Ada banyak macam-macam alat pemadam kebakaran di hotel, pabrik, dan bangunan besar lainnya telah dirancang khusus untuk mengontrol kebakaran kecil maupun besar. Sangat dianjurkan untuk setiap hotel, pabrik, gedung perkantoran, dan gedung besar lainnya untuk menyediakan alat pemadam kebakaran di area yang akan diproteksi.

Penempatan alat pemadam kebakaran di hotel memiliki banyak macam dan dapat disesuaikan dengan media, lokasi, ukuran lokasi dan kemungkinan terjadinya kebakaran. Di Dalam bangunan yang besar dan bertingkat, tentu akan membutuhkan alat pemadam api ringan (APAR) dan alat pemadam api berat (APAB). Namun, APAB lebih sering digunakan di area perhotelan, karena memiliki area yang lebih luas daripada APAR.

Macam-Macam Alat Pemadam Kebakaran di Hotel

Resiko Kebakaran Pada Hotel dan Bangunan Bertingkat Lainnya

Resiko terjadinya kebakaran pada hotel sangatlah besar, sebab di hotel terdapat banyak tamu/penghuni yang cukup padat. Disitulah mulai terjadi banyak aktivitas sosial didalam sebuah hotel/penginapan.

Didalamnya juga terdapat restoran dan dapur, sehingga terdapat api terbuka yang memungkinkan terjadi kebakaran. Resiko sangat diwaspadai, yaitu terdapatnya benda-benda yang mudah terbakar dan adanya ketersediaan minyak/gas di dalam dapur/restoran hotel.

Anda harus menyediakan Alat pemadam kebakaran di hotel yang sudah memenuhi standar. Selain itu, dalam melakukan proses instalasi alat pemadam kebakaran di hotel ini juga harus sesuai dengan prosedur. Hal tersebut dilakukan demi kenyamanan para pekerja dan penghuni hotel tersebut.

Upaya Proteksi dengan Memasang Alat Pemadam Kebakaran di Hotel

Bagi pengelola hotel sangat dianjurkan untuk dapat merancang perencanaan sistem pencegahan kebakaran. Berikut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan alat pemadam kebakaran di hotel.

  1. Pastikan di setiap ruangan/kamar terdapat detektor asap beserta alarmnya.
  2. Buatlah pintu ruangan self-closing di tangga guna membantu untuk membatasi asap, api, dan suhu panas yang masuk kedalam ruangan.
  3. Fire Sprinkler system ini merupakan salah satu alat pemadam kebakaran di hotel yang paling efektif. Biasanya alat ini satu paket dengan sistem alarm yang telah diuji secara reguler di gedung yang akan diproteksi.
  4. Setidaknya pihak pemilik hotel memberikan pelatihan dasar kepada karyawan dalam menggunakan APAR maupun APAB. Hal tersebut akan sangat berguna di saat keadaan darurat.
  5. Setiap bangunan, terutama bangunan bertingkat sangat diwajibkan untuk menyediakan jalur evakuasi yang diberikan penanda berupa panah maupun denah. Pastikan di setiap hallways, pintu, dan tangga sudah bebas dari penghalang.

Nah, lengkapnya sistem proteksi dan alat pemadam kebakaran di hotel maupun bangunan bertingkat lainnya, tentu akan memberikan rasa aman para pengunjung. Semakin aman sistem proteksi kebakarannya, tentu pengunjung/pelanggan hotel akan semakin yakin untuk menginap.

Macam-Macam Alat Pemadam Kebakaran di Hotel APAR dan APAB

Macam-Macam Alat Pemadam Kebakaran di Hotel Terpopuler

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan kita bahas mengenai macam-macam alat pemadam kebakaran di hotel di berbagai media yang berbeda. Bagi Anda pemilik/pengelola hotel diwajibkan untuk menyediakan salah satu dari beberapa macam alat pemadam berikut ini.

1. Media Pemadam Kebakaran di Hotel dengan Air

Khusus untuk kasus kebakaran besar di area hotel, perusahaan, mall, maupun gedung bertingkat lainnya, air merupakan  media pemadam kebakaran yang paling umum digunakan.

Kenapa? Karena jumlahnya yang melimpah dan mudah didapatkan. Biasanya yang menggunakan media air ini hanyalah tim pemadam kebakaran yang mengambil sumber air melalui fire hydrant pillar yang terdapat di area gedung terbakar.

Bahan alat pemadam kebakaran hotel ini berupa air yang tentu murah jika dibandingkan dengan yang lain. Sifat air memberikan efek mudah mendinginkan dan menekan oksigen pada area yang terbakar. Air tidak beracun, aman, dan bisa diletakkan pada suhu kamar.

Namun penggunaan air sebagai media pemadam juga memiliki kekurangan karena sifatnya konduktor sehingga tidak cocok untuk kebakaran akibat korsleting listrik. Tidak cocok untuk memadamkan daerah yang banyak terdapat logam panas, zat kimia dan lain sebagainya. Maka dari itu, alat pemadam kebakaran dengan media air baik jika digunakan pada area mana saja asalkan yang tidak mengandung bahan-bahan itu.

2. Media Foam

Alat pemadam kebakaran di hotel yang efektif untuk mencegah pertalian antara oksigen dengan udara yang ada disekitarnya saat terjadi kebakaran adalah alat bermedia foam/busa. Media yang dikeluarkan ini dapat menyelimuti dan mendinginkan permukaan pembakaran.

Cocok untuk memadamkan api dari bahan padat maupun cair yang mudah terbakar. Sehingga sangat cocok jika alat pemadam media foam digunakan untuk proteksi area dapur dan hotel.

3. Media Chemical Powder

Pemadam dengan media chemical powder dapat memadamkan kebakaran dengan mengganggu proses kimia yang terjadi saat kebakaran dan ekstraksi energi. Sangat efektif dalam memadamkan jenis kebakaran oleh peralatan listrik, tapi kekurangannya adalah meninggalkan residu.

4. Media Gas

Merupakan salah satu dari macam-macam alat pemadam kebakaran di hotel yang efisien. Jika menggunakan media Gas, Anda bisa lebih mudah dalam memadamkan api pada kamar dan area lainnya, karena sifatnya non konduktif dan bersih. Diantara peralatan pemadam dari media gas ini adalah sebagai berikut.

  • Gas Natural

Terdiri dari komponen karbon dioksida, nitrogen dan argon. Sistem kerjanya yaitu dengan mengurangi konsentrasi oksigen udara yang semula sekitar 20,8% – sekian % menjadi di bawah 13% untuk menghentikan pembakaran yang terjadi.

Termasuk media yang aman, tapi juga kadang bisa berbahaya jika karbon dioksida yang terdapat di ruangan tersebut sangat pekat sehingga memberikan sifat toksik. Oleh karena itu, sebaiknya alat pemadam media gas ini digunakan pada area yang besar.

  • Gas Kimia

Kerjanya dapat mengekstraksi dari api untuk menghambat terbentuknya api yang lebih besar lagi. Dapat mendinginkan bahan pembakaran sampai pada titik dimana api dapat padam. Karena sifatnya yang kurang baik untuk kesehatan manusia, maka sebelum penggunaan pastikan bahwa ruangan dalam keadaan kosong dan tidak ada korban yang masih di dalam.

5. Sprinkler

Alat ini menjadi salah satu alat pemadam kebakaran di hotel yang baik dan efektif untuk melindungi properti yang ada didalamnya. Sprinkler biasanya secara otomatis akan mengeluarkan air jika dia mendapatkan pesan dari detektor asap/panas jika akan terjadi kebakaran.

Dengan begitu, dia dapat memberikan pertolongan pertama pada kebakaran sebelum adanya penanganan khusus dari pemadam kebakaran. Penyiraman pun tepat sasaran dan hanya berfungsi pada daerah yang terkena kebakaran.

Macam-Macam Alat Pemadam Kebakaran di Hotel dan penginapan lain

Lalu, Apa yang Harus Dilakukan Sebagai Seorang Pengunjung Hotel?

Demi keamanan dan keselamatan diri sendiri, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu apakah kamar hotel yang hendak kamu tempati memiliki detektor asap atau alarm kebakaran, Selain itu, tanyakan juga apakah kamar memiliki pintu yang rapat, sehingga tidak mudah tembus jika terdapat asap atau kobaran api.

Anda juga bisa menanyakan apakah setiap kamar memiliki sprinkler atau di area tertentu ada pegawai yang sudah siap tanggap dan mengerti cara menangani kebakaran. Pertanyaan tersebut dapat Anda lontarkan kepada pengelola hotel. Bukannya tidak sopan, tetapi itu demi keselamatan diri sendiri dan pengunjung hotel lainnya.

Baca Juga: Jual APAR untuk Mobil Terbaik dan Bergaransi 5 Tahun

Nah, itulah penjelasan tentang macam-macam alat pemadam kebakaran di hotel, pabrik, gedung perkantoran, dan gedung bertingkat lainnya. Demi keselamatan bersama, Anda perlu melengkapi keperluan proteksi kebakaran tersebut. Hal tersebut memiliki tujuan yang sangat sakral, yaitu untuk melindungi banyak nyawa dan aset milik perusahaan Anda. Jika Anda tertarik untuk melakukan pemasangan fire alarm atau pembelian alat pemadam kebakaran, bisa hubungi kami sekarang!