Alat Pemadam Kebakaran Berat

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

alat pemadam kebakaran beratProses pemadaman api berat membutuhkan peralatan khusus. Bagi sebagian besar bangunan luas dan mewah, tentunya memilki peralatan yang memadai untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran tersebut. Kebanyakan kebakaran berat memang terjadi pada bangunan yang memiliki area yang luas dan terdapat bahan-bahan mudah terbakar didalamnya sehingga mendorong untuk semakin mudahnya api meluas dan menjadi besar. Kebanyakan alat pemadam kebakaran berat yang digunakan adalah APAB, dimana peralatan ini biasa ditempatkan pada gedung yang memiliki wilayah lebih dari 50 m. selain peralatan pemadam APAB, juga perlu adanya hydrant yang menjadi solusi paling akhir jika kebakaran tidak bisa diatasi hanya dengan peralatan APAB saja. Hydrant merupakan peralatan yang paling penting saat menangai api besar yang sudah tidak terkendali.

Jenis-Jenis Alat Pemadam Kebakaran Berat

Terdapat beberapa macam alat pemadam kebakaran berat yang biasa digunakan untuk mengatasi api yang besar baik dari jenis APAB maupun hydrant. Peralatan APAB yang biasa digunakan adalah hampir sama medianya dengan jenis APAR, bedanya penggunaan APAB ini menggunakan trolley dengan dua roda karena memiliki ukuran yang sangat besar sehingga lebih mudah dalam proses mobilitasnya. Kisaran ukuran untuk APAB yang digunakan adalah 20 samapai 100 kg.  tentunya bukan ukuran yang mudah jika digunakan untuk melalukan proses evakuasi kebakaran untuk satu orang seperti pada alat portable APAR. Dirumah sakit, hotel, bandara, dan pabrik-pabrik akan sering kita menemui beberapa jenis peralatan APAB ini karena tergolong tempat yang berpotensi terjadi kebakaran besar. Seperti halnya APAR, pada APAB juga memiliki beberapa media pemadam kebakaran seperti karbon dioksida (CO2), dry cemical powder (bubukkimia kering), hallon, dan foam AFF (aqueous film forming).

Alat pemadam kebakaran berat yang sangat penting dibutuhkan pula untuk bangunan besar adalah fire hydrant. Ketita api sudah menjalar di seluruh gedung sedangkan memadamkan menggunakan APAB sudah tidak memungkinan, maka diperlukan peralatan fire hyrant ini untuk mengatasinya. Fire hydrant merupakan peralatan pemadam kebakaran dengan memanfaatkan media air. Bila penerapannya sesuai, penggunaan fire hydrant akan sangat cepat membantu dalam penyerapan panas dan memadamkan kebakaran berat. Apalagi, sumber daya air sangat melimpah di bumi ini sehingga kita tidak akan kebingungan akan kekurangan air tidak seperti pada media lannya. Namun tidak semua bangunan besar memiliki peralatan ini, sebab instalasi peralatan ini membutuhkan biaya yang sangat besar.

Alat Pemadam Kebakaran Berat, dimana penempatannya?

Bagaimanapun sesungguhnya investasi peralatan yang mahal juga memberikan banyak manfaat untuk kita, meskipun cukup mahal peralatan ini juga awet bahkan dapat bertahan 70 sampai 100 tahun. Asalkan tetap memperhatikan proses instalasi dan perawatan yang sesuai dengan aturan yang berlaku. Fire alarm hydrant dtempatkan pada tiga lokasi yang strategis untuk memenuhi kebutuhan air untuk pemadam kebakaran, diantaranya adalah pada area gedung, halaman dan kota. Terdapat pada area gedung bertujuan memudahkan dalam proses pemadaman secara langsung saat terjadi kebakaran, pada halaman yaitu untuk memenuhi pasokan air yang dibutuhkan saat kekurangan air dan lagi di kota dipasang di sepanjang kota untuk pasokan air oleh PDAM kota.

Beberapa alat pemadam kebakaran berat tersebut akan sangat membantu untuk mejaga bangunan anda dari terjadinya kebakaran besar yang tidak diinginkan. Kepemilikan alat ini akan memudahkan anda dalam proses pengevakuasian dan juga pencegahan kebakaran yang melebar. Oleh sebab itu akan sangat mengntungkan bagi anda yang mau menjaga aset berharga dengan mulai berinvestasi terhadap peralatan pemadam kebakaran yang mumpuni.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya