media ini sangat ramah lingkungan dan aman bagi semua makhluk hidup, baik itu manusia, hewan, maupun tumbuhan.

Tahapan Pemasangan Fire Suppression System di RSUD Sekayu Musi Banyuasin

Berapa lama kami melakukan instalasi fire suppression system di RSUD Sekayu? Jadi, untuk pemasangannya sendiri, kami menyelesaikan dalam kurun waktu 7 hari. Tentu saja ada beberapa alur penting yang tidak bisa dilewatkan ketika akan memasang fire suppression, sebagai berikut.

  • Melakukan survei lokasi dan mengukur dimensi ruang  server yang akan diproteksi
  • Melakukan identifikasi aset dan alat-alat penting yang akan diproteksi
  • Membuat detail desain dan proses engineering
  • Memulai proses instalasi semua peralatan
  • Commissioning test fire suppression system

rsud sekayu pasang Fire Suppression System

Komponen Fire Suppression System yang di Install pada Ruang Server RSUD Sekayu

Fire suppression system adalah suatu sistem yang memang didesain untuk memadamkan api pada lingkup tertentu. Sistem pemadam kebakaran ini biasa digunakan untuk ruangan-ruangan yang jarang dijamah manusia dan tidak boleh terkena air.

Contohnya di ruang server, yang diproteksi dengan memasang dua jenis perangkat, yaitu sistem pendeteksi dini (detector) dan juga perangkat sistem pemadaman api yang bekerja secara otomatis.

Berikut ini merupakan beberapa komponen yang kami pasang di ruang Server RSUD Sekayu Musi Banyuasin.

1. Gas Clean Agent

Fire Suppression System untuk Ruang Server di RSUD Sekayu

Media pemadam api yang digunakan untuk memproteksi ruang server RSUD Sekayu adalah jenis liquid gas. RSUD Sekayu Musi Banyuasin menggunakan GuardALL Gas Suppression System (GFTO) HFC-227 berkapasitas 25 kg.

2. Detector

Pendeteksi kebakaran atau yang biasa disebut dengan detector adalah alat yang berfungsi untuk mendeteksi kebakaran sejak dini. Jadi, sebelum api membesar, keberadaan titik api bisa segera diketahui dan dipadamkan.

Nah, ada beberapa jenis detektor kebakaran, tapi yang kita pasang di ruang server RSUD Sekayu ada dua jenis detector, yaitu:

rsud sekayu pasang heat detector

  • Smoke detector. Bekerja dengan cara mendeteksi kebakaran berdasarkan keberadaan asap. Pada project kali ini, kami memasangkan tipe Photoelectric Smoke Detector SD-651 Notifier.

rsud sekayu pasang smoke detector

  • Heat detector. Bekerja dengan cara memindai kenaikan suhu di dalam ruangan. Detector yang dipasang adalah tipe Heat Detector c/w LED lamp Model 5151.

3. Control Panel

 

control panel alarm di rsud sekayu

Control panel ini nantinya akan dijadikan sebagai pusat kontrol yang bertugas untuk memonitor, mengatur, dan juga mengendalikan kinerja dari fire suppression system. Panel yang digunakan oleh RSUD Sekayu Musi Banyuasin adalah tipe Conventional Release FACP RP 2002E, ASSY, FNL Notifier.

4. Fire Alarm Bell

fire alarm bell ruang server rsud sekayu

Fire alarm bell ini berfungsi sebagai tanda dan memberi peringatan kepada semua orang jika bahaya kebakaran akan terjadi. Nah, untuk tipe yang digunakan oleh RSUD Sekayu adalah Alarm Bell SSM24-6 System Sensor.

5. Horn Strobe 

instalasi horn strobe di rsud sekayu

Horn strobe merupakan salah satu bagian terpenting dari sistem alarm kebakaran. Perangkat yang satu ini merupakan kombinasi antara alarm bell dan indicator lamp. Tipe yang digunakan oleh RSUD Sekayu adalah Horn Strobe SYS-HS System Sensor. Jadi, ketika detector mendeteksi kebakaran, alarm akan berbunyi bersamaan dengan mengeluarkan lampu indikasi sebagai tanda bahaya.

6. Suppression System Abort Station

Suppression-System Abort Station di RSUD Sekayu

Perangkat yang satu ini memiliki fungsi untuk menunda ataupun  membatalkan terjadinya pelepasan media gas pemadam api apabila terjadi kesalahan sistem/false alarm. Kemudian untuk jenis suppression system abort yang digunakan pada project ini yaitu Manual Release Abort Station NBG 12 LRA Notifier.

alur Fire Suppression System di RSUD Sekayu

Lalu, Bagaimana Cara Kerja Sistem Saat Terjadi Kebakaran?

Untuk fire suppression yang kami pasang di RSUD Sekayu Musi Banyuasin ada dua jenis, yaitu smoke detector dan heat detector. Jadi, jika salah satu detector telah mendeteksi jika muncul tanda-tanda kebakaran, maka alarm akan berbunyi dan belum mengeluarkan medianya.

Pada kejadian seperti ini, petugas jaga bisa memastikan terlebih dahulu apakah ruangan tersebut muncul api atau tidak. Nah, jika tidak ada tanda keberadaan api, maka ini hanyalah alarm semu/false alarm yang biasanya terjadi karena peningkatan suhu panas pada ruangan tersebut.

Akan tetapi, jika petugas melihat ada kobaran api, bisa langsung memencet tombol manual release untuk mengeluarkan media. Kemudian jika kedua detector mendeteksi akan ada bahaya kebakaran, maka memunculkan notifier countdown selama 60 detik sebelum media dikeluarkan. Setelah waktu habis, media liquid gas akan dikeluarkan untuk memadamkan api di dalam ruangan tersebut.

Tapi bagaimana jika itu hanyalah sistem error/false alarm? Anda bisa menekan dan hold tombol abort station untuk menunda pengeluaran media.

Jika dirasa tidak terjadi kebakaran, Anda bisa melakukan reset ulang pada panel tanpa melepaskan tombol abort tadi. Maka, media tidak akan jadi keluar dan sistem akan berhenti seperti awal. Oiya, sebenarnya untuk countdown bisa diatur pada sistem berdasarkan kebutuhan, ya …

Instalasi Fire Suppression System di rsud sekayu

Commissioning Test Instalasi Fire Suppression System di RSUD Sekayu Musi Banyuasin

Setelah semua instalasi selesai, tim patigeni melakukan commissioning test fire suppression system tersebut. Semua diuji satu persatu untuk memastikan apakah sistem sudah benar dan berfungsi dengan baik atau belum.

Akan tetapi semua pengujian tersebut berjalan dengan lancar dan sistem dapat berfungsi normal. Nah, sekarang di ruang server RSUD Sekayu sudah terproteksi dengan fire suppression dari GuardALL.

Proteksi Aset Anda dari Bahaya Kebakaran Sebelum Terlambat!

Dikarenakan untuk instalasi sistem proteksi kebakaran tidaklah sedikit, Anda harus jeli dalam memilih kontraktor. Jangan sampai salah memilih kontraktor dalam perencanaan hingga instalasi sistem proteksi kebakaran.

Percayakan saja kepada tim Patigeni untuk melakukan instalasi fire suppression system maupun sistem proteksi kebakaran lainnya. Kenapa? Karena PT Patigeni Mitra Sejati telah ditenagai dengan teknisi profesional yang berpengalaman. Semua peralatan dan juga komponen yang kami gunakan sudah berstandar dan berkualitas tinggi.

Bagaimana, apakah sudah siap untuk memproteksi aset yang Anda miliki, seperti yang dipasang oleh RSUD Sekayu Musi Banyuasin? Hubungi kami sekarang untuk informasi lebih lanjut maupun untuk melakukan konsultasi terkait sistem proteksi kebakaran.