PT Casalini Natura Indonesia beralamat di Jl Imogiri Timur km 8 Banguntapan Bantul, Yogyakarta. perusahaan ini bergerak di bidang kerajinan Rotan dengan pasar Lokal maupun Export keluar negeri. bahan baku dan hasil jadi produksi sangat memungkinkan untuk terbakar karena suatu hal. untuk itu pihak perusahaan mengundang perwakilan PT Patigeni Mitra Sejati Semarang untuk memberikan Training Alat Pemadam yang diikuti oleh segenap karyawan perusahaan.

Materi Training Alat Pemadam PT Casalini Natura Indonesia

Patigeni memberikan materi seperti awal mula terjadinya api, klasifikasi kebakaran : padat, cair, gas, logam, elektrik. jenis-jenis alat pemadam api tradisional maupun modern, cara penggunaan, cara perawatan, dan sesi tanya jawab terkait hal-hal yang berpotensi mengakibatkan kebakaran di perusahaan tersebut. sesi Training juga dilakukan dengan simulasi bagaimana cara penggunaan alat pemadam api tradisional, menggunakan karung goni yang sudah dibasahi sebelumnya untuk ditutupkan pada area kebakaran (menggunakan tong) dengan bahan bakar bensin dan solar.

Para peserta sangat antusias mencoba praktek pemadaman dengan karung goni, ada juga beberapa orang yang merasa takut karena ada uap panas yang keluar dari tong. namun setelah mendapatkan penjelasan dari Patigeni asal cara dan metode yang dilakukan tepat, tidak akan membahayakan personil yang akan melakukan pemadaman. setelah semua peserta mencoba melakukan dengan alat pemadam api tradisional, dilanjutkan dengan pemadaman menggunakan alat pemadam api modern dengan media powder dan hfc (gas liquid). proses Training Alat Pemadam PT Casalini Natura Indonesia dapat berjalan lancar sampai selesai acara.