Macam-Macam Alat Pemadam Kebakaran di Hotel

No Comments
Kami sajikan Artikel pilihan tentang Proteksi Kebakaran di Genggaman Anda
BLOG KEBAKARAN
Konsultan
Kontraktor
Distributor
fire hydrant valve fire hydrant pillar fire hydrant goose rell fire hydrant nozzle fire hose fire hydrant box

Macam-Macam Alat Pemadam Kebakaran di HotelPeralatan kebakaran telah dirancang oleh pabrik sebagai pengontrol atau pemdam kebakaran baik kecil maupun besar. Sangat dianjurkan teradapat pada hotel untuk meyediakan seseorang ketika menemukan api pada area hotel tersebut. Penempatan alat pemadam kebakaran pun bermacam-macam dapat disesuaikan dengan media, lokasi, ukuran lokasi dan kemungkinan terjadinya kebakaran. selain banyak menggunakan alat pemadam api jenis portable, ternyata pada hotel juga sangat memerlukan alat pemadam api besar (APAB) dikarenakan memiliki area yang sangat luas.

Resiko terjadinya kebakaran pada hotel sangatlah besar, sebab di hotel memiliki tamu dan penghuni yang padat sehingga banyak sekali aktivitas sosial yang terjadi didalamnya. Didalamnya juga terdapat restoran dan dapur sehingga terdapat api terbuka yang memungkinkan terjadi kebakaran, dan resiko yang tak kalah gawat lagi yaitu memiliki ketersediaan minyak yang pastinya tidak sedikit juga barang-barang mudah terbakar lainnya.

Peralatan pemadam kebakaran yang tersedia haruslah original dan memenuhi standar yang diakui, selain itu proses instalasinya juga harus sesuai dengan prosedur. Selain ketersedian alat pemadam kebakaran yang lengkap, bagi seorang pengunjung sebaiknya juga jeli dalam memilih hotel yang akan dihuni. Demi keamanan, sebaiknya tanyakan apakah pada kamar yang anda tempati memiliki detektor asap atau alarm kebakaran, memiliki pintu yang rapat sehingga tidak mudah tembus jika terdapat asap atau api,memiliki sprinkler pada area tertetu dan juga pegawai yang tanggap dan mengerti cara menangani kebakaran. terlebih peralatan proteksi kebakaran yang terdapat pada hotel tersebut haruslah melalui pengecekan dan perawatan secara teratur agar fungsinya dapat berjalan dengan maksimal.

Macam-macam Alat Pemadam Kebakaran di Hotel Terpopuler

Untuk lebih jelasnya, di bawa ini akan kita bahas mengenai macam-macam alat pemadam kebakaran di hotel yang wajib ada dan disediakan oleh pemilik hotel. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Air

Merupakan media pemadam kebakaran yang paling umum digunakan karena jumlahnya yang melimpah dan mudah didapatkan. Tidak hanya sebagai bahan bakar yang efektf, air juga media yang paling murah jika dibandingkan dengan yang lain. Sifat air memberikan efek mudah mendinginkan dan menekan oksigen pada area yang terbakar. Air tidak beracun, aman dan bisa diletakkan pada suhu kamar. Namun penggunaan air sebagai media pemadam juga memiliki kekurangan karena sifatnya konduktor sehingga tidak cocok untuk kebakaran akibat konsleting listrik. Tidak cocok untuk memadamkan daerah yang banyak terdapat logam panas, zat kimia dan lain sebagainya. maka alat pemadam kebakaran dengan media air baik jika digunakan pada area mana saja asalkan yang tidak mengandung bahan-bahan itu.

2. Foam

Alat pemadam kebakaran yang efektif untuk mencegah pertalian antara oksigen dengan udara yang ada disekitarnya saat terjadi kebakaran. media foam dapat menyelimuti dan mendinginkan permukaan pembakaran. Cocok untuk memadamkan api dari bahan padat maupun cair yang mudah terbakar. Sehingga paling pas jika diletakkan di dapur hotel.

3. Chemical Powder

Pemadam dengan media chemical powder dapat memadamkan kebakaran dengan mengganggu proses kimia yang terajdi sat kebakaran dan ekstraksi energi. Sangat efektif dalam memadamkan enis kebakran oleh peralatan listrik, namun kekurangannya adalah meninggalkan residu.

4. Gas
Merupakan salah satu dari macam-macam alat pemadam kebakaran di hotel dengn cepat dan efisien dapat memadamkan api pada kamar dan area lainnya karena sifatnya non konduktif dan bersih. Diantara peralatan pemadam dari media gas ini adalah sebagai berikut.a.     Gas NaturalTerdiri dari komponen karbon dioksida, nitrogen dan argon. Sistem kerjanya yaitu dengan mengurangi konsentrasi oksigen udara yang semula sekitar 20,8% – sekian % menjadi di bawah 13% untuk menghentikan pembakaran yang terjadi. Termasuk media yang aman, namun juga kadang bisa berbahaya jika karbon dioksida yang terdapat diruangan tersebut sangat pekat sehingga memberikan sifat toksik. Oleh karena itu sebaiknya gunakan pada area yan besar.b.     Gas KimiaKerjanya dapat mengekstraksi dari api untuk menghambat terbentuknya api yang lebih besar lagi. Dapat mendinginkan bahan pembakkaran samai pada titik dimana api dapat padam. Karena sifatnya yang kurang baik untuk kesehatan manusia, maka sebelum penggunaan pastikan bahwa ruangan dalam keadaan kosong dan tidak ada korban yang masih di dalam.

5.     Spinkler

Alat ini menjadi salah satu alat pemadam kebaran yang baik dan efektif untuk melindungi properti. Sprinkler biasanya secara otomatisakan mengeluarkan air jika dia mendapatkan pesan terjadi kebakaan oleh alarm kebakaran. dengan begitu, dia dapat memberikan pertolongan pertama pada kebakaran sebelum adanya penanganan khusus dari pemadam kebakaran. penyiraman pun tepat sasaran dan hanya berfungsi pada daerah yang trekana kebakaran. Penjelasan tentang macam-macam alat pemadam kebakaran di hotel tersebt tentunya memberikan sedikit gambaran terhadap anda yang ingin memiliki investasi berupa hotel. Perlengkapan tersebut sebaknya dipenuhi, karena bagaimanapun banyak nyawa dan aset yang wajib kita lindungi. Untuk peletakan alat yang sesuai, konsultasikan dengan tenaga ahli.

Pengamat sistem kebakaran di Indonesia. Pertanyaan dan Inquiry : 0888 256 0888 (call/wa) | wahyu@patigeni.com

Blog Sistem Kebakaran

Blog sistem kebakaran Patigeni adalah tempat berbagi informasi dan solusi sistem kebakaran Anda, perkembangan industri dan teknologi rancang bangun adalah resiko baru timbulnya kebakaran sehingga menghasilkan inovasi baru bagaimana sistem kebakaran mempu memproteksi terkait dengan perkembangan yang ada.

 

Sign up Sekarang !

Dapatkan informasi sistem kebakaran terbaru, untuk menjawab perkembangan teknologi yang menghasilkan resiko baru terjadinya kebakaran. Isi form dengan alamat email aktif Anda

Request a free quote

Kami melayani perencanaan, kontraktor, dan perawatan sistem kebakaran, membantu Anda merencanakan sistem kebakaran sesuai standart lokal maupun NFPA

 

No Comments

Leave a Comment

More from our blog

See all posts

Distributor Alat Pemadam Kebakaran Jakarta

Alat pemadam kebakaran adalah alat yang digunakan untuk memadamkan kebakaran saat awal…
Baca Selengkapnya

Tempat Isi Ulang Tabung Pemadam Kebakaran di Jakarta

Tempat isi ulang tabung pemadam kebakaran di Jakarta Raya bisa Anda lakukan…
Baca Selengkapnya

Fire Alarm Hong Chang Jakarta

Fire Alarm Hong Chang Jakarta Hong Chang merupakan salah satu merek fire alarm…
Baca Selengkapnya