MCFA Addressable VS Conventional, Pahami Bedanya.

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

MCFA Addressable VS Conventional,MCFA Addressable VS Conventional untuk kebutuhan proteksi industri Anda. Menilik kebutuhan sistem proteksi kebakaran kini semakin meningkat dari waktu ke waktu. Sejalan dengan perangkat sistem proteksi pun semakin variatif, mengikuti perkembangan kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks akan keselamatan dari ancaman kebakaran. Selain bertujuan menjaga keutuhan bangunan dari kemungkinan ancaman kerusakan fatal yang juga mampu memusnahkan harta benda dan dokumen berharga yang tersimpan di dalamnya, melakukan pemasangan perangkat sistem proteksi bahaya kebakaran juga dibutuhkan sebagai penjamin keselamatan nyawa dari orang-orang yang setiap harinya melakukan aktivitas ataupun rutinitas di dalam bangunan atau gedung tersebut.

Salah satu perangkat sistem proteksi kebakaran yang sangat efektif adalah fire alarm system atau sistem alarm kebakaran. Seperti nama perangkat sistem ini, fungsi utama dari fire alarm system ini adalah sebagai pemberi alarm kebakaran dengan cara mengaktifkan komponen alarm apabila sistem mendeteksi adanya gejala awal kebakaran seperti kondisi ruangan penuh asap atau suhu ruangan yang meningkat drastis.

Perbedaan MCFA Addressable VS Conventional

Pada dasarnya, fire alarm system ini dirancang menjadi dua model fire alarm system, yaitu fire alarm dengan sistem addressable dan fire alarm dengan sistem konvensional. Kedua jenis sistem fire alarm ini tentu saja memiliki perbedaan yang mencolok baik dari segi kinerja perangkat sistem hingga berbagai keunggulan serta kelemahan yang dimiliki oleh masing-masing model fire alarm system.

Jika berbicara mengenai MCFA addressable VS conventional, maka kita akan meninjau dari perbedaan-perbedaan yang menjadi keunggulan dan kelemahan dari masing-masing model sistem tersebut. Perbedaan mencolok dari kedua model sistem fire alarm ini terletak pada sistem pemonitoran serta terletak pada cost harga atau biaya pemasangan perangkat sistem.

Keunggulan MCFA Addressable

Ditinjau dari sistem pemonitorannya, fire alarm dengan sistem addressable memimpin dengan keunggulannya yang mampu memberikan informasi jauh lebih detail jika dibandingkan dengan fire alarm bersistem konvensional. Ketika fire alarm aktif dengan menyalakan bunyi alarm peringatan akan ancaman bahaya kebakaran, maka fire alarm yang memiliki sistem addressable mampu memberikan informasi monitoring melalui control panel utama yang dapat diintegrasikan melalui sistem komputer mengenai address atau alamat ID dari subsistem berupa detektor yang manakah yang mendeteksi titik pemicu kebakaran dan mengirimkan sinyal aktif menuju perangkat alarm sistem. Dengan adanya fitur informasi mengenai ID dari subsistem detektor secara persis, maka upaya pemadaman kebakaran dapat menghemat waktu karena tidak perlu mengecek zona demi zona luas dari gedung, melainkan langsung menuju ke tempat di mana subsistem detektor dengan ID yang tersensor pada monitor tadi dipasang.

Berbeda mencolok dari fire alarm dengan sistem addressable, fire alarm dengan sistem konvensional tidak mampu memberikan informasi monitoring yang sangat rinci hingga mendeteksi ID atau alamat address subsistem detektor pengaktif secara pasti, melainkan hanya mampu memberikan informasi monitoring yang hanya sampai pada zona manakah titik pemicu kebakaran dideteksi. Dibandingkan dengan titik pemasangan subsistem detektor yang alamatnya termonitor oleh sistem fire alarm addressable, mencari titik pemicu kebakaran hanya dengan berdasarkan informasi zona yang diberikan sistem fire alarm conventional tentunya akan sangat memakan waktu lama karena zona merupakan pembagian area terlindungi secara garis besar dengan setiap zona di dalam bangunan memiliki luas area tertentu.

Keunggulan MCFA Conventional

Biarpun fire alarm dengan sistem addressable unggul memimpin apabila ditinjau dari segi pemonitoran informasi terdeteksinya titik pemicu kebakaran, namun fire alarm dengan sistem konvensional unggul apabila ditinjau dari segi cost atau biaya pemasangan perangkat sistem. Dibandingkan dengan sistem addressable fire alarm, sistem conventional fire alarm hanya membutuhkan biaya atau cost penginstalasian yang jauh lebih rendah dan hemat dari biaya atau cost penginstalasian yang dihabiskan oleh sistem fire alarm dengan sistem addressable yang memiliki tingkat kecanggihan mesin yang lebih tinggi.

Setelah uraian akan perbedaan baik dari segi kelemahan hingga segi keunggulan dari masing-masing sistem fire alarm di atas, Anda selaku penanggung jawab bangunan harus benar-benar mengambil keputusan pilihan yang bijaksana sesuai dengan kebutuhan dan risiko ancaman bahaya kebakaran yang bangunan Anda miliki, dan bukan justru memikirkan keuntungan dalam segi finansial saja. Untuk ketepatan keputusan dalam memilih antara fire alarm dengan sistem konvensional ataukah dengan sistem addressable, Anda dapat melakukan konsultasi dan perencanaan bersama dengan perusahaan fire safety yang Anda percayai kredibilitasnya dalam melayani kebutuhan perlindungan bahaya kebakaran.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi hotline kami 0888-256-0888/  0888-0656-0888

Nuno adalah salah satu team kreatif patigeni.com yang selalu meningkatkan pengetahuan tentang sistem kebakaran, agar dapat berbagi dengan Anda melalui karya tulis yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya