Instalasi Manual Call Point

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Instalasi Manual Call Point
Untuk memenuhi kebutuhan keamanan dan keselamatan kerja, diperlukan pula upaya untuk mewujudkan antisipasi dan juga perlindungan bangunan dari potensi terjadinya bencana kebakaran. Ada banyak jenis sistem proteksi bencana kebakaran di pasaran sistem fire safety yang dapat dipilih sesuai dengan tingkat maupun jenis kebutuhan yang ada pada masing-masing bangunan. Salah satunya yang terbaik adalah fire alarm system.

Fire alarm system sebagai salah satu bentuk sistem perlindungan bencana kebakaran telah terbukti memberikan banyak sekali kontribusi berarti dalam mengantisipasi kedatangan bencana kebakaran, yaitu dengan fungsi utamanya sebagai sirine atau alarm kebakaran untuk memperingatkan seluruh penghuni bangunan mengenai kondisi darurat yang tengah terjadi sehingga mereka dapat bergegas untuk menyelamatkan diri hingga barang-barang yang berharga sebelum api kebakaran tersebut meluas dan membuat penghuni bangunan tersebut terjebak.

Di dalam rangkaian fire alarm system, terdapat beberapa komponen terpisah yang nantinya harus dibangun dan disesuaikan agar masing-masing fungsi dari komponen terpisah tersebut dapat membentuk suatu satu kesatuan fungsi fire alarm system. Salah satu jenis komponen tersebut yang memiliki peran yang sangat penting adalah komponen alarm yang nantinya akan berperan sebagai sirine peringatan.

Instalasi Manual Call Point oleh kontraktor berpengalaman

Untuk mengaktifkan alarm tersebut, dibutuhkan komando atau perintah yang berasal dari komponen control panel. Apabila terdapat gejala kebakaran yang ditangkap dari komponen detektor kebakaran, maka control panel akan menerima kiriman sinyal notifikasi dari komponen detektor kebakaran tersebut sehingga selanjutnya dapat diteruskan dengan proses pengaktifan alarm kebakaran secara otomatis. Namun terkadang, tidak semua jenis gejala kebakaran dapat ditangkap oleh sensor yang ada pada detektor kebakaran mengingat setiap jenis detektor kebakaran hanya mampu menangkap satu jenis gejala, seperti misalnya detektor asap yang hanya akan aktif apabila sensor menangkap muatan asap di udara dalam batas tidak normal dan tidak mungkin aktif apabila terdapat kenaikan suhu secara ekstrim karena gejala kenaikan suhu seharusnya menjadi sistem kerja dari detektor panas dan bukan detektor asap.

Oleh karena itulah, diciptakan komponen manual call point yang merupakan salah satu perangkat atau komponen yang menjadi bagian di dalam rangkaian fire alarm system di mana komponen manual call point ini adalah suatu perangkat inputan berupa tombol tekan atau switch yang dilindungi oleh lapisan kaca atau plastik. Sehingga, apabila ada salah satu penghuni bangunan yang menyaksikan kehadiran api yang berpotensi menjadi bencana kebakaran besar namun hal itu tidak tertangkap oleh komponen detektor kebakaran, maka alarm hanya bisa diaktifkan secara manual karena control panel tidak menerima sinyal notifikasi dari komponen detektor kebakaran.

Untuk mengaktifkan secara manual, kaca atau plastik pelindung pada komponen manual call point harus dipecahkan agar tombol tekan di dalamnya dapat segera ditekan sehingga alarm akan menyala. Oleh karena itu, saat melakukan konstruksi atau manual call point instalasi, hendaknya diperhatikan mengenai penempatan dari komponen manual call point tersebut. Penempatan manual call point seharusnya diletakkan pada tempat-tempatyang strategis sehingga dapat dengan mudah untuk ditemukan dan dijangkau. Namun, perhatikan pula tingkat keamanan penempatan tersebut jangan sampai komponen manual call point tersebut berisiko rusak akibat penempatan di lokasi yang berbahaya.

Sama halnya dengan penginstalasian komponen lainnya, untuk melakukan manual call point instalasi hendaknya dilaksanakan oleh tenaga kontraktor yang ahli dan berpengalaman serta bekerja berdasarkan petunjuk atau pedoman yang berlaku. Namun, sebelum  melakukan manual call point instalasi, pastikan semua daya listrik telah terputus dari loop dan pastikan kembali bahwa semua base yang terpasang serta kabel polaritas pada manual call point tersebut telah sesuai dengan petunjuk.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts
Harga Selang Hydrant Jakarta - Fire Hose Hooseki

Harga Selang Hydrant Jakarta Termurah dan Spesifikasinya

Anda sedang mencari harga selang hydrant di daerah Jakarta yang terjangkau? Jika…
Baca Selengkapnya
Toko Hydrant Jakarta - Komponen Hydrant System

Toko Hydrant Jakarta : Terlengkap dan Terbaik

Anda sedang mencari toko hydrant Jakarta dengan kualitas terbaik? Wah, Anda datang…
Baca Selengkapnya

Mau Refill APAR? Cek Harga Isi Ulang APAR Jakarta di Sini!

Harga isi ulang APAR Jakarta berbagai media pemadam api bisa Anda dapatkan…
Baca Selengkapnya