Ukuran Hydrant Nozzle

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

ukuran hydrant nozzleUntuk memenuhi keberagaman kebutuhan masyarakat akan perangkat proteksi bahaya kebakaran yang semakin kompleks dan berkembang, perusahaan-perusahaan produsen perangkat proteksi bahaya kebakaran baik sistem ataupun peralatan portable, semakin melakukan pengembangan-pengembangan produk dengan berdasarkan atas riset mutakhir yang diikuti dengan pengaplikasian teknologi fire fghting yang lebih modern, sehingga lahirlah beraneka jenis perangkat proteksi bahaya kebakaran yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat tersebut, seperti misalnya kehadiran perangkat fire hydrant system.

Sebagai suatu sistem proteksi bahaya kebakaran, fire hydrant system lahir dengan dibekali fungsi efisien yang menjadi kunci dari beragam upaya perlindungan yang dibutuhkan demi mengantisipasi kedatangan bencana kebakaran yang tak dapat diprediksi, yaitu sebagai unit perangkat sistem yang mampu digunakan untuk memadamkan nyala api dalam skala besar di mana kobaran atau titik-titik api telah mencapai batas tak terkendali sehingga tak lagi mungkin untuk ditangani dengan alat-alat pemadam api kebakaran model portable mengingat faktor kapasitas media pemadam pada tabung alat portable yang cenderung terbatas.

Dirancang dengan memanfaatkan sumber air sebagai pasokan media pemadam api kebakaran, untuk membangun konstruksi fire hdyrant system pada tempat bisnis yang Anda miliki, diperlukan terlebih dahulu untuk mengadakan perancangan dan pembangunan reservoir sebagai tangki atau tempat menampung persediaan sumber air dalam kapasitas yang disesuaikan dengan risiko kebakaran yang dimiliki oleh tempat bisnis yang Anda miliki berdasarkan analisa kebutuhan yang didapat dari bentuk kegiatan bisnis serta material yang dominan disimpan di dalam tempat bisnis yang Anda miliki tersebut.

Ukuran Hydrant Nozzle, berapa yang digunakan?

Setelah dibangunnya reservoir yang mampu menampung persediaan sumber air dalam kapasitas besar dan terpisah dari persediaan air bersih untuk pemenuhan kebutuhan sumber air bersih sehari-hari, hal selanjutnya yang harus dilakukan dalam perencanaan konstruksi sistem fire hydrant adalah dengan membangun jalur perpipaan air yang akan disambungkan dengan titik konstruksi komponen output supply air baik di dalam gedung yang berupa fire hydrant box ataupun di halaman terbuka dalam bentuk fire hydrant pillar.

Tak lupa pula dalam membangun rangkaian komponen supply air, dibangun pula pump house yang berisikan tiga buah pompa kebakaran yang nantinya akan berfungsi sebagai pompa yang akan mengaktifkan pasokan air agar dapat mengalir dalam tekanan tertentu melalui jalur perpipaan untuk kemudian dapat terdistribusi melalui komponen output.

Untuk tahap akhir, performa dan fungsi dari sistem fire hydrant dapat diperoleh dengan mengaplikasikan komponen-komponen aksesoris atau pendukung, yaitu fire equipment yang tersimpan di dalam fire hydrant box. Fire equipment tersebut meliputi selang pemadam kebakaran atau fire hose, hydrant nozzle, hose rack, coupling, hydrant valve, dan lain-lain. Untuk mengoperasikannya, masing-masing fire equipment harus dipasang secara berkaitan. Fire hose akan disambungkan pada ujung male-nya menuju hydrant valve yang ada pada komponen output. Selanjutnya, ujung female fire hose akan dipasangkan komponen hydrant nozzle.

Komponen hydrant nozzle tersebut hendaknya dipilih dari jenis yang sama dengan fire hydrant system yang dikonstruksi, yaitu jenis indoor ataukah outdoor. Sama halnya dengan fire hose dan hydrant valve yang memiliki ukuran beragam, Ukuran Hydrant Nozzle juga beragam sesuai dengan jenis indoor atau outdoor. Ukuran Hydrant Nozzle untuk kebutuhan fire hydrant system jenis indoor pada umumnya memiliki ukuran sebesar 1,5 inchi dengan panjang 457 milimeter dan berat komponen mencapai 0,364 kilogram. Sementara untuk pemenuhan kebutuhan fire hydrant system jenis outdoor, diperlukan hydrant nozzle dengan ukuran sebesar 2 inchi dengan panjang 590 milimeter dan berat yang mencapai 0.647 kilogram. Tak hanya ukuran 2 inchi, kebutuhan fire hdyrant system outdoor juga dapat dipenuhi oleh hydrant nozzle dengan ukuran 2,5 inchi yang memiliki panjang mencapai 730 milimeter dan berat komponen hingga 1.065 kilogram.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Restaurant Fire Suppression

Restaurant Fire Suppression adalah system kebakaran handal yang dapat mengantisipasi kebakaran pada…
Baca Selengkapnya

Pompa Hydrant Elektrik Jakarta

Pompa Hydrant Elektrik Jakarta Pompa Hydrant adalah perangkat yang sangat penting dalam…
Baca Selengkapnya

Cek Penawaran Menarik Isi Ulang APAR Glodok di Sini!

Isi ulang APAR Glodok dan sekitarnya sekarang sudah tidak perlu bingung untuk…
Baca Selengkapnya