5 Hal Penting yang Harus diketahui dari Alat Pemadam Api

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

5 Hal Penting yang Harus diketahui dari Alat Pemadam Api, apa saja hal tersebut?

5 Hal Penting yang Harus diketahui dari Alat Pemadam Api

Setiap orang pasti tidak akan asing dengan yang namanya alat pemadam kebakaran. Dimana dari awal setiap orang tahu bahwa alat pemadam kebakaran itu berguna untuk memadamkan api. Namun, tidak semua orang tahu beberapa hal penting dari alat pemadam kebakaran, yang meliputi di bawah ini:

5 Hal Penting yang Harus diketahui dari Alat Pemadam Api

1.Pada dasarnya, alat pemadam kebakaran itu ada banyak variasinya. Dimana setiap alat pemadam kebakaran tersebut memiliki cirri khas tersendiri yang berguna untuk memadamkan api pada jenis tertentu. Maka dari itulah, bila Anda ingin menggunakan alat pemadam api kebakaran, sebaiknya perhatikan dulu jenis alat tersebut. Sehingga, Anda bisa menyesuaikan tipe dan jenis yang tepat dari penyebab terjadinya kebakaran dengan bahan yang dipakai pada alat pemadam kebakaran tersebut.

2. Untuk bisa menggunakan alat pemadam kebakaran ini dengan benar, sebaiknya Anda ikuti langkah – langkah berikut ini untuk memadamkan kebakaran api menggunakan sebuah alat pemadam kebakaran, antara lain:

  • Tariklah bagian pin dalam alat pemadam kebakaran tersebut, sambil memegang alat ini menggunakan nozzle yang tersedia. Selanjutnya, lepaskan penguncian alat pemadam kebakaran tersebut.
  • Rendahkan alatnya, dan arahkan alat pemadam kebakaran tersebut tepat pada bagian dasar api untuk memadamkan api yang berkobaran dimana – mana.
  • Bila sudah, segera saja pegang tuas secara perlahan – lahan samapi merata.
  • Kemudian, sapu bagian nozzle nya dari berbagai arah sisi kebakaran sampai habis apinya, atau padam apinya.

3. Dalam penggunaan alat pemadam kebakaran ini, maka alat ini sudah seharusnya diperiksa terlebih dahulu oleh perusahaan perlindungan kebakaran yang memiliki izin resmi dan berlisensi secara rutin, setiap bulan. Hal ini merupakan salah satu persyaratan untuk NFPA, dimana sudah seharusnya pada 12 titik pemeriksaan pada alat pemadam kebakaran tersebut dilakukan guna perawatan alat pemadam kebakaran supaya bisa berjalan lancar.

4. Dalam penggunaan dan penempatannya, sudah seharusnya bila alat pemadam kebakaran itu diletakkan di bagian dekat pintu keluar. Hal inilah yang nantinya akan membuat Anda bisa tetap aman ketika melihat ada alat pemadam kebakaran di ruangan Anda.  Dengan cara ini juga, Anda bisa melakukan evakuasi pada setiap personil saat terjadi kebakaran. Yang pasti, dalam penggunaannya, sebaiknya perhatikan jarak aman terlebih dahulu, sebelum Anda menggunakan alat pemadam api kebakaran.

5. Sudah seharusnya bila setiap perusahaan yang memiliki karyawan melakukan pelatihan khusus terhadap karyawannya untuk menanggulangi terjadinya kebakaran. Dimana pelatihan tersebut meliputi cara penggunaan alat untuk memadamkan api, evakuasi, peralatan untuk memadaman api, mesin pengaman, siaga darurat, dan masih banyak lainnya.

Nah, 5 Hal Penting yang Harus diketahui dari Alat Pemadam Api bila Anda ingin menjalankan usaha. Bagaimana pun juga, Anda tidak akan bisa menikmati usaha Anda bila kemudian kantor Anda ternyata mengalami kebakaran. Dimana meskipun sudah disiapkan alat ntuk memadamkan api kebakaran, namun ternyata alat tersebut belum cukup untuk memadamkan api. Hal ini biasanya bisa terjadi karena setiap orang yang ada dalam ruangan tersebut tidak tahu tentang bagaimana cara memadamkan api dengan benar.

Karena,dengan penggunaan yang saah, hal tersebut akan membuat cara kerja dari alat pemadam kebakaran tersebut menjadi tidak optimal.

 

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya