Berapa Ukuran Nozzle Pemadam yang sering digunakan di Indonesia?

Ukuran Nozzle Pemadam

Jika kita perhatikan alat pemadam kebakaran, maka ada banyak sekali bagian yang disusun secara rapi, mulai dari tangki, pipa, box, dan selang, dan nozzle. Nozzle pemadam adalah sebuah alat yang digunakan oleh para petugas pemadam kebakaran untuk mengarahkan air bertekanan yang berasal dari pipa hydrant, baik itu berasal dari box hidrant indoor yang biasanya berada di dalam sebuah gedung, dari hydrant pillar yang berasal dari luar gedung, maupun air yang berasal dari tangki pemadam kebakaran yang biasanya digunakan oleh para pemadam kebakaran. Nozzle pemadam terletak di ujung selang sehingga seperti senter air yang memadamkan api.

Ada banyak model nozzle yang digunakan oleh para pemadam kebakaran, salah satunya adalah jet nozzle. Ini adalah nozzle yang pada bagian ujungnya runcing. Nozzle ini sangat cocok digunakan oleh para pemadam kebakaran, terutama untuk memadamkan api dari jarak yang jauh karena nozzle ini bisa memancarkan air lurus ke api. Selain itu, nozzle ini juga daya semprotnya jauh, yaitu bisa mencapai 5 meter dari nozzle itu sendiri. sementara nozzle yang lain disebut dengan straigh variable nozzle, yaitu nozzle yang bisa menghasilkan kabut air yang tipis dan luas.

Ukuran Nozzle Pemadam yang sering digunakan

Ada dua macam ukuran standard dari nozzle pemadam ini, yaitu nozzle yang berukuran 1.5 dan yang berukuran 2.5. Untuk nozzle yang berukuran 1.5 ini biasanya digunakan untuk pemadam kebakaran yang berada di dalam ruangan. Sementara untuk nozzle yang berukuran 2.5 biasanya digunakan untuk pemadam kebakaran yang dipasang di luar ruangan atau juga digunakan oleh para petugas pemadam kebakaran. Untuk nozzle yang kedua ini ukurannya lebih panjang sehingga sangat pas ketika digunakan di luar ruangan yang kondisinya lebih luas dan lebih rumit.

Sementara untuk bahan pembuatan nozzle yang standard kebanyakan dibuat dari bahan kuningan dan alumunium. Mengapa? karena kedua bahan ini ringan jika diangkat sehingga mudah untuk digunakan. Meskipun ringan tapi kuningan dan alumunium tidak mudah terbakar sehingga sangat pas jika digunakan untuk memadamkan kebakaran.

Dari kedua jenis ukuran nozzle di atas, anda bisa membeli sesuai dengan kebutuhan. Jika akan digunakan di dalam ruangan maka lebih pas jika anda menggunakan nozzle yang berukuran 1.5 tapi jika akan ddigunakan untuk luar ruangan maka pilihlah nozzle yang berukuran 2.5. untuk bahannya juga bisa disesuaikan dengan dana karena pastinya antara nozzle yang terbuat dari kuningan dan alumunium harganya berbeda.

Itulah pembahasan tentang ukuran nozzle pemadam. Semoga bermanfaat.