Sistem Perlindungan Kebakaran Rumah Sakit

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Dalam pembangunan Rumah Sakit, tentu ada pertanyaan. “Bagaimana merancang rumah sakit yang aman terhadap bahaya kebakaran?”. Kebanyakan Sistem Perlindungan Kebakaran Rumah Sakit dirancang untuk memberi peluang pada keselamatan bagi masing-masing individu dalam gedung dengan cara keluar dari gedung secepat mungkin jika berada pada keadaan darurat. Sayangnya, hal ini lebih sulit dilakukan di area rumah sakit karena penghuninya merupakan orang-orang yang sedang sakit yang memiliki kesulitan untuk menyelamatkan diri sendiri jika terjadi keadaan darurat. Untuk alasan ini, rumah sakit perlu rencana darurat yang khusus untuk memastikan bahwa semua pasien, dokter, perawat, ahli bedah dan staf rumah sakit lainnya dapat mengevakuasi penghuni rumah sakit dengan cepat dan aman pada saat terjadi kebakaran.

Sistem Perlindungan Kebakaran Rumah Sakit pola RACE

Sama seperti bangunan lain, sistem proteksi kebakaran disarankan untuk dipasang di rumah sakit karena merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk melindungi pasien dan staf dari kebakaran. Rumah sakit harus dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran, sistem sprinkler kebakaran, sistem alarm kebakaran dan suppresion system untuk melindungi aset rumah sakit beserta penghuninya.

Namun, hanya memiliki sistem proteksi kebakaran tidaklah cukup. Rumah sakit harus memiliki rencana keselamatan kebakaran untuk menjaga keamanan pasien jika dalam keadaan darurat. Pintu darurat biasanya disiapkan lebih dari satu untuk memudahkan penghuni keluar saat evakuasi darurat.

Rencana Keselamatan kebakaran di Rumah Sakit yang dibangun pun mengikuti pola RACE. RACE merupakan akronim dari:

R – Rescue. Rescue yang berarti penyelamatan.Langkah pertama dalam sebagian besar rencana keselamatan kebakaran rumah sakit cukup sederhana yaitu memastikan semua orang keluar dari rumah sakit seefisien mungkin. Karena beberapa pasien tidak dapat berjalan, langkah ini mencakup penyelamatan di tempat tidur, mengangkat dan membawa pasien, mendorong kursi roda. Oleh sebab itu, perlu diadakan pelatihan setiap beberapa bulan sekali dengan menggunakan manekin guna memastikian staf rumah sakit sudah akrab dengan prosedur yang tepat dalam menangani kebakaran.

A – Alarm. Tahap ini merupakan rencana keselamatan kebakaran rumah sakit yang sangat penting. bunyi alarm menandakan untuk secepatnya menyelamatkan diri dan memanggil pemadam kebakaran, mengaktifkan stasiun menggunakan manual call point, mengirimkan kode melalui sistem handset telepon – melakukan apa pun yang bisa dilakukan untuk mengingatkan orang mengenai keadaan darurat dan mendapatkan bantuan secepat mungkin.

C – Confine. Setelah tahap penyelamatan dan alarm, Anda harus mencoba untuk membatasi api secepat mungkin. Sebagian besar rumah sakit memiliki pintu berat dan tebal sebagai pembatas – pastikan masing-masing individu menutup pintu setelah melewati pintu. Membatasi api adalah salah satu langkah yang paling penting dari rencana keselamatan kebakaran rumah sakit, karena membatasi gerakan panas dan asap merupakan cara yang aman baik di dalam atau di luar rumah sakit.

E – Extinhguish. Seluruh staff rumah sakit harus mengenal dan mengetahui cara menggunakan alat pemadam kebakaran ( fire extanguisher). Mereka harus bertindak untuk memadamkan api secepat mungkin. Tahap ini merupakan rencana keselamatan kebakaran rumah sakit lanjutan yang harus dilakukan hanya jika evakuasi telah dimulai dan pemadam kebakaran sudah sisap dalam perjalanan.

Memiliki Sistem Perlindungan Kebakaran Rumah Sakit yang efektif dapat menjaga pasien dan staf aman dari kebakaran. Jika Anda memerlukan bantuan merancang rencana keselamatan kebakaran atau memperbarui sistem pencegah kebakaran rumah sakit,s egera hubungi PT Patigeni Mitra Sejati sebagai partner keselamatan anda.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya