Tabung Pemadam Kebakaran CO2

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Tabung Pemadam Kebakaran CO2
Umumnya, saat kita sekolah, bekerja atau jalan-jalan di mal sering kali menemukan sebuah tabung berwarna merah tertempel pada dinding luar ruangan. Inilah yang biasanya kita sebut dengan tabung pemadam kebakaran. Seperti yang kita tahu bahwa tabung pemadam kebakaran tersebut memiliki beberapa jenis, contohnya adalah tabung pemadam kebakaran jenis air dan jenis buih. yang bentuknya seperti gambar diatas adalah Tabung Pemadam Kebakaran CO2.

Namun, terdapat salah satu jenis tabung pemadam kebakaran lain yang sering digunakan yaitu dengan isi CO2 atau karbon dioksida. Jenis alat pemadam dengan karondioksida ini bisa disebut dengan tebung pemadam kebakaran CO2.

Mengapa Menggunakan Tabung Pemadam Kebakaran CO2

Penggunaan suatu tabung kebakaran disesuaikan dengan media dan klasifikasinya. Api pada yang disebabkan kelas berbeda, tentunya membutuhkan tabung pemadam kebakaran yang berbeda pula dalam proses evakuasinya. Maka sangat penting bagi kita mengetahui perbedaan dan manfaat dari masing-masing tabung pemadam kebakaran, agar tidak salah kaprah dalam mengaplikasikannya.

Salah satunya pada tabung pemadam kebakaran CO2 ini. Tabung pemadam api ini berisi bahan CO2 (karbon dioksida). Jenis pemadam api ini cocok digunakan untuk memadamkan api yang terjadi pada mesin atau listrik.  Sifat tabung pemadam kebakaran ini tidak memiliki kandungan air sehingga sangat cocok dan aman jika digunakan pada perlengkapan elektronik karena tidak menghandarkan listrik sehingga sangat aman jika terjadi kekaran akibat peralatan elektronik di rumah Anda.

Selain itu tabung pemadam api jenis CO2 juga bisa digunakan untuk memadamkan api jenis B yaitu pada bahan-bahan cair yang mudah terbakar, misalnya minyak, alkohol, solvent dan bahan lainnya. Peralatan ini lebih cocok jika diletakkan pada ruang kantor atau laboratorium.

Tabung Pemadam Kebakaran CO2 Aman dan Fungsional

Dalam proses memadamkan api, tabung pemadam kebakaran Co2 termasuk aman karena tidak meninggalkan residu saat digunakan. Selain itu jenis tabung ini juga memiliki sifat yang lebih efektif digunakan untuk segala jenis kebakaran. Sehingga alat pemadam jenis ini tergolong paling mahal jika dibandingkan dengan lainnya. Namun jangan khawatir karena hampir semua masalah kebakaran dapat teratasi dengan alat ini.

Pada pemadam api jenis ini memiliki tabung corong untuk melindungi tangan kita dari karbon dioksida saat alat pemadam dihidupkan. Sifat Co2 (karbon dioksida) juga mendinginkan dan menyerap panas. Tidak berbahaya terhadap tumbuhan, hewan terutama manusia. Namun, akan menjadi berbahaya bagi manusia apabila Co2 yang terdapat didalam ruangan lebih besar daripada Oksigen (O2).

Walaupun memiliki banyak keunggulan, namun tabung pemadam kebakaran CO2 juga memiliki kekurangan yaitu kurang efektif digunakan di ruang terbuka. Namun, saat menggunakan CO2 di dalam ruangan tertutup sebaiknya juga harus diperiksa terlebih dahulu bahwa tidak ada orang atau korban yang tersisa pada ruangan tersebut, sehingga proses evakuasi api akan berjalan lebih aman.

 

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya