checklist pemeliharaan hydrant

Sistem fire hydrant adalah salah satu jenis fire protection yang tersusun oleh banyak komponen seperti:

Komponen-komponen tersebutlah yang akan membawa air bertekanan menuju titik api untuk memadamkan api. Nah, untuk itu, maka tiap komponen harus dalam performa maksimalnya. Jika tidak, bisa-bisa api gagal dipadamkan karena sistem fire hydrant tidak dapat bekerja.

Lalu, bagaimana cara untuk merawat sistem fire hydrant? Silakan cek tipsnya di bawah ini!

Tips Merawat Hydrant Sesuai Checklist Pemeliharaan Hydrant

Inspeksi fire hydrant bisa dimulai dari pengetesan pompa atau fire pump. Pengecekan fire pump pompa sebaiknya dilakukan satu minggu sekali dengan cara mengaktifkannya sekitar 10 menit. Selain itu, lakukan pengecekan dengan mengikuti langkah di bawah ini:

  • Cek kopling pada sistem perpipaan
  • Periksa katup sirkulasi untuk mecegah overheating pada pompa hydrant
  • Lakukan pengecekan pada tamper dan aliran switch
  • Tes tekanan dan laju aliran dari pompa keluar

Checklist Pemeliharaan Hydrant

Perhatikan juga saat pompa hydrant diaktifkan, adakah kebocoran atau komponen hydrant yang rusak. Jika ditemukan kerusakan sebaiknya segera dilaporkan dan dilakukan servis atau penggantian komponen. Sehingga, sistem fire hydrant tetap dapat bekerja secara optimal.

Monitoring Hydrant Mudah Pakai Smartphone

Meskipun sistem fire hydrant sudah kita rawat, inspeksi dan maintenance secara berkala, namun masih mungkin ada hal-hal yang terjadi di luar kontrol. Oleh sebab itu, instalasi fire hydrant harus di-monitor selama 24/7, untuk meminimalisir error dan kebocoran, apakah mungkin untuk memonitornya setiap saat dengan mudah? Mungkin!

Kini, ada aplikasi monitoring fire hydrant bernama Welmo! Aplikasi ini dapat digunakan untuk me-monitor fire hydrant selama 24/7 cukup dengan menggunakan smartphone, canggih bukan? Aplikasi ini akan memberikan notifikasi pada smartphone Anda, jika hal di bawah ini terjadi:

  • Ada kebocoran pada groundtank/water reservoir
  • Supply air di bawah standar
  • Pompa hydrant aktif
  • Kebocoran atau kerusakan pada instalasi fire hydrant
  • Terjadi kebakaran

Checklist Pemeliharaan Hydrant Mudah

Tentunya jika ada kerusakan dapat dideteksi lebih awal akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda. Ingin mencoba langsung aplikasi ini? Segera klik di sini!

checklist pemeliharaan hydrant sni, checklist pemeliharaan hydrant damkar, checklist pemeliharaan hydrant k3, download checklist pemeliharaan hydrant pdf