Telah terjadi kebakaran di Pabrik Karoseri yang berlokasi di Desa Cirarab, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang. Kejadian kebakaran tersebut terjadi pada tanggal 18 April 2022 kemarin, pukul 20.17 WIB.

Untuk menangani kebakaran pihak Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten mengerahkan setidaknya 5 unit mobil DAMKAR agar dapat memadamkan api.

Fakta Lapangan Pabrik Karoseri, “Api Merembet ke Mesin Blower”

Melansir dari beberapa media berita penyebab dari kebakaran di Pabrik Karoseri tersebut berasal dari korsleting listrik mesin las kemudian menyebabkan percikan api dan mengenai mesin blower yang ada di sana.

Di dalam Pabrik Karoseri tersebut juga terdapat beberapa benda cair yang mudah terbakar, sehingga hal tersebut juga yang menyebabkan api menjadi besar.

Setidaknya butuh sekitar 2 jam untuk proses pemadaman api untuk memadamkan api dari kejadian di Pabrik Karoseri tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, mengenai taksiran kerugian belum terkonfirmasi.

Solusi dan Pencegahan Terbaik untuk Kebakaran Pabrik Karoseri Tangerang

Bisa kita simpulkan bahwasannya sistem proteksi apapun jenisnya sangat penting untuk menghindari adanya kejadian seperti di Pabrik Karoseri Tangerang tadi.

Tapi jika kita melihat dari kasus tersebut terdapat beberapa jenis pemicu kebakaran yang tergolong dalam kelas kebakaran C dan kelas kebakaran B.

Seperti misalnya korsleting listrik yang merupakan pemicu dari kelas kebakaran C. Untuk penanganan pertama pada kebakaran karena korsleting listrik, bisa menggunakan APAR jenis Powder atau CO2.

Dimana cara kerja dari jenis APAR tersebut adalah memutuskan salah satu komponen dari segitiga api untuk memadamkan api lebih efektif.

Namun akan ada pertanyaan, bagaimana jika ternyata volume api yang muncul lebih besar? Jika kasusnya seperti kebakaran di Pabrik Karoseri Tangerang, kamu bisa menggunakan dua sistem proteksi ini, yaitu:

Pencegahan Pertama pada Aset dengan Fire Hydrant

Jika menilik kasus dari Pabrik Karoseri, kamu bisa menggunakan sistem proteksi Fire Hydrant untuk perlindungannya. Sistem Instalasi Fire Hydrant ini sangat efektif agar api tidak melebar kemana-mana bahkan membuat sumber kebakaran baru.

Pabrik karoseri terbakar, ini solusinya

Jenis sistem proteksi ini terdiri dari 2 jenis. Ialah jenis Fire Hydrant dalam gedung serta luar gedung yang dilengkapi dengan Hydrant Pillar sebagai saluran output media pemadam api.

Untuk Fire Hydrant dalam gedung peralatan untuk memadamkan api sudah berada di dalam Hydrant Box yang sudah dilengkapi dengan valve sebagai aksesoris out put media pemadam kebakaran.

Amankan Sejak Dini Asetmu dengan Fire Alarm

Selain Hydrant kamu juga harus melengkapi asetmu dengan instalasi Fire Alarm. Sistem proteksi ini mempunyai fungsi yang sangat penting.

Yakni sebagai penanda adanya kebakaran serta memudahkan para petugas dalam mengambil tindakan evakuasi kepada orang-orang di dalam gedung.

Pabrik Karoseri bsia menggunakan fire alarm

Untuk jenis sistemnya sendiri tergantung dari jumlah ruangan yang ada di dalam gedung, serta kebutuhannya.

Tapi jika merujuk pada kasus tadi yaitu pada Pabrik Karoseri, disarankan menggunakan Fire Alarm dengan sistem Full Addressable serta menggunakan Flame Detector yang dapat mendeteksi adanya percikan api pertama kali muncul.

Nantinya Flame Detector akan bekerja mendeteksi adanya percikan api yang muncul. Setelah itu Flame Detector akan memberikan sinyal pada Panel untuk membunyikan Alarm Bell yang ada, agar orang-orang disekitar bisa melakukan evakuasi sedini mungkin.

Nah untuk memasang kedua sistem proteksi pada aset yang dimiliki, kamu perlu tim yang mahir di bidangnya seperti PT Patigeni Mitra Sejati agar bisa terhindar dari kejadian seperti di Pabrik Karoseri.

Untuk konsultasi lebih lanjut tentang kedua sistem tersebut agar terhindar dari kejadian di Pabrik Karoseri Tangerang, bisa langsung hubungi kami ya.

Atau tertarik tentang solusi-solusi kebakaran? Kamu bisa baca artikel lainnya tentang analisa kebakaran oleh Patigeni di sini.