Panduan Instalasi Fire AlarmKeberadaan suatu panduan instalasi fire alarm adalah bertujuan untuk memproteksi suatu bangunan beserta penghuninya yang sesuai dengan standar yang ditentukan. Hal yang perlu diperhatikan saat instalasi, berkaiatan dengan alarm kebakaran, pemadaman kebakaran dan kontrol kebakaran. Panduan instalasi fire alarm ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa kualitas, efektifitas, ketahanan dan keamanan setara.

Panduan Instalasi Fire Alarm yang Sesuai

Dalam proses instalasi, perlu adanya panduan instalasi sehingga proses instalasi dapat berjalan dengan lancar dan tanpa kendala. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Sebelum melakukan instalasi fire alarm sebaiknya melakukan perijinan terlebih dahulu kepada instansi yang berwenang dan bertanggung jawab memeberi persetujuan terhadapa alat, instalasi, metoda dan prosedur yang sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Menentukan penempatan panel control yakni sebaiknya pada ruangan yang dingin, hal ini bertujuan menjaga ketahanan modul elektronik. Selain itu diperlukan tempat yang rapi dan luas sehingga akan memudahkan saat ada perbaikan sistem. Selain itu tempatkan pada lokasi yang mudah dijangkau untuk mengantisispasi jika terjadi kebakaran, petugas yang berwenang dapat segera mengidentifikasi.
  3. Memperhitungkan penempatan lokasi zona dan detector yang terhubung pada panel control. Sebaiknya tinggi penempatan detector antara langit-langit dan lantai. Kemudian untuk daerah yang lebih sering terkena panas diberikan detector panas sehingga jika trejadi panas yang melampui batas settingan detector maka detector akan memberikan sinyal bahaya, selanjutnya untuk daerah yang lebih sering terkena kepulan asap sebaiknya digunakan smoke detector.
  4. Melakukan inspeksi, pengujian dan pemeliharaan. Setiap peralatan yang akan dilakukan instalasi harus dalam keadaan baik dan bisa diandalkan. Tanggung jawab untuk inspeksi , pengujian dan pemeliharaan harus ditentukan oleh pemilik kepada seseorang yang memiliki kewenangan penuh. Seseorang yang telah diberikan tugas harus bisa melaksanakan program dengan tepat dan dapat melakukan perubahan dan penambahan.
  5. Sesudah dipasang, perelatan harus diperiksa untuk memastikan bahwa peralatan fire alarm sudah dipasang dan dihubungkan dengan benar berdasarkan rekomendasi manufaktur.
  6. Diperlukan adanya pembersihan dan pemeliharaan. Terutama pada sbuah detector, membutuhkan pembersihan alat secara periodik untuk melepaskan debu atau kotoran yang menumpuk. Jadwal pemebersihan tergantung dengan tipe detector dan kondisi udara disekitar.

Melaksanakan Panduan Instalasi dengan Benar Bersama Patigeni

Panduan instalasi inilah yang akan menuntun proses dilakukannya instalasi bagi suatu perusahaan instalasi. Semua perusahaan instalasi wajib memenuhi penduan instalasi fire alarm dengan tepat dan sesuai dengan standart yang ditetapkan. Salah satu perusahaan instalasi, penjualan alat kebakaran, maintenance dan perbaikan fire alarm system yang terpercaya adalah Patigeni. Sudah banyak seseorang atau perusahaan yang bekerjasama bersama Patigeni untuk membangun instalasi fire alarm yang terjamin dan terpercaya. Dalam melaksanakan instalasi, Patigeni selalu menerapkan panduan instalasi dengan benar sesuai dengan standar SNI dan NFPA. Tenaga ahlinya juga selalu up to date terhadap perkembangan peralatan fire alarm terbaru dan proses instalasinya. Jika Anda membutuhkan jasa instalasi yang terpercaya, tentunya Patigeni adalah menjadi pilihan utama.