Tips Mengatasi Kebocoran Gas Rumah Tangga

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box
Kebocoran Gas Rumah TanggaHampir setiap rumah kini telah memiliki kompor gas untuk melengkapi kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Kompor gas dipilih karena praktis. Namun kadangkala diperlukan sikap ekstra hati-hati. Cek selang dan penutup elpiji secara seksama. Jika tidak, maka bisa jadi sangat berbahaya. Nah, apakah Anda pernah mencium bau kebocoran gas? Bau yang menyengat dan sesekali memaksa Anda keluar dari ruangan tersebut. Ya, gas merupakan suatu fase dari senyawa atau unsur yang memiliki kerapatan molekul sangat renggang sehingga mudah untuk menempati ruang. Gas ada yang berbau dan tidak berbau,  sebenarnya gas rumah tangga seperti LPG merupakan contoh gas yang tidak berbau namun apabila terjadi kebocoran kita dapat merasakannya. Bau dari gas LPG terjadi akibat dari penambahan sulfur. Nah, apabila tersulut panas dan didukung keberadaan oksigen, tabung gas dapat meledak. Ledakan merupakan bahaya yang sering ditemukan oleh pemadam kebakaran akibat kebocoran gas. Hal ini dikarenakan gas yang digunakan pada kompor gas merupakan jenis yang sangat mudah menyala. Gas LPG berasal dari fraksi paling ringan dari minyak bumi. Nah, sehingga butuh kewaspadaan ekstra ya, pembaca setia patigeni.com saat Anda menggunakan bahan bakar gas. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga diri dari keadaan darurat akibat kebocoran gas.

Jika Anda Mencium Kebocoran Gas Rumah Tangga, segera hubungi tempat pembelian gas

Biasanya tempat Anda membeli gas akan mengirimkan seorang teknisi untuk mengecek konektor yang kemungkinan berpotensi mengeluarkan nyala api. Pada beberapa kasus, sebaiknya matikan alat ukur dari gas alam (LPG) hingga teknisi datang dan memperbaiki kebocoran. Jangan mencoba untuk memperbaiki kebocoran sendiri di rumah, karena pemasangan ini butuh pengalaman. Udara bukan merupakan satu-satunya hal yang dapat menyebabkan kebakaran. Gas pun dapat menyebabkan terjadinya api bahkan mengontrol api mulai dari memanaskan di sekeliling hingga menjadi zona berbahaya. Jika kamu sedang memanfaatkan api, jaga pandangan terhadap api, bisa jadi api mengalami kelebihan panas dan kemudian menyebabkan kebakaran.

Gas cair atau gasoline, juga merupakan bahan yang sangat mudah menguap. Apabila terjadi kebakaran disebabkan oleh bahan bakar sejenis gasoline maka air tidak dapat digunakan sebagai bahan kimia pemadam kebakaran. Air tidak dapat bercampur dengan air, hal ini dikarenakan sifat kimia dari air adalah polar dan minyak adalah non polar. Perbedaan dari air dan minyak terletak pada densitas, air umumnya berada di bawah. jika kamu memadamkan api dari kabakaran cair dengan air maka air akan menguap dan menjadi uap secara cepat.

Untuk menghentikan kebakaran cair, ada beberapa pilihan yang dapat digunakan. Apabila api dalam kondisi kecil maka menghentikan kebakaran adalah dengan memutuskan salah satu rantai yaitu oksigen, oleh sebab itu, cara yang dapat dilakukan adalah dengan menutupnya menggunakan selimut.

Salah satu hal yang sebaiknya dilakukan dalam menghentikan kebakaran adalah yakin jika sistem telah dimatikan. Jika api terlalu besar sehingga tidak dapat menutupi ruang terbakar dengan menggunkan sleimut, gunakan api pemadam kebakaran jenis B yang telah dirancang untukmengatasi kebakaran akibat gasolin dan cairan lain mudah menyala. Sebaiknya di rumah tersedia alatt pemadam kebakaran jenis A-B dan C, hal ini cukup menjaga dari gasoline.

Menurut pengalaman pemadam kebakaran, kebakaran akibat gas adalah jenis kebakaran paling berbahaya. Jika kamu mencium bau gas di rumahmu, kamu sedang berada pada zona sangat berbahaya. Segera hubungi teknisi yang memperbaiki kebocoran. Jika mereka tidak dapat datang maka segera hubungi para pemadam kebakaran. Hati-hati terhadap gas yang tidak berbau dan bewarna, apabila mengalami kebocoran maka ruang akan mengalami ledakkan. Oleh sebab itu, jaga keluarga dan diri baik-baik dengan proteksi terpercaya dan hubungi kontraktor fire safety terpercaya atau klik patigeni.com !

Nuno adalah salah satu team kreatif patigeni.com yang selalu meningkatkan pengetahuan tentang sistem kebakaran, agar dapat berbagi dengan Anda melalui karya tulis yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya