Alat Pemadam Hydrant

Alat Pemadam Hydrant

Bagi setiap bangunan, sangat penting sekali untuk dilengkapi dengan beragam rangkaian sistem dan alat pemadam api kebakaran agar sewaktu-waktu dapat dipergunakan sebelum petugas pemadam kebakaran atau Fire Brigade datang. Hal ini tentunya dipertimbangkan demi mengendalikan nyala api agar dapat dicegah supaya tidak berubah menjadi api kebakaran yang lebih besar lagi.

Fungsi Fire Hydrant System

Banyak sekali ragam dari sistem maupun alat pemadam api kebakaran yang dapat diaplikasikan sebagi perangkat perlindungan pada bangunan Anda, salah satunya adalah Fire Hydrant System atau sistem hidran kebakaran. Sistem Fire Hydrant ini memiliki fungsi utama sebagai sistem perlindungan yang berguna untuk memadamkan api kebakaran dengan memanfaatkan media air yang telah disediakan di dalam bak atau tangki penampungan persediaan pasokan air, baik yang dibangun di bawah permukaan tanah maupun di atas permukaan air.

Dengan bantuan fire pump atau pompa kebakaran yang terdiri dari dua pompa utama (electric pump dan diesel pump) serta satu jockey pump, maka pasokan air dari dalam bak atau tangki penampungan persediaan air pun dapat tersedot dan mengalir melalui jaringan konstruksi perpipaan air sehingga dapat sampai ke selang pemadam kebakaran. Tak hanya mampu disambungkan dengan selang pemadam kebakaran atau fire hose reel, sistem fire hydrant ini juga dapat dikombinasikan dengan rangkaian sistem proteksi lainnya, seperti fire suppression system, fire sprinkler system, dan fire alarm system. Oleh karena inilah, tak heran jika sistem fire hydrant hampir selalu ditemukan pada setiap bangunan, mengingat sistem fire hydrant ini memiliki fungsi yang snagat kompleks dan fleksibel.

Tak hanya itu, alat pemadam hydrant ini juga dinilai efektif sebagai alat pemadam kebakaran darurat yang dapat digunakan baik oleh operator perangkat maupun bagi petugas pemadam kebakaran apabila selang pemadam dari mobil pemadam tidak memungkinkan digunakan di dalam bangunan, karena sistem fire hydrant ini tak hanya dapat diinstalasi pada outdoor atau luar bangunan, tetapi juga di dalam bangunan atau indoor. Alat pemadam fire hydrant system ini juga dapat dikonstruksi tak hanya pada bangunan atau gedung-gedung, tetapi juga pada area terbuka seperti taman permainan, dan lain sebagainya.

Jasa Konsultasi Alat Pemadam Hydrant

Pada umumnya, satu rangkaian fire hydrant system terdiri dari beberapa komponen utama seperti fire hydrant box, fire hydrant pillar, fire pump, dan lain sebagainya, serta berbagai komponen-komponen pelengkap dan aksesoris, seperti fire valve, hose rack, fire hose reel, fire nozzle, water monitor, flexible joint, siamese connection, dan lain sebagainya.

Apabila Anda akan melengkapi bangunan atau gedung Anda dengan alat pemadam fire hydrant, hendaknya Anda terlebih dahulu melakukan perencanaan konstruksi dan konsultasi yang tepat dan cermat. Hal ini sangat penting karena kesalahan perencanaan dapat mengacaukan pemenuhan kebutuhan perlindungan yang diperlukan oleh bangunan Anda, dan dikhawatirkan jenis serta kuantitas perlindungan sistem menjadi tak memadai dan tidak optimal saat bencana kebakaran benar-benar terjadi.

Agar tidak terjadi kesalahan, Anda bisa melakukan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan kontraktor fire hydrant system yang profesional, terpercaya, dan berpengalaman tinggi seperti PT Patigeni Mitra Sejati. PT Patigeni Mitra Sejati melayani segala kebutuhan alat pemadam hydrant bagi Anda di seluruh wilayah negara Indonesia.