Cari Hydrant Box ? Dapatkan Disini !

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Cari Hydrant BoxKebakaran merupakan kecelakaan yang terjadi secara tidak sengaja. Bisa karena faktor lingkungan, bisa juga karena faktor kelalaian. Yang pasti, kebakaran dapat mengakibatkan kerugian baik material maupun non material. Namun demikian, kebakaran dapat kita tanggulangi.Ada beberapa cara yang dilakukan untuk menanggulangi kebakaran, salah satunya adalah mempersiapkan alat pemadam kebakaran di rumah yang bersifat portable atau hand held dan hydrant box untuk perkantoran, gedung, hotel, industri ataupun persimpangan jalan. Hydrant box umumnya dipersiapkan di titik atau tempat yang berpotensi terjadi kebakaran besar. Hydrant box secara luas dikenal sebagai kotak merah yang dituliskan dengan kata “HYDRANT” bewarna putih. Hidran sendiri merupakan istilah media pemadam kebakaran.  Alasan dasar pemilihan warna merah adalah karena simbol dari api adalah merah dan secara psikologi warna merah adalah warna yang paling terlihat saat terjadi kepanikan, agar semua orang tertuju pada kotak tersebut dan dengan segera memadamkan api. Hydrant box digunakan untuk menyimpan berbagai perkakas yang dibutuhkan saat melakukan pemadaman api. Perkakas yang dimaksud antara lain selang kebakaran yang berfungsi sebagai media distribusi air hidran dari pompa menuju lokasi kebakaran, nozzle yang digunakan untuk mengarahkan aliran, dan  lain-lain yang dapat dilihat pada gambar dibawah  ini.

Penggunaan dari  hydrant box dimaksudkan agar alat-alat perlengkapan pemadam kebakaran tersimpan rapi dan tahan lama. Rapi dimaksudkan agar alat-alat yang dibutuhkan berada pada satu tempat dan tahan lama karena tertutup sehingga tidak terkorosi karena udara dan air saat terkena hujan. Alat tambahan  pada hydrant box yaitu horesack. Alat ini digunakan untuk menyusun selang pemadam kebakaran agar rapi dan tidak terbelit-belit, hal ini tentu mempermudah pekerjaan pemadam kebakaran pada saat genting. Apabila selang terbelit-belit maka pemadam membutuhkan waktu beberapa detik bahkan menit untuk merapikan selang. Sesingkat mungkin waktu yang terbuang dapat menyebabkan resiko yang tinggi jika berhadapan dengan api. Apabila menggunakan horesack, selang hanya perlu dilempar dan ditarik bagian ujung selang kemudian diarahkan ke sumber terjadinya kebakaran, tentu hal ini menguntungkan korban kebakaran karena mempercepat proses pemadaman.

Cari Hydrant Box Indoor dan Outdoor

Hydrant box dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis berdasarkan lokasi letak hydrant box, antara lain,

  • Hydrant Box Outdoor

Kotak hidran diletakkan di luar ruangan seperti di persimpangan jalan, umumnya berada di pusat kota dan titik keramaian yang memiliki potensi terbesar terjadinya kebakaran. Hydrant box dipasang berdampingan dengan hydrant pillar

  • Hydrant Box Indoor

Kotak hidran diletakkan di dalam ruangan seperti gedung, hotel dan ruangan sejenis. Hydrant box dalam ruangan ditambahkan dengan hydrant valve yang dipasang menggantikan hydrant pillar. Hydrant valve digunaka sebagai keluaran air hidran dan dapat diatur dengan cara membuka penuh atau menutup sebagian valve sesuai dengan kebutuhan. Hydrant valve dilengkapi coupling yang berfungsi menghubungkan antara selang dan valve. Hydrant box umumnya dipasang menempel di dinding ruangan, perkakas yang digunakna sama seperti perkakas pemadam pada outdoor. Namun, ukuran diameter selang indoor lebih kecil yaitu 1,5” jika dibandingkan selang pada outdoor yang berukuran 2,5”.

Perawatan terhadap hydrant box sangat dibutuhkan untuk menajaga agar perkakas dalam hydrant boxdapat tahan lama dan menghemat biaya penggantian alat. Baik jenis outdoor maupun indoor, selang setelah digunakan sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu sebelum disimpan kembali pada kotak hidran. Air merupakan media elektrolit yang dapat mengkorosikan material pada kotak hidran, oleh sebab itu, pengeringan merupakan salah satu upaya yang sangat dibutuhkan untuk menjaga hydrant box dan perlengkapannya.

 

Nuno adalah salah satu team kreatif patigeni.com yang selalu meningkatkan pengetahuan tentang sistem kebakaran, agar dapat berbagi dengan Anda melalui karya tulis yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa instalasi fire suppression system Jakarta

Jasa instalasi fire suppression system Jakarta Fire suppression system merupakan rangkaian proteksi…
Baca Selengkapnya

Perbedaan utama dari jenis-jenis Fire Sprinkler

Perbedaan utama dari jenis-jenis Fire Sprinkler Saat ini tersedia banyak sekali jenis…
Baca Selengkapnya

Bagaimana Cara Kerja Kitchen Suppression Systems?

Menurut data dari NFPA, 57% kebakaran restoran yang terjadi di US penyebab…
Baca Selengkapnya