Cara kreatif mengajarkan anak mengenal bahaya Kebakaran

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Cara kreatif mengajarkan anak mengenal bahaya KebakaranKeselamatan kebakaran bukanlah topik lucu untuk anak-anak. Namun demikian, anak-anak juga harus mengetahui dasar-dasar tentang hal tersebut, sehingga mereka dapat menghindari risiko jika menghadapi kebakaran di kemudian hari. Semuanya harus dijelaskan, direncanakan, dan dipraktikkan dengan penyesuaian khusus anak-anak. Situasi dan kondisi darurat karena kebakaran bisa terjadi kapan saja, sehingga Anda dan anak-anak perlu dipersiapkan sedini mungkin. Oleh karena itu, sangat tepat jika mengajarkan perihal bahaya api dan kebakaran kepada anak-anak dengan cara lebih kreatif.

Anak-anak harus tahu begitu bahayanya api

Disarankan untuk mengajar mulai dari dasar-dasarnya. Dimulai dengan menjelaskan kepada mereka apa api dan bagaimana berbahayanya. Memberitahu mereka bagaimana api mudah dan cepat dapat menyebar dan apa yang dapat menyebabkannya. Tak kalah pentingnya, mereka memperingatkan tentang bahaya asap. Sebagai contoh, api bisa menghancurkan sebuah kamar dalam waktu 30 detik saja. Oleh karena itu mereka perlu tahu bagaimana harus bertindak cepat.

Cara untuk menarik perhatian anak-anak untuk masalah ini, yaitu memberitahu mereka tentang bahaya ini seolah-olah mereka akan menjadi pahlawan dari cerita petugas pemadam yang fantastis. Namun, jangan pernah berbohong kepada anak-anak seolah-olah tidak ada yang bisa terjadi jika mereka tidak bereaksi. Hal itu akan mendorong mereka untuk menjaga diri aman dengan menekankan bahwa tindakan itu paling heroik yang bisa mereka lakukan.

Siapkan rencana evakuasi dengan rute pelarian yang berbeda

Bangunan yang berbeda memerlukan rencana evakuasi yang berbeda yang juga disesuaikan dengan karakteristik khusus untuk anak-anak. Periksa juga berbagai properti di dalam rumah untuk membuat rencana evakuasi sesuai dengan rute pelarian tersebut. Cara untuk menarik perhatian mereka untuk masalah ini, yaitu membicarakan dan merencanakan rute pelarian tersebut dengan melibatkan seluruh anggota keluarga, tak terkecuali anak-anak. Ide yang baik dengan menggambar peta rumah Anda dengan rencana evakuasi sembari menjelaskan kepada anak-anak agar lebih mudah mereka  memahaminya. Sementara itu, cara terbaik agar anak-anak cepat menghafal rute pelarian, yaitu dengan mengulang lebih dari sekali. Ibaratkan saja menyerupai rute ke pulau harta karun agar bisa menemukannya dengan mudah dan cepat.

Cara kreatif mengajarkan anak mengenal bahaya Kebakaran dengan prakterk berkala

Berlatihlah Anda bersama keluarga rencana evakuasi saat terjadi kebakaran setidaknya dua kali setahun. Lagipula, hal ini akan menjadi waktu yang baik juga untuk menguji alarm asap di rumah masih berfungsi baik atau tidak. Dengan cara itu, Anda dapat melihat bagaimana keluarga Anda akan bereaksi dalam keadaan darurat di kondisi nyata. Cobalah untuk selalu meningkatkan waktu yang diperlukan untuk keluar dari rumah menggunakan rute melarikan diri yang sudah dibuat. Pasalnya, waktu yang direkomendasikan maksimal 3 menit untuk semua orang untuk keluar dari rumah saat terjadi kebakaran.

Anak-anak tetap diajak berlatih latihan kebakaran di sekolah, sehingga tidak akan menjadi sesuatu yang sulit untuk menjelaskan. Pilih titik pertemuan di luar rumah dan jangan pernah mengubahnya. Latihan kebakaran bersama anak-anak seperti itu bisa dibuat seperti permainan, di mana Anda semua melarikan diri dari api naga. Pertama, menguji alarm asap Anda sehingga mereka ingat mereka perlu untuk mengevakuasi rumah jika mendengar alarm berbunyi nyaring. Tidak ada salahnya membuat lebih menantang dengan berpura-pura bahwa pintu darurat utama diblokir dan Anda perlu mencari jalan keluar lain. Ingatlah untuk membiarkan pengasuh anak juga tahu semua rute pelarian dan indikasi.

Jika terlihat api tak wajar, segera meninggalkan rumah

Jika api mulai terlihat tak wajar, segera tinggalkan rumah. Anda bahkan tidak harus menelepon kantor pemadam kebakaran. Pasalnya, orang lain dapat membuat panggilan di luar sana sebagai salah satu bantuan. Mengetahui jalan keluar dari rumah yang terbakar harus selalu tujuan rencana evakuasi Anda. Fokus utamanya adalah keluar dari rumah dengan cepat dan aman. Cara untuk menarik perhatian mereka untuk masalah ini, yaitu beritahu anak Anda, mereka tidak pernah harus naik lift dalam kasus kebakaran. Hal ini sebagai perintah bahwa ketika ada kebakaran, lift secara otomatis dinonaktifkan dan mereka harus berjalan menuruni tangga untuk menemukan pulau harta karun yang hilang.
Periksalah semua pintu rumah dengan teliti

Jika Anda berada di sebuah ruangan dengan pintu tertutup ketika kebakaran dimulai. Anda harus memeriksa apakah ada asap atau panas yang masuk melalui celah-celah di sekitar pintu. Jika ini terjadi, jangan dibuka. Cobalah sentuh pintu tersebut, jika panas tak perlu membukanya. Anda cukup memeriksa gagang pintu dengan hati-hati. Jika itu juga panas, pintu harus tetap tertutup dan Anda harus pergi keluar menuju jalan keluar secepatnya.

Cara untuk menarik perhatian mereka untuk masalah ini, yaitu mungkin saja anak-anak akan ditinggalkan sendirian di kamar dengan pintu tertutup. Semua yang Anda butuhkan untuk mengingatkan mereka adalah mengikuti Anda sebagai petunjuk orang dewasa. Selanjutnya, meminta mereka untuk berkontribusi heroik dengan mengingatkan Anda untuk memeriksa apakah pintu telah panas.

Hati-hati dengan asap

Dalam peristiwa kebakaran, asap bisa lebih berbahaya karena menyebabkan sesak napas yang disebabkan oleh menghirup gas. Jika Anda berbaring di tanah, Anda tidak akan terkena asap. Namun demikian, Anda harus memperhitungkan bahwa asap secara alami akan naik di udara. Jadi, jika ada asap di rute pelarian, jatuhkan tubuh ke lantai dan merangkak di bawah asap. Anda dapat menggunakan sepotong pakaian atau handuk basah di mulut Anda untuk menjaga dari agar tak menghirup asap.

Cara untuk menarik perhatian mereka untuk masalah ini, yaitu beritahu anak Anda bahwa ketika kebakaran dimulai, ada beberapa kendala untuk menghadapi untuk mengalahkan api naga. Jelaskan asap naga bisa berbahaya dan itulah alasan mengapa mereka harus menjatuhkan diri ke tanah dan merangkak dengan sepotong pakaian basah untuk menutupi mulut. Selanjutnya, anak-anak itu disuruh mengikuti orang dewasa untuk rute melarikan diri.

Tetapi bagaimana jika Anda tidak bisa keluar langsung?

Jika lantai dasar terbakar, dan tidak ada cara untuk melarikan diri, pergi ke atas bangunan dan membuka jendela untuk melarikan diri. Mungkin jendela adalah satu-satunya cara petugas pemadam kebakaran dapat melihat Anda. Selanjutnya, cobalah untuk berteriak ‘KEBAKARAN’ dari jendela yang terbuka untuk menarik perhatian seseorang. Jika tidak, segera menelepon kantor pemadam kebakaran dari ponsel yang Anda miliki.

Cara untuk menarik perhatian mereka untuk masalah ini, yaitu ajarkan mereka bagaimana cara membuka jendela dan berteriak minta tolong. Praktikkan langkah ini secara rutin dan sebaik-baiknya agar Ini adalah sesuatu yang dapat Anda meminta mereka secara berkala.

Jika Anda terjebak dalam ruangan

Jika Anda terjebak dalam sebuah ruangan, tetap panas dan asap melalui pintu dengan menghalangi celah-celah di sekitar pintu dengan selimut, seprai atau pakaian yang Anda miliki di tangan. Jika ada jendela di dalam ruangan, buka dan tinggal di depan kecuali Anda dapat melarikan diri dari itu. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi petugas pemadam kebakaran untuk melihat di mana Anda berada dan membantu Anda.

Cara untuk menarik perhatian mereka untuk masalah ini, yaitu anak-anak harus mengikuti petunjuk orang dewasa. Dalam hal ini dapat kendala ‘naga’ yang harus dihadapi pada petualangan ini. Dengan begitu, dapat mengingatkan mereka untuk membantu Anda melawan naga dengan membuka jendela seperti Anda sebelumnya telah mengajarkan mereka.

Bagaimana jika pakaian Anda terbakar?

Jika pakaian Anda terbakar, jangan panik dan segera lakukan cara berikut. Jatuh ke tanah dan bergulingan sembari menutupi wajah Anda dengan tangan. Hal ini memastikan udara terputus dan api dapat dipadamkan. Jadi selalu ingatlah, BERHENTI, DROP & ROLL.

Cara untuk menarik perhatian mereka untuk masalah ini, yaitu ketika mengajar anak-anak tentang rencana keselamatan kebakaran dan evakuasi. Selain itu, mengingatkan mereka akan pentingnya berhenti, turun, dan beguling saat api naga menjangkau mereka. Cara ini akan menjadi latihan bermanfaat untuk mendorong menghafal jika Anda berlatih 3 langkah sederhana dengan mereka. Selain itu, Anda bersama anak-anak akan lebih aman jika berpakaian dengan pakaian tidur tahan api di malam hari.

Anak-anak harus tetap tenang

Tentunya itu bukan tantangan mudah, tetapi Anda harus mengajar anak-anak Anda untuk menjadi berani. Selain itu, mengajar diri sendiri untuk tetap tenang agar tidak menanamkan rasa takut di dalamnya. Mereka tidak harus bersembunyi di bawah tempat tidur atau di lemari karena jika mereka lakukan, petugas pemadam kebakaran sulit menemukan mereka. Anak-anak mungkin akan khawatir tentang mainan favorit mereka. Tak perlu khawatir, kecuali yang dikhawatirkan adalah hewan peliharaan. Lepas dari itu semua, anak-anak harus memahami betapa pentingnya keselamatan diri mereka sendiri. Pada saat terjadi kebakaran di rumah, satu hal penting dan utama harus dijalankan  adalah anak-anak dan diri Anda keluar dengan aman, dan sekali keluar, tidak perlu datang kembali ke dalam rumah.

Cara untuk menarik perhatian mereka untuk masalah ini, yaitu Anak-anak juga suka petugas pemadam kebakaran. Anda dapat memberitahu mereka bagaimana cara membantu petugas pemadam kebakaran jika terjadi kebakaran. Bermain dengan pemadam kebakaran dan mencontohkan semua yang mereka butuhkan untuk diingat saat bermain. Selalu ingat untuk menjadi sensitif ketika datang ke mainan atau hewan peliharaan mereka. Namun, juga menunjukkan keseriusan ketika Anda mengingatkan anak-anak mengenai hal yang paling penting, yaitu keselamatan mereka.

 

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa instalasi fire suppression system Jakarta

Jasa instalasi fire suppression system Jakarta Fire suppression system merupakan rangkaian proteksi…
Baca Selengkapnya

Perbedaan utama dari jenis-jenis Fire Sprinkler

Perbedaan utama dari jenis-jenis Fire Sprinkler Saat ini tersedia banyak sekali jenis…
Baca Selengkapnya

Bagaimana Cara Kerja Kitchen Suppression Systems?

Menurut data dari NFPA, 57% kebakaran restoran yang terjadi di US penyebab…
Baca Selengkapnya