Mall Thamrin City Terbakar, Begini Fakta-faktanya!

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
KORAN KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Mall Thamrin City terbakar pada Kamis, 28 Februari 2020. Kebakaran tersebut meludeskan tiga lapak pedagang di lantai dasar pusat perbelanjaan daerah Tanah Abang tersebut.

Fakta-Fakta Kebakaran Mall Thamrin City

Mall Thamrin City membuat heboh pengunjungnya pada Kamis (28/02). Kali ini bukan karena promo diskon belanja, melainkan kobaran api yang menimpa lantai dasar mall tersebut.

Kebakaran tersebut terjadi pukul 09.00 WIB. Sebuah lapak pedagang terbakar dan menyebar ke area terdekatnya. Total lapak terbakar menjadi tiga unit.

Mall Thamrin CIty Kebakaran(Dok: Polda Metro Jaya)

Kebakaran pun dipadamkan oleh petugas jaga dengan sprinkler dan APAR. Namun sayang, ketiga lapak tersebut sudah ludes dilahap api.

Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Kerugian yang diakibatkan oleh kebakaran di lantai dasar Mall Thamrin City ini ditafsir mencapai 20 juta rupiah.

Pihak Damkar pun turut menerjunkan lima unit mobil pemadamnya. Menurut petugas berwajib, kebakaran diakibtakan oleh korsleting listrik di salah satu lapak pedagang.

Kegagalan Proteksi Kebakaran Mall

Sebagai pusat perbelanjaan dan bangunan publik, tentu saja Mall Thamrin City membutuhkan proteksi kebakaran. Seperti yang sudah diketahui dari fakta-fakta di atas, Mall Thamrin sudah benar dengan instalasi sprinkler dan pengadaan APAR.

Lalu, mengapa kebakaran masih bisa membara dan menghanguskan tiga lapak pedagang? Berikut beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab gagalnya fire sprinkler:

Mall Thamrin CIty - FIre Sprinkler

1. Gate Valve Tertutup

Salah satu faktor gagalnya fire sprinkler adalah tertutupnya gate  valve pada sistem. Pasalnya, gate valve merupakan komponen yang akan mengalirkan air pada jaringan fire sprinkler. Jika gate valve tertutup, tentunya fire sprinkler tidak akan mengeluarkan medianya.

2. Tidak Ada Water Supply

Hal lain yang dapat menggagalkan bekerjanya fire sprinkler adalah tidak adanya water supply. Seperti yang kita ketahui, media pada fire sprinklers umumnya menggunakan media air.

Sama halnya dengan motor yang dapat bekerja dengan bensin, begitu pula Fire sprinkler yang membutuhkan medianya yaitu air. Instalasi fire sprinkler pun menjadi sia-sia tanpa adanya water supply.

3. Kurangnya Perawatan Sistem

Perawatan atau service sistem sangatlah penting. Fire sprinkler merupakan sistem yang tentunya memiliki ragam komponen di dalamnya.

Mulai dari panel control, gate valve, glass bulb, hingga water motor alarm. Bila ada satu di antara komponen-komponen tersebut error, tentunya sistem tidak dapat bekerja maksimala atau bahkan tidak dapat beroperasi sama sekali.

4. Kurangnya Pemahaman Petugas

Hal yang sangat mungkin terjadi dalam gagalnya sistem proteksi kebakaran adalah kurangnya pemahaman petugas terhadap sistem. Ketidakmampuan petugas jaga dalam pengoperasian proteksi kebakaran tentunya menghambat proses pemadaman api.

Jasa Service Fire System dan Fire Training Standar Internasional

Seperti yang sudah kita analisa bersama, beberapa faktor kegagalan fire sprinkler di atas sangatlah merugikan. Mengingat jasa instalasi fire system sendiri memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, penting adanya edukasi pada user atau petugas jaga agar investasi ini tidak sia-sia. Tak perlu khawatir, Patigeni punya solusinya!

Mall Thamrin CIty - Patigeni

Patigeni merupakan kontraktor terpercaya di bidang fire protection. Tak hanya menyediakan jasa instalasi fire system, kami juga menyediakan jasa service dan fire training.

Kami dilengkapi dengan teknisi ahli yang bekerja sesuai standar NFPA dan SNI. Patigeni akan membantu Anda memaksimalkan proteksi kebakaran demi menjaga aset dan bangunan Anda.

Nah, tuggu apalagi? Yuk, segera hubungi kami sekarang juga!

Penulis artikel & analis risiko kebakaran. Bertujuan untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya proteksi kebakaran serta membantu mereka menemukan proteksi yang tepat untuk melindungi aset, usaha, dan bangunan yang dimiliki.

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts
Servis Alat Pemadam Surabaya Terbaik

Servis Alat Pemadam Surabaya: Tersedia Layanan On Site Service

Anda sedang mencari tempat servis alat pemadam Surabaya yang bagus? Ya di…
Baca Selengkapnya

Katalog Fire Alarm GuardALL Terlengkap Distributor Resmi

katalog fire alarm guardall Sedang berencana melakukan instalasi fire alarm? Ada baiknya…
Baca Selengkapnya
Supplier Alat Pemadam Kebakaran di Surabaya Terpercaya

Supplier Alat Pemadam Kebakaran di Surabaya Bersertifikasi Damkar

Cari supplier alat pemadam kebakaran di Surabaya terbaik? Patigeni jawabannya! Kami menjual…
Baca Selengkapnya