Sistem Proteksi Kebakaran Pada Mesin BusSalah satu jasa transportasi di dunia yang sangat populer dan diminati adalah bus. Hampir semua kalangan mulai dari anak-anak sampai dewasa pernah merasakan menggunakan transportasi ini. Selain harganya yang murah, jangkauan luas, juga memiliki waktu yang lebih fleksibel jika dibandingkan dengan jasa transportasi lainnya seperti kereta api atau pesawat terbang yang umumnya hanya ada pada jam-jam tertentu.

Namun sebagai penumpang bus, pasti kita ingin menikmati bus dengan nyaman dan aman sampai tempat tujuan keberangakatan. Oleh karena itu, kepedulian perawatan dari seorang pemilik bus tentu sangat penting untuk meningkatkan pelayanan dan keamanan demi meningkatkan daya tarik dan kesejahteraan penumpangnya.

Herannya, saat ini banyak sekali kasus bus yang masih nekat beroperasi dalam keadaan yang kurang layak dan kurang adanya peralatan pendukung untuk memproteksi penumpang, pengemudi dan kendaraan itu sendiri. Kurangnya peralatan pendukung ini juga yang akhirnya menjadi salah satu faktor terjadinya kebakaran bus di dunia.

Sistem Proteksi Kebakaran Pada Mesin Bus sangatlah penting, Mengapa?

Minat yang luar biasa dari seorang penumpang bus tentu bisa saja menghilang jika kemungkinan kegagalan keamanan kurang adanya perhatian. Sebaiknya setiap detil bus yang akan beroperasi juga diperhatikan untuk menjamin keselamatan penumpangnya. Timbulnya kebakaran pada bus bisa diakibatan oleh beberapa hal, seperti sudah tuanya bus yang digunakan sehingga memiliki mesin yang aus dan mudah panas, kebocoran bahan bakar akibat pipa yang rusak dan konsleting listrik. Selain itu diakibatkan dari kurangnya ketersediaan peratalan kebakaran yang mumpuni dari pihak pemilik kendaraan.

Untuk itu diperlukan suatu alat pendeteksi pada mesin bus yang dapat digunakan sebagai pemberi peringatan kepada penumpang dan pengemudi jika ada tanda-tanda akan terjadi kebakaran. sistem proteksi kebakaran yang paling aman dan terjamin ramah lingkungan adalah guradAll gas suppression system dengan media gas liquid HFC227 yang sangat cocok untuk memadamkan kebakaran dari berbagai kelas. Sifatnya tidak merusak dan meninggalkan residu baik untuk mesin, barang elektronik, ruang arsip dan sebagainya.

Dalam penggunaan sistem proteksi kebakaran pada bus dapat digunakan secara langsung yakni menuju titik pusat api ( mesin kendaraan ). Cara kerjanya adalah detektor akan mendeteksi tanda-tanda kebakaran, selanjutnya akan mengaktifkan alarm sebagai peringatan kepada penumpang dan pengemudi bus, selanjutnya secara otomatis sistem akan langsung mengeluarkan media pemadam HFC227 pada area kebakaran. kerja yang cepat dan otomatis ini dapat menghambat adanya kerusakan parah yang diakibatkan oleh kebakaran, selain itu juga membantu menyelamatkan penumpang.

Selain alat yang dapat bekerja otomatis, juga penting adanya pengetahuan dari pemilik atau pengemudi bus untuk mengetahui cara penggunaan alat baik secara otomatis maupun manual. Sebab jika alat tidak dapat bekerja secara otomoatis, maka pengemudi dapat segera menggunakan alat secara manual untuk pemadaman. Semua sistem proteksi kebakaran pada mesin bus juga diperlukan adanya perawatan, pemeriksaan berkala, pengujian dan pemeliharaan yang baik selama proses penyimpanan maupun penggunaan. Dengan begitu kita dapat memastikan bahwa alat memiliki performa yang baik dan dapat bekerja dengan maksimal.

Untuk mendapatkan sistem proteksi kebakaran pada mesin bus yang original dan terpercaya, anda dapat menghubungi PT. Patigeni Mitra Sejati yang merupakan distributor resmi penyedia peralatan kebakaran lengkap dengan harga bersahabat. guadAll gas suppression system menjadi salah satu produk unggulan di Patigeni yang dapat segera anda miliki.