Kebakaran menimpa Bandara Nabire Papua pada Selasa (23/04/2019). Si jago merah melahap bangunan kantor perhubungan di sana.

Lalu bagaimana fakta-fakta yang sebenarnya terjadi di sana? Simak informasi lengkapnya pada artikel berikut ini!

Fakta Terbakarnya Bandara Nabire Papua

Bandara Nabire Papua - Kebakaran Bandara

Sumber: KOMPAS.com/Dhias Suwandi

Kebakaran dapat terjadi di mana saja, baik pada bangunan pabrik, maupun bangunan fasilitas publik seperti mall, pelabuhan, dan bandara. Kali ini, si jago merah melahap Bandara Douw Aturure, yakni bandar udara di Kabupaten Nabire, Papua.

Terbakarnya bandara tersebut terjadi pada Selasa, 23 April 2019 pukul 12.30 WIT. Unit terbakar adalah kantor perhubungan yang berada di Bandara Nabire Papua.

Menurut Kapolres Nabire AKBP Sonny M. Nugroho, kebakaran diakibatkan oleh hubungan pendek arus listrik. Korsleting listrik mengakibatkan sebuah AC meledak dan kemudian menjadi pemicu terbakarnya kantor perhubungan tersebut.

Beruntungnya tidak ada korban dalam peristiwa ini. Aktivitas penerbangan di Bandara Nabire Papua pun dapat berjalan seperti biasa.

Belum diketahui pasti berapa kerugian yang diakibatkan oleh kebakaran ini. Namun, kerugian ditaksir mencapai 3 miliar rupiah.

Solusi untuk Mencegah Kebakaran Kantor Perhubungan di Bandara

Nah, setelah mengetahui fakta-fakta terbakarnya Bandara Nabire Papua, sekarang Anda tersadar bukan bahwa kebakaran dapat terjadi di mana saja dan kapan saja. Korsleting listrik pun menjadi salah satu penyebab paling umum terjadinya kebakaran.

Lalu bagaimana cara memproteksi bandara agar dapat terhindar dari kebakaran? Ada baiknya kita menilik lebih dalam tentang hal ini.

Sebuah bangunan setidaknya wajib memiliki alat pemadam api ringan (APAR) untuk memproteksinya dari kebakaran. Untuk media APARnya sendiri pun tidak sembarangan, Anda harus menilik klasifikasi kelas kebakaran terlebih dahulu.

Jika mengingat kebakaran diakibatkan oleh korsleting listrik, sebaiknya media APAR yang digunakan adalah media powder dan CO2. Pasalnya, keduanya tepat untuk mengatasi kebakaran yang diakibatkan oleh penggunaan alat elektronik.

Namun, mengingat bandara merupakan bangunan besar dan sebuah fasilitas publik, kiranya APAR saja tidak cukup untuk mengatasi kebakaran ini. Ada baiknya bila pada sebuah bandara memiliki sistem proteksi kebakaran.

Bandara Nabire Papua - Fire Sprinkler

Untuk kantor perhubungan, sebaiknya menggunakan fire sprinkler system. Sistem ini merupakan sistem proteksi kebakaran yang menggunakan media air.

Sementara untuk ruangan pada bandara yang memiliki banyak peralatan elektronik, seperti ruangan server, bisa menggunakan fire suppression system dengan media HFC-227ea.

Media ini merupakan media clean agent, atau yang tidak meninggalkan residu. Sangat tepat untuk ruangan yang berisi benda elektronik, media ini tidak bersifat konduktor dan tidak pula merusak alat-alat elektronik.

Pada sistem ini, bisa digunakan smoke detector. Dimana bila alat pendeteksi menangkap adanya asap, maka sistem ini otomatis mengeluarkan medianya hanya dalam kurun waktu 10 detik. Sehingga sistem ini akan dengan cepat mengatasi kebakaran sebelum api menyebar.

Pada fire sprinkler dan fire suppression system dapat juga dilengkapi dengan alarm, yakni ketika detektor menangkap adanya tanda-tanda kebakaran, akan terdapat notifikasi di lokasi titik kebakaran. Apabila terjadi false alarm, sistem ini dapat dimatikan dari master control panel.

Kebakaran pada Bandara, Jangan Sampai Terulang Kembali

Nah, kini Anda sudah paham tentang proteksi kebakaran yang tepat untuk kantor perhubungan, bukan? Kini saatnya memaksimalkan proteksi tersebut dengan mempercayakan proteksi kebakaran Bandara pada Patigeni.

Patigeni merupakan kontraktor fire system yang telah dipercaya oleh banyak perusahaan dan lembaga untuk melindungi aset yang dimiliki. Tak hanya itu, kami juga mendistribusikan sendiri perlengkapan isntalasi fire system.

Tak hanya sprinkler dan fire system lainnya, kami juga menjual APAR berkualitas. Bahkan, kami juga telah mengenalkan aplikasi Firecek yang akan memudahkan pengguna untuk mengontrol kelayaka da masa berlaku APAR yang dimiliki.

Jika masih ada pertanyaan, silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar di bawah ini. Atau, Anda pun bisa menghubungi kami di menu contact us!

Bandara Nabire Papua - Jasa Instalasi Fire System