Pemadam Api Ramah Lingkungan

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Pemadam Api Ramah LingkunganKasus bencana kebakaran selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Bahkan, tak hanya terjadi pada bangunan-bangunan atau gedung yang bertingkat, melainkan juga turut mengancam pemukiman, pasar tradisional, hingga ruang bergerak seperti bus-bus umum. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan pemadam api kebakaran sebagai bentuk upaya untuk mengantisipasi risiko bahaya kebakaran, maka produsen pun semakin bijak dalam memberikan solusi bagi setiap kebutuhan kebakaran yang berbeda-beda, tentunya sesuai dengan panduan dan standard sistem keamanan dan proteksi kebakaran baik dalam taraf nasional hingga internasional.

Mengingat sejarah pada dunia ketika akhir abad ke-20 atau tepatnya pada tahun 1996 (dan berlaku di Indonesia baru sejak awal tahun 2005) mengenai pelarangan produksi dan penggunaan alat pemadam api dengan muatan gas Halon 1301 akibat kandungan bahan CFC di dalamnya, maka produsen-produsen alat pemadam api kebakaran mulai melakukan inovasi berdasarkan kajian penelitian mutakhir dengan teknologi canggih untuk menghasilkan alat-alat pemadam api ramah lingkungan yang tidak lagi memuat bahan pemadam yang mampu mengancam bumi, seperti bahan CFC yang berpotensi merusak lapisan ozon.

Pemadam Api Ramah Lingkungan pasca Halon dilarang

Setelah alat pemadam api dengan muatan gas Halon 1301 dilarang beredar, maka penelitian dilanjutkan dengan hasil gas pengganti yang lebih ramah lingkungan, yaitu gas HFC 227. Alat pemadam api dengan muatan gas HFC 227 ini memiliki spesifikasi fungsi yang kurang lebihnya nyaris menyamai fungsi dari gas Halon 1301. Keunggulan berupa fungsi setingkat dengan Halon 1301 namun bersifat ramah lingkungan dari gas HFC 227 ini pun terbukti dapat dengan baik menggantikan posisi gas Halon 1301.

Sebagai clean agent yang cocok untuk diaplikasikan pada klasifikasi kebakaran baik kelas A, B, hingga C, alat pemadam api HFC 227 memiliki karakter non residual (bersih dan tidak meninggalkan bekas atau residu setelah proses pemadaman), bersifat isolator atau bukan penghantar listrik, aman bagi hewan, tumbuhan, dan tentunya manusia, serta cepat dalam mengisolasi dan memadamkan nyala api kebakaran, alat pemadam api HFC 227 ini sangat tepat untuk dipasang dan diaplikasikan sebagai sistem proteksi kebakaran untuk berbagai jenis ruangan, bahkan ruang server, gudang, gedung kesenian, dan lain sebagainya di mana jenis-jenis tempat tersebut akan sangat berisiko apabila dilakukan pemadaman dengan media air yang bersifat konduktor (menghantarkan arus listrik) serta residual (meninggalkan sisa yang dapat merusak fungsi alat elektronik, dan sebagainya).

Selain alat pemadam api jenis HFC 227, masih terdapat alat pemadam api ramah lingkungan lainnya yang meliputi alat-alat pemadam api yang hingga kini terus beredar di pasaran sistem proteksi kebakaran, baik dalam bentuk alat pemadam api ringan, berat, hingga sistem pemadam kebakaran dengan muatan air, gas karbondioksida (CO2) dan dry chemical powder (bubuk kimia kering). Keseluruhan jenis muatan pemadam tersebut telah dipatenkan secara internasional sebagai muatan pemadam api kebakaran yang efektif dan aman baik bagi kesehatan manusia maupun ramah terhadap lingkungan.

Namun, hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih jenis muatan atau jenis alat pemadam api adalah terlebih dahulu pastikanlah jenis kebutuhan proteksi kebakaran yang ada pada bangunan Anda, apakah jenis kebakaran dengan klasifikasi kelas A, B, C, D, ataukah E. Karena, setiap jenis klasifikasi kebakaran harus diatasi dengan jenis alat pemadam api dengan muatan yang tepat dan sesuai dengan karakter bahan pemicu kebakaran, seperti kebakaran akibat benda padat dan kering, logam, cairan mudah terbakar, ataukah akibat arus listrik.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya