Fungsi Alat Pemadam Api Jenis Air

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

waterMenjamin keamanan dan keselamatan kerja atau K3 pada suatu bangunan dan juga upaya dalam melindungi dan mengantisipasi bangunan dari ancaman terjadinya risiko bahaya kebakaran dapat diwujudkan dengan cara melengkapi bangunan dengan alat-alat pemadam api. Alat pemadam api atau fire extinguisher pada umumnya terbagi menjadi dua berdasarkan kapasitas muatan atau bahan pemadam yang disimpan di dalam tabung alat pemadam api, yaitu jenis alat pemadam api ringan atau APAR dan alat pemadam api berat atau APAB.

Alat pemadam api jenis ringan atau APAR memiliki bentuk yang lebih sederhana di mana keseluruhan alat ini biasanya memiliki berat yang tidak lebih dari 10 kilogram. APAR dirancang dengan bentuk yang portable dan mudah untuk dioperasikan karena cenderung ringan. Penempatannya pun dapat dilakukan dengan digantung atau disimpan di dalam  bracket yang menempel di dinding. Sementara APAB atau alat pemadam api berat memiliki berat total yang mampu mencapai hingga puluhan kilogram. APAB sendiri memiliki desain dengan roda atau troli sehingga pengaplikasiannya menuju titik api dapat dengan ditarik atau didorong.

Alat pemadam api baik jenis ringan maupun berat, keduanya masing-masing diklasifikasikan kembali menjadi beberapa jenis yang didasarkan pada jenis muatan atau bahan pemadam yang disimpan di dalam tabung. Klasifikasi jenis bahan pemadam ini pula juga membedakan kemampuan masing-masing alat pemadam api dalam menghadapi berbagai tipe api kebakaran yang berbeda.

Fungsi Alat Pemadam Api Jenis Air, Untuk kebakaran tipe apa?

Dari sekian banyaknya jenis alat pemadam api yang dibedakan berdasarkan jenis bahan pemadam, alat pemadam api jenis air merupakan jenis yang paling umum diaplikasikan. Fungsi alat pemadam api jenis air dinilai sangat efisien karena bahan pemadam yang berupa air telah teruji dapat mengatasi lebih dari satu jenis klasifikasi kebakaran. Fungsi alat pemadam api jenis air tak hanya terasa dalam mengatasi jenis kebakaran dengan kelas A yang melibatkan material yang bersifat padat dan kering, seperti misalnya sampah organik, kertas, kardus, dan lain sebagainya, tetapi juga mampu mengatasi kebakaran kelas B yang disebabkan oleh cairan yang mudah terbakar atau flammable liquid seperti bahan bakar, solar, minyak tanah, bensin, dan lain sebagainya (tentunya dengan teknik pemadaman yang berbeda).

Tak hanya kelas kebakaran A dan juga B yang mampu diatasi dengan alat pemadam api jenis air, klasifikasi kebakaran dengan kelas D yang melibatkan material-material terbakar berupa logam seperti misalnya misiu dan magnesium pun juga dapat diatasi dengan alat pemadam api jenis air. Namun, alat pemadam api dengan bahan pemadam berupa air tidak disarankan untuk klasifikasi kebakaran yang disebabkan oleh korslet arus listrik yang bersifat elektrikal karena sifat larutan elektrolit di dalam peristiwa korslet listrik akan menjadi penghantar yang justru akan semakin membesarkan kobaran api apabila bertemu dengan air yang juga merupakan konduksi yang baik dalam menghantarkan larutan elektrolit atau arus listrik.

Tak hanya berisiko memperbesar kobaran api kebakaran, penggunaan alat pemadam api dengan bahan pemadam berupa air untuk mengatasi kebakaran elektrikal juga dikhawatirkan berisiko terjadinya kecelakaan pada pengguna akibat tersambar arus listrik yang merambat melalui aliran air. Selain berbahaya untuk mengahadapi kelas kebakaran yang melibatkan arus listrik, alat pemadam api dengan bahan pemadam berupa air juga sebaiknya dihindari untuk upaya pemadaman kebakaran di dapur akibat dipicu oleh lemak atau minyak karena seperti yang kita ketahui, sifat antara zat minyak atau lemak dan air keduanya mengalami perlawanan sehingga dikhawatirkan pemadaman menggunakan jenis air hanya akan menyebabkan titik-titik api yang baru.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts
Toko Hydrant Jakarta - Komponen Hydrant System

Toko Hydrant Jakarta : Terlengkap dan Terbaik

Anda sedang mencari toko hydrant Jakarta dengan kualitas terbaik? Wah, Anda datang…
Baca Selengkapnya

Mau Refill APAR? Cek Harga Isi Ulang APAR Jakarta di Sini!

Harga isi ulang APAR Jakarta berbagai media pemadam api bisa Anda dapatkan…
Baca Selengkapnya

Toko Alat Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan Paling Komplit

Toko alat pemadam kebakaran Jakarta Selatan yang terlengkap adalah Patigeni Jakarta. Kini…
Baca Selengkapnya