Sistem Proteksi Kebakaran Pada Server KomputerServer komputer hampir terdapat pada setiap perusahaan maupun gedung perkantoran. Fungsi dari server komputer adalah sebagai komputer pusat yang melayani, mengatur, mengelola permintaan komputer client dengan menyediakan berbagai sumber daya seperti hardisk dengan kapasitas tinggi, memori yang lebih besar, printer yang bisa digunakan bersama dan lain sebagainya.

Dari segi manfaat, jelas komputer server sangat di butuhkan dan mampu menghemat biaya menjadi lebih ekonomis. Contohnya, pada perusahaan yang memiliki server komputer dengan mudah mereka dapat menggunakan satu printer yang terdapat pada perusahaan tersebut dengan cara sharing dengan semua komputer pengguna lain. Hal ini juga berlaku pada memori, hardisk, dan juga scanner. Namun bukan berarti dengan penggunaan perangkat pintar ini akan selalu aman, adapula beberapa bahaya yang dapat ditimbulkannya seperti terjadi kebakaran. namun bahaya ini dapat dihidari jika perusahaan tesedia peralatan sistem proteksi kebakaran pada server komputer yang tepat.

Sistem Proteksi Kebakaran Pada Server Komputer, Mengapa Penting?

Selain beberapa peran penting dari server komputer di atas, masih banyak kegunaan server komputer lain yakni sebagai penyimpan data base perusahaan, sebagai pengatur sistem jaringan dan operasional sistem yang membantu menjaga sistem tetap menyala saat terjadi pemutusan aliran listrik pada suatu perusahaan.

Melihat perannya yang kompleks, maka server komputer menjadi salah satu yang paling penting diperhatikan tingkat keselamatannya. Apalagi diselamatkan dari bahaya kebakaran yang mungkin diakibatkan oleh konsleting listrik. Bagaimanapun suatu server komputer akan banyak berhubungan dengan kabel dan arus listrik yang dapat memicu terjadinya konsleting listrik. Hal ini mengingatkan bahwa suatu perusahaan penting memilikinya sistem proteksi kebakaran pada server komputer yang memiliki standarisasi keamanan tinggi.

Setiap karyawan dan penghuni gedung perusahaan tentu tidak menginginkan adanya suatu kebakaran. namun jika peralatan proteksi kebakaran kurang dipenuhi maka tingkat keamananpun menjadi kurang terpercaya, penghuni gedung pun menjadi kurang produktif dalam pekerjaannya akibat rasa was-was yang ditimbulkan dan perusahaan bisa mengalami kerugian yang besar apabila kecelakaan kebakaran sampai terjadi.

Disamping peralatan kebakaran harus terpenuhi, pada sebuah ruangan server komputer harus diperhatikan pula kondisi suhunya, misalnya saja dengan melengkapi dengan AC (Air Condition). Sebab kurang baiknya suhu dan kelembapan udara juga dapat memicu timbulnya kebakaran pada suatu ruang server komputer. Sebaiknya jaga pula ruangan dari akses orang-orang yang tidak berkepentingan untuk menghidari kesalahan sistem server.

GuardaAll Gas Suppression System sebagai Sistem Proteksi Kebakaran Pada Server Komputer

Dalam hal penangan kebakaran yang diakibatkan oleh server komputer, diperlukan perangkat GuardAll gas suppression system yang didalamnya terdapat media gas liquid ( HFC227 ). Merupakan sistem proteksi kebakaran pada server komputer yang dapat secara otomatis menghentikan kebakaran yang ditimbulkannya.  Media gas liquid ini sangat aman digunakan dan tidak meninggalkan residu saat proses evakuasi sehingga dapat meminimalisir kotoran pada ruang server komputer.

Penyimpanan sistem proteksi kebakaran pada server komputer ini adalah pada pada rak-rak yang berdampingan dengan penempatan perangkat jaringan. Untuk medeteksi adanya kebakaran diperlukan pula detektor seperti detektor flame dan smoke sebab pada ruang server komputer terdapat banyak gulungan kabel baik kabel yang masih bagus maupun yang sudah usang sehingga memicu kebakaran dengan mudah. Flame detektor sangat membantu dalam hal pendeteksian adanya percikan api yang ditimblkan kabel putus atau terkelupa, sedangkan smoke detektor sangat membantu pada pendeteksian asap yang ditimbulkannya. Dengan laporan yang dihubungkan ke sistem maka guardAll gas suppression system akan segera aktif dan memulai tindakan pemadaman dalam waktu yang singkat.