Setiap tahun, kebakaran di tempat kerja menghasilkan kerusakan yang serius terhadap properti dan bahkan menyebabkan luka bakar dan kematian. Di Inggris, setiap tahun dilaporkan ada sekitar 25.000 kebakaran di tempat kerja.

Ada berbagai alasan mengapa kebakaran di tempat kerja dapat terjadi, alasan yang paling sering terjadi adalah karena kelalaian. Namun, hal ini dapat dicegah dengan memperhatikan keselamatan. Jadi, salah satu cara terbaik untuk melindungi perusahaan Anda dari kebakaran adalah dengan melatih karyawan Anda untuk lebih peduli terhadap keselamatan.

Cara yang dapat dilakukan adalah memberi pengarahan mengenai penyebab kebakaran dan mengarahkan mereka untuk melaporkan setiap adanya potensi bahaya kebakaran agar dapat segera ditangani. Walaupun masing-masing lingkungan pekerjaan berbeda-beda, namun dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai faktor-faktor bahaya kebakaran dan cara untuk mengurangi bahaya tersebut.

Kebakaran di kantor

Material atau Sampah yang Mudah Terbakar Tersimpan dalam Ruang Kantor

Di beberapa tempat kerja, kantor-kantor tertentu umumnya memiliki tumpukan sampah seperti ketas, kardus dan bahan yang mudah terbakar lainnya. Jika bahan tersebut tidak dibuang secara teratur maka dapat meningkatkan potensi bahaya terjadinya kebakaran di tempat kerja.

Api dengan mudah dapat menyala apabila ada sumber panas misalnya ada karyawan yang membuang rokok sembarangan. Api dari rokok akan membakar bahan yang mudah terbakar membentuk segitiga api dengan adanya oksigen dalam udara.

Kebakaran di Tempat Kerja

Untuk alasan ini, sebaiknya Anda melarang karyawan untuk menyimpan sampah di tempat kerja. Jauhkan sampah yang mudah terbakar dari  tempat yang memiliki sumber nyala api. Nah, di bawah ini akan kita bahas tentang hal-hal yang kemungkinan terjadi dan bisa menyebabkan kebakaran di kantor/tempat kerja.

1. Kebakaran di Tempat Kerja karena Cairan dan Gas Mudah Terbakar

cairan mudah terbakar di tempat kerja

Ini merupakan ancaman di beberapa tempat kerja yang khusus misalnya industri yang memproduksi bahan yang mudah terbakar seperti etilena, minyak dan sebagainya. Khususnya di ruang penyimpanan, oleh sebab itu, umumnya ruangan ini dijaga ketat oleh sistem alarm kebakaran.

Ruangan yang biasanya terdapat cairan dan uap yang mudah terbakar adalah dapur. Dapur menyimpan gas LPG yang mudah terbakar dan minyak panas. Uap atau gas ini sangat berbahaya karena apabila terkoneksi dengan panas maka bahaya yang terjadi tidak hanya kebakaran namun juga ledakan.

Untuk mengurangi risiko kebakaran di area perusahaan/perkantoran, selalu pastikan bahwa cairan yang mudah terbakar disimpan dan disegel dengan benar. jika ada tumpahan cairan, sesegera mungkin untuk dibersihkan.

2. Kebakaran di Tempat Kerja karena Peralatan Listrik

Kebakaran di Tempat Kerja karena listrik

Panas adalah salah satu syarat utama terbentuknya api. Beberapa peralatan listrik dan mesin panas memiliki potensi penyebab terjadinya kebakaran di area perkantoran. Pastikan untuk menyimpan bahan yang mudah terbakar seperti kertas, kayu dan sebagainya  jauh dari sumber panas dan ingat untuk selalu mencabut peralatan yang tidak digunakan.

Jangan pernah meninggalkan peralatan listrik atau mesin selama satu malam kecuali jika itu sangat dibutuhkan. Kebakaran yang disebabkan oleh peralatan listrik adalah salah satu jenis penyebab kebakaran paling umum di tempat kerja.

Apabila ada kabel yang longgar, busi rusak  maka segera-lah untuk mengganti alat tersebut. Carilah tanda-tanda kabel longgar, busi rusak dan mengganti peralatan yang rusak. Semua peralatan listrik harus diperiksa secara teratur dan dites oleh orang yang ahli di bidangnya.

3. Kebakaran Terjadi karena Overloading Stop Kontak

Kebakaran di Tempat Kerja karena stop kontak

Kebiasaan masyarakat yang menyambung kabel pada satu stop kontak. Jika terlalu banyak peralatan yang dipasang ke satu stop kontak, maka dapat mengakibatkan overheating dan berpotensi mengalami kebakaran.

Selalu pastikan bahwa Anda menggunakan satu plug di setiap soket dan tidak menggunakan peralatan yang lebih dari 13 ampere untuk 3000 watt di seluruh stop kontak.

4. Kebakaran di Tempat Kerja karena Rokok

Kebakaran di Tempat Kerja karena puntung rokok

Membuang rokok sembarangan dapat menyebabkan kebakaran di tempat kerja, apabila terkoneksi dengan bahan yang mudah terbakar. Merokok di area tempat penyimpanan bahan yang mudah terbakar cair atau uap bisa sangat membahayakan. Kenapa? Karena sangat berpotensi mengalami kebakaran yang besar.

Oleh sebab itu, di tempat kerja biasanya disediakan satu tempat khusus merokok yang jauh dari bahan mudah terbakar. Pastikan bahwa setiap rokok yang akan dibuang telah mati dan dibuang dengan benar

5. Kebakaran di Tempat Kerja karena Kesalahan dan Kelalaian Manusia

kelalaian menyebabkan kebakaran

Salah satu penyebab umum dari kebakaran di tempat kerja adalah kelalaian dan kesalahan manusia. Kebakaran dapat terjadi sebagai akibat dari kelalaian misalnya penyalahgunaan peralatan, kecelakaan, minuman yang tumpah, meninggalkan kompor dan mesin pemanas tanpa pengawasan serta membuang rokok di sembarang tempat.

Kelalaian merupakan sifat dasar yang tak bisa dicegah 100% namun hal ini dapat diminimalisir dengan memberikan pelatihan yang tepat mengenai penyebab kebakaran dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengurangi kebakaran serta memberikan pengarahan tindakan pertama yang dilakukan saat terjadi kebakaran.

Baca Juga:

alat pemadam kebakaran untuk kantor

Sediakan Alat Pemadam Kebakaran di Tempat Kerja

Jika kebakaran sudah terjadi di kantor Anda, apa yang bisa dilakukan untuk memadamkan api agar tidak merusak aset?

Langkah pertama jika teridentifikasi ada kebakaran, segera ambil alat pemadam api ringan terdekat yang bisa dijangkau. Kemudian lanjut dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka segel pengaman,
  • Tekan handle secara penuh,
  • Arahkan nozzle ke area titik api dengan cara menyapu ke kiri-dan ke kanan.

Nah, di atas tadi merupakan bahasan lengkap tentang potensi dan bahaya kebakaran di tempat kerja. Yuk, proteksi kantor Anda sekarang! Percayakan semuanya kepada PT Patigeni Mitra Sejati yang menajdi Produsen dan Distributor alat pemadam api terpercaya di Indonesia.

Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, kami selalu siap untuk menunjang keamanan setiap Instansi dari kebakaran. Hubungi kami segera untuk mendapatkan penawaran alat pemadam api baru, service, dan maintenance dengan harga terbaik.