Ukuran Hydrant Box Standar NFPA

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Ukuran Hydrant BoxKebakaran merupakan kejadian yang harus dihindari maka dari itu perlu adanya perencanaan yang matang untuk mencegah terjadinya kebakaran. Ada beberapa alat yang harus diperhatikan saat merancang sistem kebakaran misalnya hydrant pillar, hydrant box, nozzle, dan media. Hydrant box merupakan sebuah alat penting yang harus direncanakan saat merancang atau desain sistem pemadam kebakaran. Umumnya hydranbt box berbentuk kotak dan berfungsi menyimpan alat-alat yang dibutuhkan saat pemadaman misalnya selang kebakaran, nozzle. Selain itu, hydrant box juga menjaga kerapian agar selang kebakaran tidak berbelit-belit. Adapun hal yang perlu diperhatikan saat memilih hydrant box adalah tipe dan ukuran dari hydrant box. Salah satu faktor yang mempengaruhi pemilihan ukuran hydrant box adalah kebutuhan, apabila sistem berada di daerah yang padat penduduk seperti pusat kota, mall  dan sebagainya yang membutuhkan selang kebakaran lebih dari satu maka hydrant box yang digunakan berukuran lebih besar dibandingkan hydrant box dalam perusahaan kecil. Selain itu, faktor yang perlu diperhatikan adalah jarak potensi terjadi kebakaran dengan hydrant pillar atau sumber, apabila jauh maka ukurang selang yang dibutuhkan lebih panjang, oleh sebab itu, ukuran hydrant box yang dipilih lebih besar. Hydrant box umumnya terpasang menempel pada dinding dengan menggunakan pipa tegak untuk menghubungkan pipa tersebut dalam tanah khusus kebakaran. Untuk menentukan kebutuhan pasokan air kebakaran dalam fire hydrant menggunakan perhitungan SNI 03-1745-2000 dan NFPA (National Fire Protection Association).

Ukuran Hydrant Box Beragam Type

Hydrant Box Type A1( Indoor ) standard, ukuran : 660x520x150mm
Hydrant Box Type A2 (Indoor) standard, ukuran : 1000x800x180mm
Hydrant Box Type B   (Indoor) standard, ukuran : 1250x750x180mm
Hydrant Box Type C (Outdoor) standard, ukuran :  950x660x200mm
Berdasarkan gambar dan keterangan ukuran diatas dapat dilihat bahwa tipe  diklasifikasikan berdasarkan ukuran dan kegunaan dari masing-masing hydrant box. Type C merupakan jenis hydrant box yang diletakkan di luar ruangan (outdoor), perbedaan dari tipe C adalah ada penyangga di kaki, hal ini dikarenakan di luar ruangan sangat rawan terjadinya hujan, apabila hujan menggenang maka hydrant box akan berpotensi mengalami korosi celah pada bagian bawah hydrant box, korosi dapat merusak material dan mengurangi umur dari material.  Ukuran tipe A2 Paling lebar dibandingkan yang lain, hal ini mungkin dikarenakan kegunaannya untuk ruangan di perusahaan yang besar dan jauh dari sumber air.

 

Nuno adalah salah satu team kreatif patigeni.com yang selalu meningkatkan pengetahuan tentang sistem kebakaran, agar dapat berbagi dengan Anda melalui karya tulis yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa instalasi fire suppression system Jakarta

Jasa instalasi fire suppression system Jakarta Fire suppression system merupakan rangkaian proteksi…
Baca Selengkapnya

Perbedaan utama dari jenis-jenis Fire Sprinkler

Perbedaan utama dari jenis-jenis Fire Sprinkler Saat ini tersedia banyak sekali jenis…
Baca Selengkapnya

Bagaimana Cara Kerja Kitchen Suppression Systems?

Menurut data dari NFPA, 57% kebakaran restoran yang terjadi di US penyebab…
Baca Selengkapnya