Fire Alarm Panel Konvensional Simplex

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Fire Alarm Panel Konvensional Simplex, Pilihan tepat proteksi kebakaran.

Fire Alarm Panel Konvensional Simplex

Dalam melindungi sebuah gedung atau bangunan, tidak cukup hanya sampai dengan menyediakan peralatan pemadam api ringan saja, namun diperlukan perlindungan yang lebih dari itu, yaitu dengan melakukan pembangunan instalasi jaringan sistem proteksi kebakaran. Dengan melindungi gedung menggunakan sistem proteksi kebakaran, maka upaya antisipasi kebakaran yang dilakukan telah mencakup perlindungan untuk jangka panjang. Salah satu jenis sistem proteksi kebakaran yang paling sering diaplikasikan pada hampir seluruh jenis bangunan adalah sistem fire alarm.

Sistem fire alarm merupakan salah satu jenis sistem proteksi kebakaran yang memiliki fungsi utama sebagai alarm atau peringatan adanya bahaya kebakaran yang mampu bekerja secara sistem dan otomatis. Fungsi sistem fire alarm bermula dari kinerja perangkat fire detector di dalamnya. Dengan menggunakan perangkat fire detector, maka sistem dapat mengidentifikasi berbagai gejala tidak normal yang menunjukkan adanya kehadiran api kebakaran, seperti misalnya gejala adanya peningkatan secara ekstrem pada suhu ruangan, adanya kebocoran gas, adanya timbul asap berlebihan yang tidak wajar, dan lain sebagainya.

Fire Alarm Panel Konvensional Simplex Instalasi

Apabila Anda akan melakukan instalasi pembangunan sistem fire alarm untuk melindungi gedung bangunan Anda, maka tentukan pilihan Anda pada produsen atau merk yang memang telah teruji dan berpengalaman, seperti perangkat-perangkat fire alarm system dari Simplex. Selanjutnya, setelah Anda menentukan pilihan merk perangkat, Anda harus menentukan model fire alarm system apa yang akan Anda aplikasikan pada sistem proteksi kebakaran untuk bangunan Anda.

Sistem fire alarm ini sendiri dibedakan menjadi dua berdasarkan sistem panelnya, yaitu fire alarm dengan sistem panel konvensional, dan fire alarm dengan sistem panel addressable. Keduanya memiliki perbedaan mencolok pada kemampuan sintes monitoring. Namun kali ini akan dibahas mengenai sistem panel konvensional Simplex.

Secara konstruksi kabel, sistem panel konvensional Simplex dibangun dengan menggunakan kabel lebih dari satu, yaitu dengan sistem 2 wire, 3 wire atau 4 wire, di mana masing-masing fire detector menggunakan satu kabel yang akan menghubungkan langsung antara perangkat fire detector tersebut dengan perangkat control panel. Kabel yang digunakan pun pada umumnya adalah kabel listrik yang tahan api (resistan api) jenis NYM atau jenis NYMHY dengan ukuran masing-masing 2×1,5 milimeter.

Fire Alarm Panel Konvensional Simplex Pembagian Zone

Penggunaan sistem panel dengan model konvensional pada umumnya dijumpai pada bangunan-bangunan dengan tipe yang tidak terlalu besar atau tidak memiliki banyak tingkat, sehingga hanya memiliki jangkauan perlindungan yang tentu saja lebih kecil sehingga perlindungan dengan sistem panel model konvensional sudah cukup karena berbeda halnya dengan sistem panel model addressable yang mampu menyajikan data monitoring mengenai detektor kebakaran yang aktif menemukan titik api kebakaran dengan spesifik langsung menunjuk ID dari detektor tersebut, kemampuan monitoring dari sistem panel konvensional hanya mampu menunjukkan informasi letak zona saja.

Sedangkan letak zona tersebut tentu saja kurang spesifik dan dikhawatirkan akan menyulitkan petugas sehingga harus memakan waktu lama dalam mencari ruangan letak lokasi kebakaran berada secara pasti. Namun, jika untuk bangunan yang tidak begitu besar, maka informasi letak zona pun dinilai telah cukup, karena sebuah bangunan yang tidak begitu besar dapat dibagi menjadi beberapa zona kecil, tidak seperti bangunan yang besar yang pembagian zona perlindungannya sangat luas.

Keunggulan sistem panel konvensional Simplex tentu saja dari biaya pembelian perangkat yang lebih murah karena menyesuaikan dengan kemampuan yang ditawarkan, namun biaya untuk konstruksi sistem tentu saja agak sedikit lebih tinggi mengingat sistem panel membutuhkan sambungan kabel lebih dari satu sehingga akan sedikit memperumit instalasi. Namun, kembali lagi dengan karakteristik bangunan Anda, akan lebih bijak bila Anda benar-benar memilih sisitem panel fire alarm yang sesuai dengan kebutuhan.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Jasa Isi Ulang APAR Jakarta Barat Bergaransi 5 Tahun

Isi ulang APAR Jakarta Barat dengan garansi sampai 5 tahun adalah salah…
Baca Selengkapnya

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung

Desain Sistem Pemadam Otomatis Gedung. Melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya mengenai perencanaan sistem…
Baca Selengkapnya

Perencanaan System Pencegah Kebakaran

Perencanaan System Pencegah Kebakaran Rancangan sistem proteksi kebakaran adalah ilmu pasti yang…
Baca Selengkapnya