Jenis Nozzle Hydrant

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Jenis Nozzle Hydrant

Jenis Nozzle Hydrant

Pengaplikasian dari perangkat fire hydrant system bukan lagi hal asing dalam dunia fire fighting. Perangkat fire hydrant system merupakan salah satu solusi terbaik yang direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan sistem perlindungan yang mampu menjadi perangkat pemadam api kebakaran dengan fungsi yang nyaris setara dengan fungsi pada peralatan pemadaman petugas pemadam kebakaran.

Komponen Proteksi Kebakaran

Perangkat fire hydrant system ini juga menggunakan media pemadam yang sama dengan petugas pemadam kebakaran, yaitu dengan menggunakan sumber air yang memang telah terkenal sebagai media pemadam yang mampu digunakan untuk melawan dan mengatasi berbagai macam klasifikasi atau kelas api kebakaran. Tak hanya itu, sumber air yang digunakan sebagai media pemadam pada perangkat fire hydrant system tersebut ditampung pada satu konstruksi tangki atau bak yang khusus digunakan sebagai penampung persediaan air yang tentu saja terpisah dari sumber kebutuhan air bersih yang digunakan setiap harinya.

Hal ini tentunya membuat kapasitas supply air yang mampu dihasilkan oleh perangkat fire hydrant system menjadi lebih banyak sehingga dapat digunakan dalam upaya pemadaman dalam waktu lama ketika menangani api kebakaran yang besar dan tak terkendali sekalipun. Sehingga, apabila situasi darurat dan alat-alat pemadam portable maupun sistem proteksi kebakaran yang lain sudah tak lagi mampu menangani nyala api yang sudah terlanjur meluas dan tak terkendali, maka perangkat fire hydrant system ini mampu menjadi solusi untuk mengurangi hingga mematikan titik-titik api kebakaran dalam rangka memanfaatkan waktu selama menunggu kedatangan petugas pemadam kebakaran. Dengan begitu, maka risiko kerusakan atau kerugian pun dapat diminimalisir dengan diikuti upaya evakuasi penghuni bangunan yang menjadi lebih aman sehingga risiko korban luka ataupun korban nyawa dapat dihindari dengan baik.

Upaya pemadaman dengan menggunakan perangkat fire hydrant system ini sama dengan yang terlihat pada petugas pemadam kebakaran, yaitu dengan memanfaatkan fire hose atau selang pemadam kebakaran yang telah disambungkan pada perangkat output atau komponen keluaran supply air. Petugas kemudian harus membawa fire hose tersebut mendekati titik api dalam radius yang aman untuk kemudian mengaktifkan fungsi nozzle hydrant yang terpasang di ujung fire hose yang dibawa petugas.

Jenis Komponen Nozzle Hydrant

Nozzle hydrant ini sendiri merupakan satu komponen penting yang digunakan untuk mengaktifkan pancaran supply air yang telah terpompa keluar melalui perangkat ouput. Selain itu, nozzle hydrant ini juga dapat menahan atau mengehentikan pancaran air yang keluar. Dengan nozzle hydrant pula, besaran tekanan supply air serta besaran debit air juga dapat dikendalikan.

Pada umumnya, jenis nozzle hydrant terbagi menjadi dua buah jenis yang berbeda. Yang pertama adalah nozzle dengan jenis jet hydrant nozzle atau smooth hydrant nozzle. Jenis hydrant nozzle smooth bore atau jet ini mampu mengendalikan pancaran air yang keluar dalam bentuk lurus atau solid stream, dengan tekanan yang padat dan debit air yang besar. Selain itu, keunggulan penggunaan nozzle jenis smooth bore atau jet ini adalah kemampuan pancaran air yang dapat menembus jarak yang jauh sehingga petugas dapat aman berada pada jarak yang jauh namun tetap dapat memadamkan titik api dengan kemampuan pancaran air yang padat dan jauh sehingga dapat langsung menembus kobaran api menuju ke titik api sekaligus.

Selain jenis smooth bore atau jet nozzle hydrant, jenis nozzle hydrant yang kedua adalah jenis fog hydrant nozzle atau spray hydrant nozzle. Berkebalikan dari bentuk pancaran lurus atau solid stream yang dapat dihasilkan oleh smooth bore atau jet hydrant nozzle, bentuk pancaran dari fog atau spray hydrant nozzle cenderung menciptakan tirai atau semacam perisai air yang menyebar. Berbeda pula dengan tujuan jet atau smooth bore hydrant nozzle yang berfungsi untuk mematikan titik api dari jarak jauh, tujuan dari spray atau fog hydrant nozzle ini adalah untuk mendekati kobaran api namun tetap dalam kondisi aman karena paparan dari panasnya kobaran api serta risiko terjilat percikan api kebakaran telah dicegah oleh tirai air yang diciptakan oleh fog atau spray hydrant nozzle.

Biasanya, upaya mendekati kobaran api ini dilakukan dalam proses penyelamatan korban. Selain itu, tirai air ini juga sangat dibutuhkan dalam upaya akhir atau finishing ketika seluruh api kebakaran berhasil dipadamkan, yaitu untuk mendinginkan area terbakar serta mencegah risiko timbulnya kembali titik-titik api yang berpotensi menyala akibat tertiup angin atau karena radiasi panas.

Iskandar adalah pemilik website patigeni.com Bisnis perencanaan, kontraktor dan perawatan sistem kebakaran di Indonesia

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts
Aksesoris Hydrant - Aksesoris Hydrant

Aksesoris Hydrant dalam Sistem Fire Hydrant

Aksesoris hydrant merupakan komponen-komponen pendukung bekerjanya sistem fire hydrant. Lalu bagaimana kah…
Baca Selengkapnya
Pengertian Hydrant - Fire Hydrant

Pengertian Hydrant dan Cara Kerja Sistemnya

Pengertian hydrant dalam sebuah sistem proteksi kebakaran harus Anda ketahui sebagai pengguna…
Baca Selengkapnya

Cara kerja Beam Detector Fire Alarm

Cara kerja Beam Detector Fire Alarm Pendeteksian sinar / beam telah menjadi…
Baca Selengkapnya