Tips Instalasi Fire Alarm

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Tips Instalasi Fire AlarmProses instalasi fire alarm memang membutuhkan tenaga ahli yang sudah berpengalaman dan memegang sertifikat khusus praktik lapangan. Dalam setiap pemasangan membutuhkan jasa instalasi karena tidak semua orang dapat mengerjakannya. Instalasi fire alarm membutuhkan kesabaran dan ketelitian yang tinggi, sebab jika kita salah dalam proses instalasinya bisa dipastikan bahwa alat tidak akan bekerja dengan baik. Selain pemilihan tenaga profesional dalam proses intalasinya, yang penting juga kita perhatikan adalah pemilhan alat fire alarm system harus original dan dapat bekerja sesuai dengan standar yang berlaku. Keaslian alat sangat diperlukan untuk melihat performa dan keawetan alat itu sendiri. Dalam artikel ni akan kita bahas tentang tips instalasi fire alarm untuk meningkatkan pengetahuan anda tentang peralatan yang terpasang pada gedung anda.

Tips Instalasi Fire Alarm yang Profesional

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam proses instalasi, sebaiknya perhatikan tips instalasi fire alarm berikut ini.

  1. Persiapan Peralatan Fire Alarm

Beberapa persiapan peralatan yang diperlukan dalam instalasi fire alarm adalah kontrol panel, power supply, kabel distribusi, detektor, indicating lamp, alarm bell, spinkler dan sebagainya. persiapan dini untuk alat yang akan diinstalasi sangat penting untuk mencegah pemberhentian di tengah pemasangan sebab pemasangan berhubungan dengan listrik tegangan tinggi dan alat berbahaya lainnya. untuk itu instalator harus membiasakan diri menggunakan cek list untuk mempermudah proses pengecekan.

  1. Penentuan lokasi kontrol panel

Kontrol panel merupakan bagian penting di dalam proses instalasi fire alarm. Fungsi dari kontrol panel adalah sebagai otak dari rangakaian fre alarm system yang mampu menerima sinyal dari detektor dan mengaktifkan bagian dari fire protection system yang lainnya ketika terjadi kebakaran. kontrol panel sebaiknya diletakkan pada ruang khusus dengan penataan kabel yang rapai sehingga saat terjadi trouble petugas dapat dengan mudah mendeteksi pada bagaian mana yang rusak dan dapat segera dilakuakan perbaikan. Hal yang perlu diperhatikan lagi adalah penempatan kontrol panel baiknya pada ruangan yang bersuhu dingin untuk ketahanan module.

  1. Lokasi detektor dan pembagian zona

Menentukan lokasi penempatan detektor dan pembagian setiap zona dari awal sangat penting melihat setiap bangunan memiliki kebutuhan detektor yang berbeda-beda. Untuk ruangan dengan kondisi sensitive terhadap suhu tinggi, sebaiknya diberikan detector panas untuk mengetahui adanya gejala kebakaran. selain itu pada smoke area bisa ditempatkan detektor smoke agar terdeteksi jika terdapat pelanggaran penggunaan rokok pada area terlarang dan mendeteksi adanya asap berlebihan. Selain beberapa jenis detektor di atas tentu masih banyak lagi penempatan detektor yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhannya. Penentuan zona terbaik biasanya terdapat pada setiap lantai pada bangunan.

  1. Penentuan jalur kabel dan pengetesan

Pada setiap pemasangan kabel instalasi sebaikya tentukan kode-kode jalurnya sehingga saat terjadi kerusakan sistem atau perbaikan kabel kita dapat menentukan kabel mana yang berhubungan. Saat penarikan kabel juga diperlukan pengetesan langsung dengan mengetes sinyal input detektor untuk mengetahui jika terjadi kesalahan jalur penyambungan kabel saat proses instalasi berjalan. caranya dengan menghidupkan power supply yang telah terhubung dan setting alamat detektor tersebut, sehingga kita akan segera diketahui benar tidaknya terhubung ke module controller.

  1. Sistem Monitoring di Komputer

Setelah instalasi berjalan dengan baik, tips instalasi fire alarm berikutnya adalah instalasi pada komputer menggunakan software khusus. Hal ini dilakukan agar kita mudah dalam pengecekan ruangan, sudut gedung, detektor, spinkler atau bagian gedung lain dengan gambar asli yang akan dimunculan dalam monitor komputer. Dengan begitu saat kebkaran terjadi pada zoa tertentu kita dapat menganisipasi dan mengetahui seberapa tingkat keparahan yang ditimbulkannya dari layar komputer.

Dengan mengandalkan tips instalasi fire alarm yang benar, segala informasi dan keadaan penting akan aktifitas yang terjadi di dalam gedung dapat dengan mudah kita kontrol. Proses evakuasi dengan cepat pun dapat kita penuhi sehingga tdak membahayakan penghuni gedung.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts
Hydrant box Ozeki - Hydrant Box Ozeki

Hydrant Box Ozeki Melindungi Perlengakapan Fire Hydrant Anda

Anda sedang mencari Hydrant box untuk melengkapi sistem hydrant gedung Anda? Maka…
Baca Selengkapnya
Harga Selang Hydrant Jakarta - Fire Hose Hooseki

Harga Selang Hydrant Jakarta Termurah dan Spesifikasinya

Anda sedang mencari harga selang hydrant di daerah Jakarta yang terjangkau? Jika…
Baca Selengkapnya
Toko Hydrant Jakarta - Komponen Hydrant System

Toko Hydrant Jakarta : Terlengkap dan Terbaik

Anda sedang mencari toko hydrant Jakarta dengan kualitas terbaik? Wah, Anda datang…
Baca Selengkapnya