Cara Kerja Detektor Asap Rokok

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Cara Kerja Detektor Asap RokokSemakin maraknya pengguna rokok yang tidak hanya dari kalangan remaja namun juga yang sudah dewasa tentunya harus pisahkan dari area yang berbahaya untuk merokok. Dengan ini, maka detektor asap rokok biasanya digunakan sebagai pencegah. Banyak sekolah- sekolah yang menggunakannya untuk mengurangi tingkat merokok dikalangan remaja, biasanya diletakkan di kamar mandi dan bahkan di luar daerah tertutup.

Pada kantor- kantor pun biasanya menggunakan alat ini untuk mejaga keadaan lingkungan kantor dari pencemaran asap dan menurunkan resiko kebakaran. Pada artikel ini kita akan mempelajari tentang bahaya asap rokok dan alat yang digunakan untuk mencegahnya yakni detektor asap rokok serta cara kerja detektor asap rokok tersebut.

Asap Rokok Berbahaya

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa asap rokok juga berbahaya, tampaknya memang api yang ditibulkan sangat kecil namun asap yang dihasilkan dari terbakarnya tembakau ternyata akan menimbulkan gas yang membahayakan dan mencemari udara. Selain itu, api yang dihasilkan juga berbahaya terutama jika kita membuang bekas rokok yang masih  hidup pada daerah yang salah.

Misalnya saja terdapat minyak atau cairan dan benda lain yang mudah terbakar, tentunya akan menyebabkan kebakaran pada daerah tersebut. Untuk itu perlu diantisipasi gejalanya sejak dinidengan penggunaan detektor asap rokok.  Selain menggunakan alatnya saja, kita juga perlu mengetahui bagaimana cara kerja detektor asap rokok hingga menimbukan suara alarm yang nyaring.

Cara Kerja Detektor Asap Rokok, memahami fungsinya

Cara kerja detektor asap rokok adalah dengan mendeteksi adanya gejala yakni jika area dalam keadaan normal dan sensor pada detektor asap rokok ini tidak mendeteksi adanya asap rokok, maka semua outputan yang berda pada rangkaian detektor asap adalah akan berada pada kondisi normal pula (off) dan tegangan output yang dihasilkan sangat kecil. Sedangkan apabila detektor asap rokok ini mendeteksi adanya gejala penggunaan asap rokok di lingkungan tersebut, maka keluaran sensor akan menghasilkan sebuah pulsa positif dan sensor tersebut akan berada pada kondisi high dengan tegangan output yang besar.

Bahkan jika semakin pekat kadar asap rokok yang terdeteksi oleh sensor, maka semakin besar tegangan output yang dihasilkan. Hasil keluaran dari sensor tersebut merupakan hasil masukan dari komparatornya. Keluaran sensor tersebut akan dibandingkan dengan suatu tegangan referensi yang telah ditentukan. Jika tidak terdeteksi adanya asap rokok maka keluran dari komparator tersebut akan high, sedangkan jika terdeteksi adanya asap rokok maka tegangan dari komparator akan low.

Keluaran dari komparator tersebut merupakan masukan dari rangkaian mikrokontroler, dimana mikrokontrler ini berfungsi sebagai peengendali outputan berupa kipas dan pemutar suara (alarm). jika mikrokontroler tersebut mendeteksi adanya sinyal low dari komparator maka akan mengaktifkan suara alarm dan rangkaian kipas yang digunakan sebagai penetral udara di dalamnya.

Dari serangkaian cara kerja detektor asap rokok inilah yang kemudian akan menimbulkan suara alarm saat ada pengguna rokok pada ruangan yang dilarang penggunaannya. Sehingga bagi pemilik bangunan dapat segera mengantisipasi keadaan dengan memberikan peringatan kepada pengguna rokok di daerah itu untuk berhati-hati dan menghindari area tersebut saat sedang merokok, karena mungkin termasuk area sensitive asap rokok maka akan berbahaya jika merokok pada area tersebut.

 

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya