Storz Coupling Hydrant Nozzle

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Storz Coupling Hydrant NozzleDari berbagai jenis performa yang mampu ditawarkan oleh beragam macam sistem proteksi bahaya kebakaran yang diproduksi oleh berbagai perusahaan produsen, sebenarnya tak dapat dipungkiri bahwa masyarakat sesungguhnya membutuhkan suatu sistem perlindungan bahaya kebakaran yang mampu memberikan performa yang dapat membantu mengendalikan titik api pemicu kebakaran hingga yang dapat menangani kobaran api besar yang tak terkendali. Menilik peningkatan kebutuhan masyarakat akan sistem proteksi bahaya kebakaran yang mampu memberikan manfaat dalam upaya pemadaman nyala api kebakaran, maka lahir lah suatu sistem yang disebut dengan fire hydrant system.

Sistem hidran kebakaran yang memiliki kinerja hampir menyerupai perangkat pemadam yang ada pada mobil pemadam kebakaran, tak pelaknya telah menjadi solusi bagi para pemilik tempat usaha dalam kebutuhan sistem yang dapat menangani kebakaran besar saat peralatan pemadam api kebakaran jenis portable dengan kapasitas muatan pemadam terbatas tak lagi mungkin mampu mengatasi.

Storz Coupling Hydrant Nozzle, Apa Fungsinya

Masih sama halnya dengan ide kerja pada perangkat pemadam yang ada pada mobil pemadam kebakaran, fire hydrant system dirancang memang untuk pemanfaatan media sumber air sebagai muatan dalam melawan nyala api. Hal ini dipilih dengan beragam faktor dan latar belakang. Sumber air dinilai lebih terjangkau karena dalam penyediaan persediaan dalam jumlah atau kapasitas besar pun, biaya yang akan dihabiskan tentunya jauh lebih rendah apabila dibandingkan dengan biaya yang dapat dikeluarkan untuk menyediakan muatan jenis lainnya dalam kapasitas yang sama, misalnya muatan gas karbondioksida, bubuk kimia, dan lain sebagainya. Tak hanya dari segi biaya, penyimpanan muatan sumber air tentunya dinilai lebih aman dan mudah, begitu pula halnya ketika akan melakukan pengisian ulang persediaan. Sumber air juga dinilai efektif untuk menghadapi berbagai klasifikasi api kebakaran.

Pada fire hydrant system, muatan sumber air tersebut ditampung dalam sebuah tandon reservoir yang dibangun pada titik lokasi yang lumayan berjauhan dari komponen output hidran. Sehingga, dari sinilah kemudian dibutuhkan jalur perpipaan air sebagai media distribusi supply air agar bisa sampai menuju komponen output hidran baik pada komponen pillar hydrant untuk kebutuhan outdoor maupun komponen output yang ada pada hydrant box untuk kebutuhan indoor.

Storz Coupling Hydrant Nozzle, keunikannya

Masih satu prinsip dengan perangkat pemadam yang ada pada mobil pemadam kebakaran, dalam fire hydrant system juga dibutuhkan fire equipment yang nantinya akan dipasang untuk fungsi akhir sistem, yaitu untuk mendistribusikan supply air yang terpompa dalam tekanan tinggi agar dapat digunakan untuk menaklukkan titik-titik api kebakaran. Fire equipment tersebut pada umumnya terdiri dari selang pemadam atau yang familiar dikenal dengan fire hose yang memiliki dua buah ujung; ujung male untuk disambungkan pada katup atau valve yang ada pada komponen output, serta ujung female yang harus disambungkan pada komponen aksesoris hydrant nozzle.

Dalam menyambungkan kedua ujung selang pemadam tersebut, dibutuhkan masing-masing satu buah coupling untuk menyambungkan dengan cara memutar. Di Indonesia, pada umumnya sering dijumpai beberapa jenis coupling terbaik yang diaplikasikan pada fire equipment untuk kebutuhan fire hdyrant system, seperti misalnya coupling jenis storz.

Coupling storz ini memiliki keunggulan yang sangat unik jika ditinjau dari segi desainnya, karena coupling jenis storz tersebut dirancang dengan model hermaphrodite yang berarti tak mengenal jenis male atau female sehingga ketika proses pemasangan fire hose, petugas tak perlu menghabiskan waktu untuk memutar-mutar ujung selang, sehingga satu coupling dapat digunakan baik untuk ujung male atau female sekaligus. Tak hanya itu, ulir pada Storz Coupling Hydrant Nozzle juga dirancang lebih ringkas sehingga dalam proses pemasangan, hanya dibutuhkan ¼ kali putaran dari jumlah putaran yang umumnya dibutuhkan pada pemasangan untuk coupling jenis yang lain, sehingga tentunya hal ini akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi coupling storz jika ditilik dalam segi kecepatan waktu pemasangan.

Untuk coupling yang akan digunakan dalam penyambungan fire hose dengan komponen aksesoris hydrant nozzle, umumnya telah terpasang atau tersedia bersamaan dengan komponen hydrant nozzle tersebut, sehingga dikenal dengan hydrant nozzle jenis Storz hydrant nozzle. Storz Coupling Hydrant Nozzle merupakan jenis hydrant nozzle dengan coupling yang berkualitas tinggi karena telah terbukti dipercayai sebagai standard coupling dalam fire hose connection yang harus digunakan pada rangkaian sistem proteksi bahaya kebakaran di berbagai negara besar seperti Yunani, Swiss, Portugal, Jerman, Belanda, Australia, Austria, Denmark, hingga Swedia.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya